Sudah sejak lama manfaat Temulawak dimanfaatkan masyarakat sebagai obat-obatan dan suplemen kesehatan herbal. Bahkan, hingga saat ini Temulawak yang masih berkerabat dekat dengan kunyit ini masih banyak digunakan untuk membuat minuman jamu tradisional maupun modern. Salah satu manfaat jamu Temulawak adalah khasiat ampuhnya untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak dalam masa pertumbuhan. Namun, selain itu masih ada banyak sekali khasiat Temulawak untuk kesehatan tubuh.

Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma zanthorrhiza dan dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sebuah penelitian mengenai manfaat Temulawak menunjukkan bahwa Temulawak mengandung berbagai senyawa aktif seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol. Kandungan ini diketahui memiliki sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, serta antidiabetes. Dengan berbagai senyawa aktif inilah lahir berbagai manfaat Temulawak untuk kesehatan tubuh kita.

Ingin tau apa saja sebenarnya manfaat jamu Temulawak bagi tubuh Anda? Berikut ulasan berbagai manfaat Temulawak untuk kesehatan tubuh Anda:

Baca juga: Berbagai Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat Temulawak untuk kesehatan pertama dan paling mendasar adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. Khasiat Temulawak ini didapatkan dari kandungan antioksidan dari rempah satu ini. Antioksidan dalam Temulawak dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi sehingga daya tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai kuman serta virus penyebab penyakit.

2. Mengatasi gangguan dalam sistem pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut, ataupun sembelit, terdapat juga manfaat Temulawak untuk lambung yang bisa mengatasi berbagai gangguan pencernaan tersebut. Sebuah penelitian mengenai Temulawak menyebutkan potensi Temulawak dalam mengobati radang lambung atau gastritis, salah satu penyebab terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu, terdapat juga penelitian dari Jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology yang mencatat bahwa pasien yang mengalami peradangan usus serta mengkonsumsi Temulawak setiap harinya mengalami proses penyembuhan lebih cepat.

Kandungan temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Sehingga akan membantu melancarkan pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung serta baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Meski demikian, manfaat Temulawak untuk Lambung ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Ampuh dalam mencegah dan mengatasi infeksi

Manfaat Temulawak untuk kesehatan selanjutnya didapatkan dari kandungan xanthorrhizol dan kurkuminoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Artinya dengan kedua kandungan ini Temulawak bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan mikroba seperti kuman dan bakteri penyebab penyakit. Bahkan telah ada beberapa riset mengenai manfaat Temulawak yang menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Salmonella hingga E.coli.

Selain antimikroba, manfaat Temulawak untuk mencegah infeksi juga didukung oleh beberapa kandungan lainnya yang memiliki sifat antivirus dan antijamur. Ditambah dengan khasiat Temulawak sebagai antiradang, ekstrak Temulawak tak hanya baik dikonsumsi untuk mencegah infeksi saja tapi juga baik dikonsumsi saat menjalani proses pemulihan ketika sedang sakit, terutama sakit demam dan flu.

4. Meningkatkan nafsu makan pada anak

Telah disebutkan di awal, salah satu manfaat Temulawak untuk kesehatan yang paling banyak dikenal adalah khasiat Temulawak dalam meningkatkan nafsu makan, khususnya pada anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kandungan nutrisi pada Temulawak seperti kurkumin dipercaya memiliki manfaat dalam memperlancar pencernaan sehingga lebih cepat dalam mengosongkan lambung dan membuat rasa lapar datang lebih cepat. Manfaat Temulawak ini membuatnya banyak digunakan dalam suplemen-suplemen herbal peninglkat nafsu makan.

Namun, jika Anda ingin menikmati manfaat Temulawak untuk kesehatan satu ini secara langsung, Anda bisa merebus Temulawak bersama bahan lain seperti gula aren serta asam Jawa menjadi minuman herbal.

Temulawak - Manfaat Temulawak untuk Kesehatan
Temulawak

5. Mengatasi osteoartritis

Manfaat Temulawak selanjutnya adalah potensinya dalam meringankan gejala penyakit osteoartritis. Osteoartritis sendiri merupakan penyakit sendi degeneratif yang menyebabkan sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku. Manfaat Temulawak untuk kesehatan satu ini  tercatat dalam sebuah jurnal terbitan Journal of Alternative and Complementary Medicine Dalam jurnal tersebut tercatat bahwa manfaat Temulawak mungkin hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoartritis.

6. Sebagai obat jerawat alami

Ternyata terdapat juga manfaat Temulawak untuk wajah Anda, yakni untuk mengobati jerawat secara alami. Temulawak memiliki sifat astringent untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. Produksi minyak berlebih pada wajah bisa jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, manfaat Temulawak lainnya adalah membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Jadi, hal ini membuat Temulawak bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami.

7. Meningkatkan kemampuan fungsi otak

Manfaat Temulawak untuk kesehatan lainnya masih dikarenakan oleh kandungan kurkumin. Kurkumin pada Temulawak dapat memicu kadar hormon Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), hormon yang bermanfaat dalam mendorong kelangsungan hidup sel-sel saraf (neuron) dan berperan dalam pertumbuhan, pematangan (diferensiasi), serta pemeliharaan sel-sel tersebut. Hal ini Temulawak bermanfaat dalam mendukung perkembangan otak anak serta menjaga fungsi otak.

8. Mengurangi resiko kanker

Telah diketahui bahwa Temulawak memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat sehingga Temulawak juga dikenal akan manfaatnya untuk menurunkan resiko penyakit kanker.  Beberapa riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati. Namun, hingga saat ini Temulawak masih belum direkomendasikan untuk digunakan dalam pengobatan kanker dan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat Temulawak satu ini.

9. Mengurangi stress

Siapa sangka jika salah satu manfaat jamu Temulawak adalah untuk mengurangi stress. Stress adalah masalah yang cukup umum serta banyak dialami orang-orang. Dan, kandungan kurkumin dalam Temulawak dan Kunyit ternyata juga berperan sebagai antidepresan untuk mengurangi stress, khususnya stress oksidatif.

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu manfaat Temulawak lainnya adalah meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin yang sangat berdampak pada mood, suasana hati, serta emosi Anda.

Baca juga: Mengenal Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Selain berbagai manfaat Temulawak untuk kesehatan di atas, masih ada berbagai penelitian lainnya guna menggali lebih dalam khasiat dari Temulawak bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, Temulawak juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan khususnya bagi wanita hamil dan menyusui serta penderita penyakit tertentu, seperti gangguan empedu, maag kronis, dan kelainan darah. Temulawak juga tidak dianjurkan dikonsumsi bersama obat-obatan medis dari dokter. Takaran aman untuk mengkonsumsi Temulawak yang dianjurkan adalah 8 gram per harinya. Jika Anda berencana mengkonsumsi Temulawak secara rutin, tak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi serta dokter Anda.

Untuk dapatkan Temulawak dan rempah-rempah herbal lainnya, Anda bisa temukan dengan mudah dan praktis lewat aplikasi Segari sekarang juga! Selamat menikmati manfaat Temulawak untuk kesehatan tubuh Anda!