Memiliki masalah perut buncit dapat mengganggu penampilan Anda. Cara mengecilkan perut buncit memang bukan perkara sederhana dan mudah dilakukan. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, sangat mungkin bagi Anda untuk mengecilkan perut buncit secara alami. Banyak sekali orang-orang gagal dalam mengecilkan perut karena menganggap mengurangi porsi makan ataupun fokus berolahraga saja sudah cukup. Padahal, kunci utama dari cara mengecilkan perut buncit secara alami adalah kombinasi antara aktivitas olahraga yang tepat serta pola makan dan gaya hidup sehat.

Ingin coba strategi baru yang efektif untuk kecilkan perut buncit Anda? Simak tips dan cara mengecilkan perut buncit secara alami berikut:

Baca juga: Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami

1. Konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi

Tips mengecilkan perut buncit secara alami pertama adalah dengan memasukkan makanan dengan kandungan serat yang tinggi dalam menu santapan Anda. Kandungan nutrisi satu ini banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran serta dikenal akan manfaatnya dalam melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi makanan tinggi serat, khususnya serat larut adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit secara alami yang bisa Anda coba.

Serat larut tak cuma membantu Anda untuk merasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi kalori berlebih serta bermanfaat juga dalam menurunkan kolesterol. Untuk praktekan cara mengecilkan perut buncit ini, beberapa contoh makanan kaya akan serat larut yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet antara lain: Alpukat, Ubi Jalar, Brokoli, Lobak, Buah Pir, Apel, Wortel, serta polong-polongan.

2. Hindari makanan-makanan dengan kandungan Lemak Trans

Sudah bukan rahasia lagi jika salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan mengurangi asupan lemak trans ke dalam tubuh. Lemak trans sendiri merupakan lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Tak hanya menjadi salah satu penyebab perut membuncit, lemak trans juga berbahaya untuk kesehatan Anda mulai dari meningkatkan kolesterol serta resiko penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Jadi, jika Anda mencari cara mengecilkan perut secara alami, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang digoreng (khususnya yang digoreng dengan metode deep fry), makanan beku, margarin, dan krimer, karena makanan-makanan tersebut termasuk diantara makanan dengan kandungan lemak trans cukup tinggi.

3. Hindari alkohol dan asupan gula berlebih

Selain dengan berhenti mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak trans, cara mengecilkan perut buncit secara alami adalah dengan menghentikan juga konsumsi alkohol dan makanan atau minuman dengan kandungan gula berlebih. Alkohol sangatlah tinggi kalori dan bisa memicu perut menjadi buncit, sedangkan gula merupakan salah satu penyebab terbesar kenaikan berat badan.

4. Ganti karbohidrat olahan menjadi karbohidrat kompleks

Banyak orang salah kaprah dan beranggapan bahwa salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan berhenti mengkonsumsi karbohidrat. Padahal, karbohidrat merupakan zat gizi penting serta berperan dalam menghasilkan energi. Tanpa karbohidrat, tentu tubuh akan menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Jadi, cara mengecilkan perut buncit secara alami yang lebih tepat adalah bukan dengan berhenti mengkonsumsi karbohidrat tapi dengan mengganti asupan karbohidrat Anda dari karbohidrat olahan menjadi karbohidrat kompleks.

Karbohidrat olahan adalah karbohidrat yang telah melewati serangkaian proses pengolahan sehingga kehilangan kandungan serat, vitamin, dan mineralnya. Karbohidrat jenis ini bisa menyebabkan sugar craving berlebihan, obesitas, hingga resiko diabetes dan penyakit jantung. Karbohidrat jenis ini bisa ditemukan di tepung, gula pasir, sirup jagung tinggi fruktosa, konsentrat jus buah, serta nasi putih.

Untuk itu, Anda bisa mengganti nasi putih dengan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi merah, jagung, quinoa, gandum, pisang, bit, singkong, talas, hingga kacang merah. Karbohidrat kompleks tak cuma lebih bergizi dan sehat, tapi juga melalui proses pencernaan lebih panjang sehingga bisa berikan rasa kenyang lebih lama.

5. Konsumsi makanan tinggi protein

Cara mengecilkan perut buncit secara alami selanjutnya adalah dengan perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi. Hal ini dikarenakan protein memiliki efek memberikan rasa kenyang tanpa perlu mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Sehingga berat badan terjaga dan masalah perut buncit bisa teratasi.

Bahkan, terdapat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang memiliki pola makan rendah protein. Jadi, mengkonsumsi makanan seperti seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan adalah tips atau cara mengecilkan perut buncit selanjutnya yang wajib diperhatikan saat mengatur pola makan Anda.

6. Perbanyak latihan kardio

Banyak orang mengira bahwa sit-up merupakan olahraga paling tepat untuk mengecilkan perut buncit. Padahal, tanpa melakukan kardio secara rutin, sit-up hanya akan menjadi cara mengecilkan perut buncit yang tidak efektif. Salah satu olahraga kardio yang dikenal sebagai salah satu cara mengecilkan perut secara alami efektif dan sangat mudah dilakukan adalah aerobik. Beberapa studi menunjukkan bahwa aerobik sangat efektif untuk melangsingkan pinggang.

Agar lebih efektif, lakukan aerobik setiap hari dan kombinasikan dengan olahraga lainnya seperti sit-up, lari, bersepeda, ataupun lainnya.

7. Masukkan angkat beban dalam rutinitas olahraga

Cara mengecilkan perut secara alami sebelumnya akan lebih efektif jika dilakukan bersama olahraga angkat beban. Hal ini dikarenakan latihan kekuatan juga bermanfaat dalam membantu mengurangi lemak di perut sehingga jika dikombinasikan dengan aerobik bisa menjadi strategi menurunkan berat badan ataupun sebagai cara mengecilkan perut yang cukup jitu.

8. Cukup beristirahat serta hindari stress

Cara mengecilkan perut secara alami selanjutnya ini kerap disepelekan. Padahal, stres merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya lemak di sekitar pinggang. Maka dari itu, mulai perhatikan juga tingkat stress Anda. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat stress antara lain meditasi, yoga, serta istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup tak cuma bisa bantu mengontrol tingkat stress tapi juga menjaga metabolisme tubuh sehingga jadi salah satu tips mengecilkan perut buncit lainnya yang tak boleh disepelekan.

9. Minum banyak air secara teratur

Minum air putih tidak hanya bermanfaat dalam mencegah tubuh dari dehidrasi namun juga membantu proses metabolisme tubuh. Selain itu, minum air secara rutin juga bisa membantu mengurangi rasa lapar sehingga saat waktu makan tiba Anda bisa mengontrol asupan makan Anda.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Itulah beberapa tips dan cara mengecilkan perut buncit secara alami yang bisa Anda coba untuk atasi permasalahan lemak menumpuk di bagian perut. Perlu Anda ingat, proses mengecilkan perut buncit secara alami tidaklah instan sehingga dalam mempraktekan cara mengecilkan perut secara alami di atas diperlukan disiplin, konsistensi, serta kesabaran agar Anda bisa dapatkan hasil lebih maksimal dan efektif.

Selain itu, meskipun Anda telah mengubah menu makan Anda menjadi menu sehat sesuai dengan tips mengecilkan perut di atas, pastikan juga porsi asupan makanan yang Anda konsumsi tetap tidak berlebihan dan sewajarnya saja. Selamat mencoba tips dan cara mengecilkan perut secara alami di atas!