Berbagai tanaman rempah sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata banyak yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebut saja bawang putih, jahe, kunyit, dan tidak kalah manfaatnya untuk kesehatan adalah kayu manis.

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat kayu manis (Cinnamomum)? Salah satu rempah sering digunakan dalam masakan dan makanan penutup ini memiliki rasa manis khas dengan sedikit pedas menghangatkan.

Selain membuat rasa masakan enak, manfaat kayu manis juga dapat dirasakan untuk kesehatan. Bahkan, manfaat rebusan kayu manis sudah dikonsumsi sejak lama dari 2000 tahun sebelum Masehi oleh masyarakat Mesir kuno karena khasiat sangat banyak.

Khasiat kayu manis sering digunakan sebagai obat herbal, seperti optimal menyembuhkan batuk dan mual. Banyaknya manfaat kayu manis untuk kesehatan inilah membuat tanaman ini populer kedua setelah lada hitam di negara Eropa.

Apa saja manfaat dari kayu manis? Simak selanjutnya pembahasan dari Segari terkait apa saja khasiat kayu manis.

8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Sumber Nutrisi Vitamin dan Mineral

Manfaat kayu manis banyak terletak dari kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Sehingga, manfaat rebusan kayu manis dapat dirasakan secara langsung apabila dikonsumsi secara rutin.

Dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture), dalam setiap 100 gram kayu manis batang terdapat Vitamin C (3,8 mg) dan B6 (0,2 mg). Serta mineral berupa Magnesium (60 mg), Kalsium (1,002 mg), dan Zat besi (8,3 mg).

2. Menjaga Kesehatan dan Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan yang sudah terbukti hasil penelitiannya adalah khasiatnya dalam menjaga kesehatan jantung. Hal itu juga membuktikan bahwa kayu manis berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung diketahui masih menjadi penyebab paling besar kematian di seluruh dunia sampai saat ini. Bahkan, tragedi kematian di Itaewon, Korea Selatan kemarin banyak korban meninggal akibat terkena serangan jantung mendadak.

Khasiat kayu manis apabila dikonsumsi setiap hari dapat menjaga beberapa faktor penyebab utama penyakit jantung. Kayu manis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat menjadi rendah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih yang Wajib Anda Ketahui

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Tahukah Anda penyakit Alzheimer? Alzheimer adalah penyakit yang mengakibatkan kerja otak menurun. Penyakit ini sering terjadi pada lansia namun juga bisa menyerang siapa saja.

Alzheimer dapat menurunkan daya ingat, kemampuan berpikir, berbicara, bahkan menyebabkan kecemasan. Orang yang sudah terkena Alzheimer parah akan sulit mengenali sekitarnya bahkan menyebabkan perilaku orang tersebut berubah, hingga menyebabkan depresi pada penderitanya.

Sebuah studi menemukan bahwa khasiat ekstrak kayu manis dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Kandungan yang disebut CEppt dalam kayu manis menurunkan gejala yang terjadi pada penderita Alzheimer.

4. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal pasti menjadi impian bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Berat badan yang ideal akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan membuat penampilan menarik.

Dikutip dari Healthline, salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan adalah meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme gula dalam makanan menjadi energi serta mempengaruhi penggunaan energi dari makanan.

Sehingga, makanan yang telah Anda konsumsi dapat dicerna lebih baik dan penggunaannya lebih meningkat. Metabolisme yang baik juga mampu menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan.

Selain itu, khasiat kayu manis lainnya adalah untuk mencegah penyerapan lemak dari makanan yang tinggi akan lemak. Sebuah studi menemukan bahwa zat Antioksidan dalam kayu manis dapat menurunkan penyerapan lemak trigliserida dalam darah.

Penyerapan lemak lebih rendah dalam darah akan menyebabkan tubuh akan menggunakan lemak yang tersimpan di bawah lapisan sel tubuh. Sehingga, massa lemak tubuh akan berkurang serta menyebabkan penurunan berat badan.

5. Mencegah kanker

Salah satu manfaat kayu manis adalah terdapat zat bersifat antitumor dan antikanker. Zat bernama cinnamaldehyde dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker dan sudah diteliti khasiatnya sebagai antikanker.

Dalam studi mengenai obat kanker, peneliti menggunakan ekstrak kayu manis dan kapulaga untuk melihat khasiatnya pada sel kanker. Peneliti menemukan sel tubuh yang terjangkit kanker menurun akibat penggunaan zat antikanker dalam kayu manis tersebut.

Penelitian tersebut memang menunjukkan kayu manis mampu menurunkan aktivitas berbahaya dari sel kanker. Namun, Anda harus tetap menjaga pola makan, menjaga pola hidup sehat, serta tetap berolahraga agar terhindar dari kanker.

6. Menurunkan Reaksi Radang (Anti Inflamasi)

Reaksi peradangan atau inflamasi sebenarnya sangat penting untuk tubuh. Hal ini karena reaksi tersebut dapat membantu tubuh Anda merespons infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Namun, peradangan bisa menjadi masalah jika kronis dan diarahkan ke jaringan tubuh Anda sendiri. Hal ini dapat menimbulkan reaksi lainnya seperti gatal dan alergi yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi tubuh.

Manfaat air rebusan kayu manis diketahui telah digunakan dari zaman nenek moyang sebagai antiradang. Minum atau mandi dengan air rebusan kayu manis diketahui menurunkan gejala peradangan tersebut.

Tidak jarang, manfaat rebusan kayu manis terbukti dapat mengobati radang tenggorokan akibat batuk, pilek, influenza, dan radang sendi. Sangat bermanfaat bukan?

Baca Juga: 9 Manfaat Jahe selain untuk Memasak tapi juga Kesehatan Tubuh

7. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah salah satu zat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Salah satu manfaat lainnya dari kayu manis untuk kesehatan adalah tingginya kandungan antioksidan kuat dalam tanaman ini. Salah satu antioksidan kuat yang terdapat dalam kayu manis adalah polifenol.

Polifenol diketahui sangat baik dalam mencegah radikal bebas. Salah satunya adalah dapat berfungsi sebagai antikanker.

Antioksidan dalam kayu manis bukan hanya efektif untuk tubuh saja. Manfaat kayu manis sudah banyak digunakan untuk pengawet makanan dan produk kecantikan untuk kulit dari ekstrak antioksidannya.

8. Menurunkan Kadar Gula untuk Penyakit Diabetes

Apa manfaat kayu manis untuk kesehatan terutama penderita diabates? Penderita diabetes melitus sering direkomendasikan untuk meminum rebusan kayu manis karena manfaatnya dapat menurunkan kadar gula darah.

Manfaat kayu manis varietas cassia telah diteliti dapat menurunkan kadar gula darah. Hal itu karena zat polifenol dalam kayu manis dapat menurunkan penyerapan gula dalam darah dan menjaga kadar agar tetap stabil.

Demikian berbagai manfaat kayu manis untuk kesehatan. Selain membuat rasa makanan semakin sedap, kayu manis juga dapat menjaga kesehatan tubuh bukan? Baik sekali apabila bisa dikonsumsi secara rutin.

Agar tetap dapat merasakan manfaat kayu manis, Anda juga bisa mencampurkan kayu manis ke berbagai resep makanan enak. Kamu bisa mencoba minuman bernama Eggnog sebagai variasi atau kamu bisa cek berbagai resep kayu manis lainnya dari Segari!