Obat Batuk Alami - Batuk merupakan salah satu keluhan kesehatan yang cukup umum dialami semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Batuk sendiri bisa terjadi karena batuk merupakan respon alami tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak atau penyebab iritasi lainnya. Gejala batuk bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun kini telah tersedia banyak obat batuk di apotek, Anda masih bisa memanfaatkan berbagai bahan-bahan alami untuk meredakan gejala batuk alias dijadikan sebagai obat batuk alami.

Berikut beberapa rekomendasi obat batuk alami dari bahan-bahan sederhana yang bisa Anda temukan di dapur rumah Anda:

Baca juga: Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh Anda

Obat Batuk dari Bahan Alami

1. Madu Murni

Madu - Obat Batuk Alami
Madu | Sumber gambar: Pixabay

Salah satu bahan alami yang cukup populer sebagai salah satu obat batuk alami adalah madu murni. Telah ada beberapa studi dan penelitian yang menunjukkan bahwa madu memiliki efektivitas dalam menyembuhkan batuk lebih baik dari obat batuk seperti dextromethorphan, khususnya dalam meredakan batuk kering.

Untuk mengkonsumsi obat batuk alami satu ini, Anda cukup larutkan sekitar dua sendok makan madu murni dengan air hangat dan minum sebanyak sekali hingga dua kali sehari. Tak jarang pula orang menggunakan teh herbal dan sedikit tambahan air perasan jeruk lemon untuk meracik obat batuk alami ini.

Madu bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk dewasa maupun obat batuk alami untuk anak-anak. Namun, untuk bayi berusia 1 tahun ke bawah Anda tidak bisa memberikan madu karena masih rentan terhadap alergi.

2. Jahe

Jahe - Obat Batuk Alami
Jahe | Sumber gambar: Pixabay

Jahe merupakan bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Hal ini dikarenakan jahe mengandung zat antiinflamasi, antibakteri dan anti-virus, yang sangat berperan dalam meredakan gejala batuk. Tak cuma meredakan gejala batuk, bahan alami satu ini juga mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk kering.

Cukup rebus 20-40 gram jahe yang telah dimemarkan dengan segelas air dan Anda sudah bisa mendapatkan obat batuk alami dengan praktis. Untuk dapatkan khasiat lebih, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu yang juga punya manfaat meredakan batuk secara alami. Selain sebagai obat batuk alami, rempah satu ini dikenal akan berbagai manfaat lainnya seperti menghangatkan tubuh, mengurangi rasa mual, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Mengenal Berbagai Manfaat Jahe untuk Kesehatan

3. Daun Mint

Daun Mint - Obat Batuk Alami
Daun Mint | Sumber gambar: Pixabay

Rekomendasi obat batuk alami selanjutnya adalah daun mint. Bahan alami ini mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan anti inflamasi yang berperan besar dalam meredakan gejala batuk. Tak hanya itu, daun mint juga bersifat sebagai analgesik atau pereda nyeri saat batuk. Tak heran jika bahan alami ini kerap ditemukan juga dalam komposisi obat batuk yang bisa ditemukan di apotek.

Untuk mendapatkan manfaat daun mint sebagai obat batuk alami, Anda cukup menyeduh daun mint yang telah diremuk bersama teh herbal atau langsung saja menyeduh teh herbal peppermint dan mengkonsumsinya dalam keadaan masih hangat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan essential oil peppermint sebagai bahan alami untuk meredakan batuk. Cukup teteskan beberapa tetes essential oil peppermint ke air humidifier atau tungku aromatherapy. Uap dari essential oil ini bermanfaat untuk melancarkan saluran pernapasan serta meredakan gejala batuk Anda secara alami.

4. Thyme

Meskipun lebih dikenal sebagai salah satu rempah atau bumbu memasak, ternyata thyme juga memiliki manfaat sebagai obat batuk alami yang ampuh, lho. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa thyme bermanfaat dalam mengatasi masalah batuk, bronkitis, serta dapat meningkatkan kualitas hidup karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Anda bisa menyeduh sekitar dua sendok teh thyme kering dengan secangkir air panas. Diamkan 5-10 menit sebelum kemudian Anda minum sebagai obat batuk alami. Anda bisa mengkonsumsi obat batuk alami ini sebanyak beberapa kali dalam sehari untuk meredakan gejala batuk.

5. Kunyit

Kunyit - Obat Batuk Alami
Kunyit | Sumber gambar: Pixabay

Satu lagi bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Kunyit dikenal akan kandungan curcumin-nya karena kandungan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk meredakan batuk, khususnya sebagai obat batuk kering alami.

Cukup haluskan 1-2 ruas jari kunyit, kemudian seduh dengan dua gelas air panas untuk memanfaatkan kunyit sebagai obat batuk alami. Kunyit juga dikenal akan segudang manfaat kesehatan lainnya sehingga kerap digunakan sebagai bahan utama dalam obat-obatan herbal dan jamu tradisional.

Baca juga: Berbagai Manfaat Kunyit “Si Rempah Emas” untuk Kesehatan

6. Bahan makanan Probiotik

Rekomendasi obat batuk alami selanjutnya adalah berbagai bahan makanan dengan kandungan probiotik. Probiotik sendiri adalah mikroorganisme yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski tidak menyembuhkan batuk secara langsung, probiotik berperan dalam membantu memperkuat sistem imun karena menyeimbangkan bakteri baik di pencernaan.

Selain itu probiotik juga dapat mengurangi gejala pada batuk yang disebabkan oleh alergen tertentu sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami untuk batuk yang disebabkan oleh alergi.

Beberapa bahan makanan yang kaya akan kandungan probiotik antara lain, susu, yoghurt, keju, serta cuka apel.

7. Daun Sirih

Bahan alami untuk meredakan batuk lainnya adalah daun sirih. Hal ini dikarenakan senyawa alkaloid dalam daun sirih yang dipercaya membantu meredakan radang tenggorokan, salah satu pemicu gejala batuk. Selain itu, pada daun sirih merah juga terdapat kandungan senyawa fenol, flavonoid, dan alkaloid yang berpotensi menghambat perkembangbiakan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan.

Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat batuk alami, cukup rebus daun sirih dan minum air rebusannya pada saat masih hangat.

8. Bawang Putih

Bawang Putih - Obat Batuk Alami
Bawang Putih | Sumber gambar: Pixabay

Populer sebagai bumbu masak, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Bawang putih dikenal akan sifat antimikroba yang mampu menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan dahak berlebih, membuatnya jadi salah satu obat batuk berdahak alami. Manfaat ini didapatkan bawang putih karena kandungan senyawa allicin pada bawang putih yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan.

Ada banyak cara menjadikan bawang putih sebagai obat alami. Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa menghirup aroma tajam dari bawang putih untuk meredakan batuk berdahak. Selain itu, Anda bisa juga mencampur bawang putih yang telah dihaluskan dengan madu serta teh dan meminumnya sebagai obat batuk alami.

Baca juga: Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

9. Cuka Apel

Selain termasuk sebagai sumber probiotik yang baik untuk redakan gejala batuk yang disebabkan oleh alergi, cuka apel juga dikenal sebagai obat batuk berdahak alami. Obat batuk alami satu ini memiliki kandungan asam asetik yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri pada cuka apel ini sendiri bermanfaat untuk memecah gumpalan lendir dan membasmi bakteri yang menyerang saluran pernapasan sehingga sangat baik dikonsumsi jika Anda memiliki gejala batuk berdahak.

Jika Anda tengah mengalami gejala batuk berdahak, cukup larutkan 2 sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat lalu gunakan air larutan cuka apel ini untuk berkumur-kumur. Ulangi berkumur dengan cuka apel ini selama sekitar dua jam sekali agar gejala batuk berdahak bisa mereda.

10. Nanas

Nanas - Obat Batuk Alami
Nanas | Sumber gambar: Pixabay

Jika Anda mencari obat batuk berdahak alami, Nanas bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa Anda coba. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan bromelain dalam buah Nanas memiliki manfaat untuk mengencerkan lendir di tenggorokan sehingga mampu meredakan batuk, khususnya batuk berdahak. Selain itu, obat batuk berdahak alami satu ini juga dikenal tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri berperan penting dalam menjaga daya tahan dan imunitas tubuh Anda.

Anda bisa mengkonsumsi 50-100 gram buah nanas potong atau minum sekitar 100 ml jus nanas segar sebanyak tiga kali sehari untuk dapatkan manfaat dari obat batuk alami satu ini.

Baca juga: Rekomendasi Makanan dengan Kandungan Protein yang Tinggi

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan gejala batuk secara alami. Meskipun dikenal cukup efektif, jika gejala batuk masih berlarut setelah Anda mengkonsumsi obat batuk alami di atas, segera konsultasikan gejala batuk Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk meredakan gejala batuk Anda, selain dengan konsumsi obat batuk alami, jangan lupa untuk perbanyak istirahat serta minum air putih karena kedua hal tersebut juga sangat berperan dalam meredakan batuk. Anda juga perlu menghindari udara kotor dan polusi jika ingin proses penyembuhan gejala batuk Anda lebih cepat.

Cek aplikasi Segari Anda untuk dapatkan berbagai bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami di atas dengan mudah dan praktis sekarang juga!