Protein adalah salah satu kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Protein memiliki peran dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh. Jika Anda sedang menjalani program diet ataupun membentuk otot, mengkonsumsi makanan tinggi protein bermanfaat dalam meningkatkan massa dan kekuatan dari otot. Sedangkan, bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, makanan protein tinggi dibutuhkan untuk mendukung proses pertumbuhannya. Tentunya, masih ada banyak sekali fungsi dari konsumsi makanan yang mengandung protein bagi tubuh Anda.

Tak sulit mencari bahan-bahan makanan dengan kandungan protein. Namun, di antara berbagai bahan makanan tersebut, berikut rekomendasi makan tinggi protein  untuk memaksimalkan asupan protein dalam tubuh Anda!

Baca juga: 9 Tips & Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami

Rekomendasi Makanan Tinggi Protein

1. Telur

 Makanan yang mengandung protein tinggi - Telur
Telur Ayam | Sumer gambar: Pixabay

Salah satu pilihan makanan dengan kandungan protein tinggi yang cukup mudah ditemukan sehari-hari adalah telur. Dalam satu butir telur, Anda bisa mendapatkan sekitar 6 gram protein dan 78 kalori. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan protein tinggi ini Anda juga bisa mendapatkan nutrisi bermanfaat lainnya termasuk berbagai vitamin dan mineral, lemak serta nutrisi lainnya.

Harga dari makanan protein tinggi satu ini sangat terjangkau sehingga cukup mudah untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, meskipun tergolong sebagai makanan yang mengandung protein tinggi, telur juga memiliki kolesterol sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Jika mengutip dari Healthline, jumlah konsumsi telur yang dianjurkan untuk orang dewasa dalam keadaan normal adalah 1 butir per hari atau sekitar 7 hari per hari.

2. Dada Ayam

Dada Ayam - Makanan yang mengandung protein tinggi
Olahan Dada Ayam | Sumber gambar: Pixabay

Daging ayam dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Namun jika Anda mencari makanan dengan protein tinggi, direkomendasikan untuk mengkonsumsi daging ayam bagian dada tanpa lemak serta tanpa kulit. Dibandingkan potongan daging ayam bagian lain, dada ayam memiliki kandungan protein lebih banyak yakni sekitar 53 gram protein untuk satu potong dada ayam. Hal ini membuatnya jadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Namun, hindari bagian kulit ayam karena kulit ayam mengandung kolesterol cukup tinggi. Jika Anda sedang diet atau membentuk otot, untuk dapatkan hasil maksimal jangan olah dada ayam dengan cara digoreng melainkan direbus, dipanggang ataupun dikukus.

3. Ikan Tuna

Makanan yang mengandung protein tinggi - Tuna
Tuna Sashimi | Sumber gambar: Pixabay

Secara umum ikan adalah bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Setiap jenis ikan memiliki kadar protein berbeda-beda. Namun, salah satu ikan yang terkenal sebagai salah satu makanan tinggi protein adalah Ikan Tuna. Dalam satu porsi Ikan Tuna (142 gram) terdapat 27 gram kandungan protein.

Selain Tuna, Salmon juga dikenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. Dengan kandungan 19 gram protein untuk setiap 85 gram daging Ikan Salmon, seafood satu ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang butuh makanan tinggi protein serta kaya akan asam lemak Omega-3.

4. Tahu & Tempe

Bahan makanan dengan protein tinggi tak melulu harus produk makanan hewani. Jika Anda menginginkan makanan yang mengandung protein tinggi berbasis tumbuhan atau protein nabati, tahu dan tempe bisa jadi alternatif pilihan makanan tinggi protein untuk Anda. Untuk 100 gram tempe terdapat sekitar 19 gram protein sedangkan untuk 100 gram tahu terdapat sekitar 8 gram protein. Selain protein, makanan dengan protein tinggi berbahan dasar kacang kedelai ini juga memiliki isoflavon, antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Jika Anda tidak mengkonsumsi produk hewani atau vegetarian, tahu dan tempe adalah pilihan makanan yang mengandung protein tepat untuk Anda. Apalagi, kedua makanan tinggi protein ini termasuk bahan makanan dengan harga cukup terjangkau.

5. Brokoli

 Makanan yang mengandung protein - Brokoli
Brokoli | Sumber gambar: Pixabay

Satu lagi sumber protein dari bahan makanan non-hewani yakni Brokoli. Brokoli tak hanya dikenal sebagai sayuran sehat karena mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, serat, serta kalium, tapi juga sebagai salah satu makanan yang mengandung protein. Dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 2,4-2,8 gram protein. Karena juga kaya serat dan rendah kalori, makanan tinggi kalori ini baik untuk diet menurunkan berat badan atau sekedar menjaga berat badan tetap ideal.

6. Susu

Jika mendengar susu sapi segar, Anda pasti langsung mengaitkannya dengan kalsium. Susu memang dikenal sebagai salah satu sumber kalsium. Namun, selain kalsium susu juga memiliki berbagai kandungan nutrisi lainnya, termasuk protein. Dalam satu gelas susu terdapat sekitar 7,5–8 gram protein sehingga membuatnya jadi salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi.

Berbagai produk olahan dari makanan tinggi protein satu ini seperti yoghurt dan keju juga bisa jadi alternatif makanan yang mengandung protein tinggi. Sebut saja Greek Yogurt dengan kandungan sekitar 10 gram protein untuk 100 gram penyajian serta Keju Cheddar dengan kandungan sekitar 25 gram protein setiap 100 gram-nya.

7. Daging Sapi

Makanan yang mengandung protein tinggi - Danging Sapi
Daging Sapi | Sumber gambar: Pixabay

Rekomendasi makanan yang mengandung protein tinggi selanjutnya adalah daging sapi. Namun, untuk bisa dapatkan kandung protein maksimal, direkomendasikan untuk memilih daging sapi yang minim kandungan lemak atau tidak mengandung lemak sama sekali. Rekomendasi daging sapi dengan kandungan lemak sedikit adalah potong daging sapi has dalam ataupun daging sapi has luar. Dalam 100 gram daging has, Anda bisa mendapatkan sekitar 26 gram protein. Selain itu, makanan protein tinggi satu ini juga menjadi sumber zat besi, vitamin B12, dan nutrisi-nutrisi lain yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: 15 Jenis & Bagian Potongan Daging Sapi

8. Kacang Almond

 Makanan yang mengandung protein tinggi - Kacang Almond
Kacang Almond | Sumber gambar: Pixabay

Ingin camilan atau makanan ringan dengan kandungan protein tinggi? Kacang Almond bisa jadi pilihan makanan protein tinggi untuk Anda. Pada dasarnya kacang-kacangnya memang dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung protein. Namun, salah satu jenis kacang dengan kandungan protein tertinggi adalah kacang almond.

Dalam takaran 100 gram kacang almond, terkandung sekitar 21 gram protein. Bahan makanan yang tinggi protein ini juga dikenal sebagai sumber serat, vitamin E, mangan dan magnesium.

9. Kacang Tanah

Alternatif camilan lain selain kacang almond untuk penuhi kebutuhan protein adalah kacang tanah. Kacang tanah tergolong sebagai makanan yang mengandung protein tinggi karena dalam 100 gram kacang tanah terdapat sekitar 26 gram protein. Sama seperti makanan tinggi protein sebelumnya, kacang tanah juga mengandung serat, vitamin E, serta magnesium dan nutrisi-nutrisi lainnya yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

10. Udang

Makanan yang mengandung protein tinggi - Udang
Udang | Sumber gambar: Pixabay

Ikan bukanlah satu-satunya seafood yang bisa jadi pilihan makanan dengan protein tinggi. Ternyata udang juga termasuk sebagai makanan yang mengandung protein tinggi, lho. Untuk 100 gram udang, terdapat sekitar 26 gram protein. Selain itu, makanan yang tinggi protein ini juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega-3, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, hingga zinc dan berbagai nutrisi lainnya.

11. Edamame

Makanan yang mengandung protein tinggi - Edamame
Edamame | Sumber gambar: Pixabay

Rekomendasi makanan yang mengandung protein tinggi dari produk nabati lainnya adalah Edamame. Edamame cocok disantap sebagai camilan atau dibuat menjadi salad bersama sayur-sayuran segar. Makanan protein tinggi ini memiliki kandungan protein mencapai 11 gram untuk takaran per 100 gram.

12. Jamur-jamuran

Meski tidak setinggi jika dibandingkan rekomendasi makanan yang mengandung protein lainnya dalam daftar ini, jamur bisa jadi alternatif pilihan makanan yang mengandung protein untuk dikonsumsi. Apalagi, jamur termasuk bahan makanan rendah kalori sehingga cocok untuk mengontrol berat badan. Setiap jenis jamur memiliki komposisi nutrisi berbeda, namun salah satu jenis jamur yang tergolong sebagai makanan tinggi protein adalah Jamur Kuping. Jamur kuping memiliki kandungan protein sekitar 9 gram dalam setiap takaran 100 gram. Sedangkan, Jamur Shitake memiliki 2.2 gram protein dan Jamur Champignon sekitar 3,1 gram untuk setiap takaran 100 gram.

Baca juga: Mengenal Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Itulah rekomendasi makanan yang mengandung protein tinggi. Memahami kandungan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi sangatlah penting, khususnya jika Anda tengah dalam program diet baik untuk meningkatkan berat badan ataupun menurunkannya. Yuk, penuhi kebutuhan protein sehari-hari Anda dengan dapatkan makanan tinggi protein di atas dengan mudah lewat aplikasi Segari. Semua kebutuhan akan bahan segar dan kebutuhan memasak lainnya bisa Anda dapatkan dengan kualitas serta penawaran terbaik di aplikasi Segari.

Jadi, makanan tinggi protein mana yang jadi pilihan favorit Anda?