Manfaat Teh Hijau - Teh hijau kerap menjadi teman pendamping waktu santai. Menyeruput teh hijau hangat dianggap mampu menenangkan pikiran. Namun, ternyata bukan itu saja satu-satunya manfaat minum teh hijau.

Teh hijau atau green tea merupakan salah satu dari berbagai jenis teh yang cukup populer. Teh hijau dipercaya telah dikonsumsi sejak sejak tahun 2.737 SM di daratan Cina. Kala itu teh hijau digunakan sebagai bagian dari pengobatan karena diyakini berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Bahkan, hingga saat ini manfaat teh hijau masih dikenal cukup luas tak hanya untuk kesehatan namun juga kecantikan. Berikut beberapa manfaat minum teh hijau bagi kesehatan tubuh Anda:

Baca juga: Mengenal Berbagai Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau - Manfaat Green Tea
Teh Hijau atau Green Tea | Sumber gambar: Pixabay

1. Menurunkan Kolesterol dan Mencegah penyakit jantung serta stroke

Salah satu manfaat dari teh hijau yang paling populer adalah khasiat teh hijau dalam menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol secara total dan kolesterol jahat atau LDL. Kadar kolesterol jahat berlebihan merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi, secara tidak langsung manfaat teh hijau juga bisa mencegah risiko penyakit jantung serta stroke. Manfaat minum teh untuk kesehatan jantung juga didapatkan dari kandungan asam fenolik didalamnya yang berkhasiat dalam menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

2. Menurunkan risiko beberapa jenis penyakit kanker

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan sendiri berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa menjadi pemicu kanker. Sebuah tinjauan komprehensif studi observasional menemukan bahwa wanita yang minum teh hijau paling banyak memiliki risiko sekitar 20-30 persen lebih rendah terkena kanker payudara. Sedangkan, sedangkan pada studi lainnya disebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat stadium lanjut. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat teh hijau terhadap risiko penyakit kanker ini.

3. Β Mengurangi risiko Diabetes

Teh hijau juga dikenal baik dikonsumsi oleh orang dengan risiko diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan dari teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan kerja dari hormon insulin yang berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus mengelola glukosa sebagai sumber energi. Karena itu, secara tidak langsung manfaat minum teh hijau adalah mengontrol kadar gula darah, sehingga bisa bisa mengurangi risiko diabetes.

4. Menstabilkan tekanan darah

Selain mengontrol kadar gula darah, manfaat teh hijau lainnya adalah menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh salah satu manfaat teh hijau yang mampu melemaskan otot-otot di pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Meningkatkan fungsi otak

Khasiat dari teh hijau selanjutnya disebabkan oleh kandungan kafein yang juga terdapat dalam teh hijau. Kafein memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah dalam meningkatkan fungsi otak. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kaferin mampu meningkatkan beberapa aspek dari fungsi otak, diantaranya dalam mengatur suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, hingga memori.

Selain itu, manfaat teh hijau dalam meningkatkan fungsi otak juga ditunjang oleh kandungan asam amino L-theanine. Bersama kafein, kandungan ini secara sinergis bekerja sama dalam meningkatkan fungsi otak.

6. Mengurangi masalah bau mulut

Punya masalah bau mulut? Ternyata masalah bau mulut Anda juga bisa diatasi dengan minum teh hijau, lho! Manfaat teh hijau dalam mengatasi bau mulut merupakan peran dari senyawa katekin yang dimilikinya. Senyawa ini memiliki manfaat dalam menekan pertumbuhan bakteri serta berpotensi menurunkan risiko infeksi, termasuk bakteri-bakteri dalam mulut yang bisa jadi penyebab aroma tak sedap.

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat teh hijau satu ini, banyak orang yang menggunakan seduhan dari teh hijau sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut dan menjaga kesegaran mulut.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah membuat istirahat malam alias tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan theanine dalam teh hijau yang memiliki efek anti-stress sehingga bisa membantu tidur lebih nyenyak dan memperbaiki kualitas tidur. Selain itu, kandungan theanine juga berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi rileks serta memberikan efek menenangkan. Tak heran jika meminum teh hijau direkomendasikan bagi orang-orang yang mengalami insomnia.

Manfaat Teh Hijau
Teh Hijau | Sumber gambar: Pixabay

8. Menurunkan berat badan & meningkatkan pembakaran lemak

Selain untuk kesehatan, teh hijau juga dikenal akan manfaatnya untuk diet. Manfaat teh hijau untuk diet alias menurunkan berat badan disebabkan oleh kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG yang bermanfaat untuk mempercepat proses pembakaran lemak. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk diet satu ini secara maksimal, disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau sebelum berolahraga. Tentunya agar program diet Anda bisa sukses, memanfaatkan teh hijau saja tidak cukup, tapi juga diperlukan pola hidup dan makan yang sehat juga.

9. Baik untuk kesehatan & kecantikan kulit

Teh hijau kerap ditemukan juga dalam komposisi suplemen kecantikan atau produk perawatan wajah karena ternyata manfaat teh hijau juga bisa dirasakan untuk kecantikan kulit Anda. Manfaat teh hijau satu ini juga didapatkan dari kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG, zat antioksidan yang mampu meremajakan sel-sel kulit sehingga bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda.

Tak hanya itu saja, manfaat teh hijau untuk kecantikan kulit Anda juga bisa didapatkan dari berbagai kandungan vitamin di dalam teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan vitamin B2 yang dapat menjaga kadar kolagen sehingga dapat meningkatkan kekencangan kulit, serta vitamin E yang menjaga kelembaban kulit.

Baca juga: Tips & Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami

Siapa sangka, ternyata kebiasaan mengkonsumsi teh hijau bisa memberikan kebaikan bagi tubuh Anda. Selain manfaat-manfaat teh hijau yang telah diulas di atas, masih ada beberapa khasiat minum teh hijau lainnya seperti memperbaiki mood, mencegah masalah gusi bengkak, hingga sebagai obat rematik alami, dan membersihkan paru-paru. Β 

Berbagai manfaat teh hijau di atas tentu bisa Anda nikmati jika Anda mengkonsumsi teh hijau secara rutin dan tidak berlebihan. Selain itu, Anda tetap perlu menerapkan pola hidup sehat jika ingin merasakan manfaat minum teh hijau secara maksimal. Mulai dari beristirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi, serta rutin berolahraga.