Jahe merupakan salah satu rempah yang cukup akrab dengan masyarakat Indonesia. Tak hanya untuk dijadikan bumbu memasak, jahe juga bisa digunakan untuk mengolah berbagai minuman tradisional, termasuk minuman jamu alias ramuan herbal tradisional Indonesia untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sendiri ternyata sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Lalu, apa saja sebenarnya khasiat jahe untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaat jahe yang perlu Anda ketahui:

Baca juga: Khasiat dan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

1. Mengurangi rasa mual

Ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan rasa mual. Namun, rasa mual ini ternyata bisa diredakan dengan mengkonsumsi jahe. Manfaat jahe ini disebabkan oleh efeknya yang bisa meningkatkan pergerakan makanan melalui saluran cerna dan memblokir reseptor serotonin di lapisan urus. Mekanisme inilah yang membantu menenangkan saraf yang memicu refleks muntah dan mual, termasuk rasa mual saat Anda mabuk perjalanan, hamil, ataupun penyebab mual-mual lainnya.

Untuk bisa menikmati khasiat jahe satu ini, Anda cukup mengonsumsi minuman ataupun makanan berbahan jahe seperti teh jahe, wedang jahe, sup jahe, ataupun permen jahe. Namun, untuk ibu yang tengah hamil tua, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe, khususnya jika dalam jumlah banyak.

2. Sumber antioksidan

Manfaat jahe selanjutnya ini berasal dari kandungan gingerol, shogaol, dan zingerones yang dimilikinya. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan bagi tubuh Anda yang mampu menangkal radikal bebas. Bahkan antioksidan yang dimiliki jahe berpotensi untuk melawan stress oksidatif. Jadi, tak heran rasanya jika mengkonsumsi jahe secara tidak langsung bisa membantu merelaksasi pikiran Anda. Secara tidak langsung, jahe juga bermanfaat mengurasi risiko penyakit-penyakit yang bisa diakibatkan oleh stress oksidatif seperti Alzheimer ataupun kanker.

3. Berperan dalam melawan infeksi bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme bersel satu yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Bakteri sendiri ada yang memiliki fungsi bagi tubuh manusia dan dikenal dengan istilah bakteri baik, namun ada juga bakteri yang justru bisa menginfeksi dan menjadi sumber penyakit dan mengganggu kesehatan tubuh. Tapi, risiko terinfeksi bakteri bisa diminimalisir karena manfaat dari Jahe selanjutnya ini. Jahe mengandung gingerol, shogaol dan paradol yang ketiganya merupakan senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri. Senyawa aktif dalam Jahe ini berkhasiat membantu tubuh dalam melawan bakteri yang menginfeksi tubuh.

Untuk membuktikan manfaat Jahe ini, sebuah studi yang diterbitkan Phytotherapy Research melaporkan bagaimana ekstrak jahe efektif melawan bakteri mulut penyebab gingivitis dan periodontitis. Gingivitis adalah peradangan pada jaringan lunak di sekitar gigi yang diakibatkan plak yang menumpuk dan mengundang bakteri untuk berkembang. Sedangkan, periodontitis adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Meskipun kerap dianggap buruk, kolesterol sebenarnya merupakan jenis senyawa lemak yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kandungan kolesterol yang berlebihan, khususnya kolesterol jahat atau LDL pada tubuh memang bisa berbahaya bagi kesehatan dan memicu penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, jahe bisa menjadi salah satu bahan alami yang bermanfaat.

Manfaat jahe untuk mengurangi kadar kolesterol ini bisa dilihat dari penelitian pada Clinical & Medical Biochemistry yang melakukan penelitian pada pengidap kadar kolesterol tinggi dimana mereka mengonsumsi 5 gram bubuk jahe setiap harinya selama 3 bulan dan menunjukkan penurunan kadar kolesterol jahat sebanyak 17,4 persen dalam masa percobaan.

5. Mencegah kanker

Masih ingat dengan kandungan gingerol yang dimiliki oleh jahe? Kandungan ini juga memberikan manfaat pada jahe sebagai antikanker. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat jahe adalah kandungan antioksidannya yang kaya. Antioksidan sangat penting dalam memerangi radikal bebas yang bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

6. Meredakan nyeri otot dan nyeri PMS

Pernah merasakan nyeri otot pasca olahraga atau setelah melakukan aktivitas fisik yang berat? Rasa nyeri pada otot ini juga bisa Anda ringankan dengan mengkonsumsi jahe, khususnya jahe merah. Selain bermanfaat meredakan nyeri otot, manfaat jahe juga cukup efektif mengurangi rasa nyeri pada saat PMS. Bahkan sebuah studi yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak jahe sama efektifnya dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri PMS pada wanita.

7. Membantu menurunkan berat badan

Telah ada beberapa penelitian dan studi yang mengaitkan manfaat jahe dalam menurunkan berat badan. Manfaat ini dikarenakan khasiat Jahe untuk mengontrol kadar insulin, meningkatkan metabolisme, serta membantu pemulihan pasca olahraga. Kemampuan Jahe dalam meningkatkan metabolisme membantu menciptakan rasa kenyang sehingga dapat mengontrol nafsu makan berlebihan. Namun, tentunya manfaat jahe ini perlu diseimbangkan dengan olahraga serta pola makan yang juga seimbang.

8. Meringankan gejala osteoarthritis.

Osteoarthritis adalah masalah kesehatan berupa peradangan sendi yang cukup umum. Gangguan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada sendi sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini ternyata juga bisa diredakan dengan konsumsi jahe. Manfaat jahe satu ini bisa dilihat melalui sebuah studi pada jurnal Osteoarthritis and Cartilage yang menunjukkan bahwa konsumsi 500 mg air jahe setiap hari selama 3 hingga 12 minggu mampu mengurangi rasa nyeri pada penderita osteoarthritis.

9. Memperkuat sistem imun tubuh

Dengan manfaat jahe sebagai antioksidan, antibakteri, hingga antiinflamasi karena kandungan-kandungan nutrisi yang dimilikinya, secara tidak langsung jahe juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Tak heran jika jahe kerap menjadi salah satu komposisi dari suplemen-suplemen herbal untuk menguatkan tubuh ataupun obat-obatan tradisional.

Baca juga: Mengenal Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Ternyata, tak hanya bisa melezatkan sajian makananmu, jahe juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bukan. Tak hanya menjadi bumbu masak, Anda juga bisa menikmati manfaat jahe dengan mengolahnya menjadi minuman seperti teh jahe, wedang jahe, ataupun berbagai macam olahan minuman berbahan jahe lainnya.