Tahukah Anda, bahwa Buah Naga merupakan buah dari sejenis tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah Naga sendiri aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun kini telah dibudidayakan di berbagai negara dan belahan dunia lainnya, termasuk Indonesia.

Selain lezat dan menyegarkan, ternyata Buah Naga termasuk salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Berikut kandungan nutrisi dari 100 gram Buah Naga serta manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Naga (dalam 100 gram):

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 3% dari RDI
  • Besi: 4% dari RDI
  • Magnesium: 10% dari RDI

*sumber: Healthline
** RDI = Recommended Daily Intake

Manfaat Buah Naga

1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Selain beragam nutrisi, manfaat Buah Naga juga datang dari beberapa jenis antioksidan yang bermanfaat untuk memerangi radikal bebas. Radikal bebas sendiri mampu memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker serta mempercepat tanda-tanda penuaan. Beberapa zat antioksidan dalam Buah Naga tersebut antara lain Betalains, Hydroxycinnamates, Flavonoid yang masing-masing memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, Buah Naga juga memiliki kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Namun, selain kandungan seratnya manfaat Buah Naga bagi sistem pencernaan juga disebabkan oleh kandungan oligosakarida yang dimilikinya. Oligosakarida dalam Buah Naga ini merupakan salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan Anda karena mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam lambung.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi Buah Naga, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C yang sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam Buah Naga tak hanya baik untuk jaga imunitas tapi juga bermanfaat untuk jaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda, termasuk mencegah timbulnya jerawat, lho. Ditambah dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya, Buah Naga bermanfaat untuk menunda tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Dengan khasiat Buah Naga ini, tak heran jika Buah Naga kerap diolah menjadi masker kecantikan.

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Selain vitamin, Buah Naga juga memiliki kandungan mineral cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Salah satu kandungan mineral paling tinggi yang terdapat dalam Buah Naga adalah Magnesium. Manfaat Magnesium yang terdapat dalam buah Naga sendiri antara lain berperan dalam pemecahan energi, kontraksi otot, dan pembentukan DNA.

6. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana asupan air yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit daripada air yang dikeluarkan. Karena kandungan air dalam Buah Naga juga sangat tinggi, membuat Buah Naga juga berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

7. Baik untuk Menjaga Berat Badan

Jika Anda tengah menjalankan program diet untuk menjaga atau menurunkan berat badan, Buah Naga bisa menjadi salah satu makanan untuk Anda konsumsi. Manfaat Buah Naga satu ini dikarenakan kandungan kalori yang rendah serta memiliki serat yang sangat tinggi. Hal ini membuat Buah Naga bisa memberikan rasa kenyang tapi tetap menjaga berat badan Anda.

Itulah beberapa manfaat Buah Naga dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Untuk bisa menikmati khasiat Buah Naga, ada banyak sekali alternatif cara mengkonsumsi buah ini. Selain disantap langsung dalam keadaan segar, manfaat Buah Naga juga bisa Anda nikmati dengan mengolahnya menjadi smoothies, jus, salad buah, ataupun es buah.

Penuhi asupan gizi dan dapatkan manfaat Buah Naga untuk kesehatan Anda dengan rutin mengkonsumsi Buah Naga. Cek aplikasi Segari Anda dan temukan Buah Naga serta beragam buah-buahan dan bahan segar lainnya dengan penawaran terbaik untuk penuhi kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga!