Manfaat Madu - Siapa yang tak tahu si manis satu ini? Madu merupakan carian manis yang diproduksi oleh lebah dari nektar bunga. Rasa manis madu sangatlah khas dan lezat sehingga kerap digunakan sebagai pengganti gula pasir. Namun, ternyata manfaat madu tidak hanya sebatas memberikan rasa manis saja. Dibalik rasa manisnya tersebut, khasiat madu ternyata juga bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh.

Dari segi kandungan nutrisinya, madu mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, serta beberapa senyawa aktif, seperti flavonoid dan asam fenolik yang masing-masing memiliki peran dalam mendukung kesehatan tubuh Anda. Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat madu untuk kesehatan tubuh Anda? Berikut beberapa contoh manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi madu!

Baca juga: Berbagai Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu

1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat madu untuk kesehatan yang pertama dan paling populer adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat madu ini didapatkan karena madu mengandung senyawa fitonutrien yang bermanfaatkan memperkuat sel-sel imun di dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, madu juga dipercaya memiliki sifat antibakteri serta antijamur sehingga mengkonsumsinya bisa meminimalisir risiko Anda terjangkit penyakit yang disebabkan infeksi bakteri maupun jamur.

2. Meredakan Gejala Batuk

Khasiat madu selanjutnya adalah untuk meredakan gejala batuk. Secara umum, rasa madu yang manis bisa memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan kering yang bisa menjadi penyebab rasa gatal serta gejala batuk. Selain itu, manfaat madu satu ini juga bisa dilihat dari berbagai studi dan penelitian yang menunjukkan bahwa madu memiliki efektivitas dalam menyembuhkan batuk lebih baik dari obat batuk seperti dextromethorphan, khususnya dalam meredakan batuk kering.

Karena manfaat madu satu ini, ia kerap dianggap sebagai salah satu obat batuk alami yang bisa dikonsumsi baik orang dewasa hingga anak-anak berusia di atas 1 tahun untuk meredakan gejala batuk.

3. Sumber antioksidan penangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien pada madu tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja. Bersama berbagai vitamin lainnya yang terkandung dalam madu, senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan. Manfaat madu sebagai sumber antioksidan alami ini sangat berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa memicu peradangan hingga berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

4. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan

Tak banyak yang mengetahui bahwa ternyata madu juga termasuk prebiotik yang berperan dalam pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dengan manfaat madu satu ini, kesehatan dari sistem pencernaan Anda menjadi lebih terjaga.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Satu lagi manfaat madu untuk kesehatan yang didapatkan karena kandungan fitonutrien yang dimilikinya., yakni melancarkan aliran darah serta mencegah terbentuknya aterosklerosis. Ateroklerosis sendiri adalah pengerasan dan penyempitan arteri yang disebabkan oleh plak kolesterol yang melapisi arteri. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat madu juga bisa menurunkan tekanan darah serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak di dalam darah. Berbagai khasiat madu ini secara tidak langsung menjaga kesehatan dari organ jantung Anda.

Namun, manfaat madu untuk menjaga kesehatan jantung sendiri masih membutuhkan lebih banyak penelitian dan studi lebih lanjut.

6. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat madu untuk kesehatan selanjutnya ini telah banyak dibuktikan melalui berbagai penelitian dimana madu memiliki khasiat dalam mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan madu berkhasiat untuk menyingkirkan jaringan yang telah mati, membunuh bakteri di luka serta merangsang terbentuknya jaringan kulit baru untuk menutup luka. Luka seperti luka bakar, luka lecet dan tergores ada beberapa contoh jenis luka yang proses pemulihannya bisa dipercepat oleh khasiat madu satu ini.

Tapi, Anda hanya bisa mendapatkan manfaat madu satu ini dengan menggunakan madu yang terjamin steril..

Baca juga: Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan kesuburan pada pria

Ternyata, manfaat madu juga bisa dirasakan untuk kesehatan sistem reproduksi. Sebuah riset yang dipublikasikan lewat Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition menunjukkan bahwa pria yang meminum madu murni secara rutin bisa mengoptimalkan fungsi testis yang berdampak pada meningkatnya jumlah sperma dan fertilitas dari pria tersebut. Tak hanya itu, manfaat madu juga dipercaya bisa mengobati disfungsi ereksi pada pria.

8. Melembabkan bibir kering

Punya masalah bibir yang kering dan pecah-pecah? Madu bisa menjadi salah satu solusi alami untuk permasalahan tersebut. Khasiat madu untuk melembabkan bibir kering ini termasuk cukup populer serta mudah untuk diaplikasikan. Caranya, cukup olesi madu murni pada bibir layaknya menggunakan lip balm secara rutin. Kebiasaan ini dipercaya bisa membuat masalah bibir kering Anda bisa teratasi.

9. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat madu selanjutnya adalah untuk kesehatan kulit serta kecantikan. Manfaat madu untuk mengatasi masalah jerawat disebabkan oleh sifat anti-inflamasi pada madu yang bisa mengurangi peradangan karena jerawat. Untuk bisa mendapatkan manfaat madu satu ini, Anda bisa menggunakan madu murni sebagai masker kecantikan alami.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan madu murni ke wajah Anda lalu diamkan selama sekitar 30 menit sebelum kemudian dibilas.

Baca juga: Mengenal Berbagai Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Masih ada banyak sekali manfaat madu lainnya seperti meningkatkan stamina, kualitas tidur, hingga baik untuk kesehatan kulit dan masih banyak berbagai khasiat lainnya. Dengan berbagai manfaat madu untuk kesehatan tersebut, tak heran jika madu murni kerap digunakan sebagai suplemen kesehatan alami. Jadi, tak ada salahnya untuk gunakan madu sebagai alternatif pemanis untuk bisa dapatkan berbagai manfaat madu untuk kesehatan tersebut. Namun, meskipun memiliki berbagai manfaat kesehatan tersebut, madu tetaplah gula sehingga konsumsinya tetap harus dalam batas wajar dan tidak berlebihan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda.