Bawang putih merupakan salah satu rempah atau bumbu dapur yang sangat umum, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, terdapat cerita rakyat Indonesia dengan tokoh bernama “Bawang Putih” yang dikenal dengan karakter dan kepribadiannya yang baik hati. Di dunia nyata, ternyata bawang putih juga memiliki banyak kebaikan, tak hanya sebagai penyedap masakan tapi juga bagi kesehatan tubuh Anda. Lalu, apa saja kandungan nutrisi dalam bawang putih serta manfaatnya bagi kesehatan? Simak ulasan singkat manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh berikut:

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Mengutip dari Nutrition Value dalam 100 gram bawang putih terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 149
  • Total lemak: 0,5 gram total lemak
  • 0,1 gram lemak jenuh
  • Sodium: 17 miligram
  • Total karbohidrat: 33 gram
  • Serat makanan: 2,1 gram
  • Gula: 1 gram
  • Protein: 6,4 gram
  • Vitamin D: 0 mcg
  • Kalsium: 181 miligram
  • Zat Besi: 1,7 miligram
  • Kalium: 401 miligram

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Manfaat bawang putih yang pertama adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan khasiat bawang putih satu ini telah bisa dibuktikan melalui beberapa penelitian, salah satunya salah satunya adalah studi yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health pada tahun 2016. Dalam studi ini, tim peneliti dari India meminta 50 orang dengan kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi untuk rutin mengonsumsi 3 gram bawang putih mentah (sekitar satu siung bawang putih) sekali setiap harinya. Setelah 90 hari masa percobaan, semua peserta penelitian tersebut mengalami penurunan kolesterol sekitar 10-13 persen!

Manfaat bawang putih untuk menurunkan kolesterol ini diyakini karena kandungan allicin yang diproduksi bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk, atau saat dikunyah. Kandungan Allicin pada bawang putih ini memiliki peran untuk menghambat enzim yang berfungsi dalam pembuatan kolesterol.

2. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan allicin pada bawang putih tak cuma bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tapi juga mampu mengendalikan tekanan darah. Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah juga disebabkan oleh kandungan polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Bahkan, sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang putih mentah hampir sama dengan mengonsumsi obat atenolol. Dengan terjaganya tekanan darah, bawang juga juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Jadi, makin tak ragu akan khasiat dari bawang putih satu ini bukan?

3. Baik untuk kesehatan jantung

Jika melihat kedua manfaat bawang putih sebelumnya, yakni menurunkan kadar kolesterol serta mengendalikan tekanan darah, secara tidak langsung bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Untuk mendapatkan khasiat bawang putih yang lebih maksimal bagi kesehatan jantung, adalah dengan mengkonsumsi ekstrak dari bawang putih yang dikeringkan atau “aged garlic”, Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian dari Journal of Nutrition dimana “aged garlic” dilaporkan mampu menunjukkan efek penurunan kadar kalsium serta protein C-reaktif pada arteri koroner. Endapan kalsium pada arteri koroner merupakan tanda terjadinya penumpukan plat yang dapat mempersempit bahkan menyumbat arteri, sedangkan protein C-reaktif adalah jenis protein yang mampu memicu peradangan. Kedua efek inilah yang membantu mencegah terjadinya aterosklerosis yang bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung atau stroke.

4. Mencegah pilek, batuk, dan radang

Satu lagi manfaat bawang putih untuk kesehatan karena kandungan allicin yang dimilikinya yakni kemampuannya dalam membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan juga batuk. Selain karena kandungan allicin, khasiat bawang putih ini juga diperkuat oleh kandungan dialil sulfidanya juga berperan baik dalam melawan bakteri-bakteri di dalam tubuh. Mengkonsumsi bawang putih saat Anda tengah pilek, batuk, atau mengalami peradangan juga mampu meringankan gejala penyakitnya serta mempercepat proses penyembuhan.

5. Mengurangi risiko Alzheimer dan Demensia

Bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif dari radikal bebas yang berkontribusi pada proses penuaan. Mengonsumsi suplemen bawang putih dosis tinggi juga terbukti mampu meningkatkan enzim antioksidan pada manusia serta secara signifikan mengurangi stress oksidatif pada orang bertekanan darah tinggi. Digabungkan dengan pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidannya membuat bawang putih bermanfaat menjaga otak dari kerusakan umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

6. Detoksifikasi tubuh dari logam berat

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah melindungi tubuh dari kerusakan organ akibat toksisitas logam beat. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa belerang yang terdapat dalam bawang putih.

Sebuah studi pernah menemukan bahwa karyawan yang bekerja di pabrik aki mobil dimana memiliki risiko tinggi terpapar timbal secara berlebihan mampu mengurangi kadar timbal dalam darahnya hingga 19% karena manfaat dari bawang putih yang dikonsumsi secara rutin.

7. Baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang

Meskipun belum ada penelitian langsung terhadap manusia mengenai manfaat bawang putih selanjutnya ini, namun ada penelitian pada hewan pengerat dimana ditemukan bahwa bawang putih dapat meminimalisir risiko tulang keropos serta meningkatkan estrogen pada wanita. Selain itu bumbu dapur seperti bawang putih dan bawang bombay juga diduga mampu mengurangi risiko osteoarthritis. Osteoarthritis sendiri merupakan peradangan kronis di sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.

Baca juga: Khasiat dan Manfaat dari Kunyit si “Rempah Emas”

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi bawang putih. Manfaat bawang putih ini sendiri dipercaya lebih maksimal jika bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tentunya selain berbagai manfaat di atas, masih banyak penelitian-penelitian lainnya yang telah atau sedang berlangsung guna membuktikan khasiat-khasiat bawang putih bagi kesehatan manusia. Makin yakin untuk gunakan bawang putih sebagai salah satu bumbu memasak wajib di dapur rumah Anda bukan?