Suku Sunda merupakan kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa. Sama seperti berbagai etnis dan suku lainnya di Nusantara, masyarakat Sunda juga memiliki kebudayaan khas dan otentik, termasuk dalam hal kuliner. Makanan khas Sunda sendiri menjadi salah satu menu makanan yang sangat tersohor kelezatannya, bahkan bisa ditemukan di berbagai daerah di luar wilayah Jawa Barat.

Dari sekian banyak makanan Sunda yang ada, mana makanan khas daerah Sunda yang jadi pilihan favoritmu? Yuk, eksplorasi lebih banyak cita rasa makanan khas Sunda dengan cicipi ragam makan tradisional Sunda terpopuler berikut:

Baca juga: Mengenal Ragam Sajian Nasi Khas di Indonesia yang Lezat

Makanan Khas Sunda Terpopuler

1. Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Sunda - Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom | Sumber gambar: Dudygr via Wikimedia Commons

Makanan tradisional Sunda satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan khas suku Sunda paling populer. Sesuai dengan namanya, Tutug Oncom, makanan khas Sunda ini terbuat dari nasi yang di-’tutug’ atau ditumbuk bersama oncom yang sebelumnya telah digoreng. Sajian Nasi Tutug Oncom khas Sunda kerap disajikan bersama lauk pauk sederhana khas Sunda seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng, lengkap bersama lalap sayuran segar serta sambal terasi.

2. Nasi Timbel

Makanan Khas Sunda - Nasi Timbel
Nasi Timbe | Sumber gambar: Wikimedia Commons

Selain Nasi Tutug Oncom, masih ada satu lagi sajian nasi khas Sunda lainnya yang tak kalah lezat, yakni Nasi Timbel. Makanan khas Sunda ini merupakan sajian nasi kukus yang dibungkus dengan daun pisang sehingga memiliki aroma cukup khas. Penyajiannya tak berbeda dengan sajian makanan khas Sunda pada umumnya, yakni bersama lauk-pauk tradisional seperti pepes, ayam goreng, tahu dan tempe, serta lalapan dan sambal sebagai pelengkap. Makanan Sunda ini cukup mudah ditemukan di restoran-restoran dan warung-warung makan khas Sunda.

3. Bakakak Hayam

Makanan khas Sunda selanjutnya yang wajib untuk dicicipi Adalah Bakakak Hayam atau Ayam Bakakak. Makanan khas daerah Sunda ini termasuk sajian yang kerap untuk kegiatan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya. Umumnya terbuat dari bahan dasar ayam kampung, makanan khas suku Sunda ini diolah dengan ragam rempah sehingga memiliki cita rasa khas. Menu makanan tradisional Sunda ini biasanya disajikan dalam bentuk utuh satu ekor ayam.

4. Karedok

Jika dilihat sekilas, makanan khas daerah Sunda selanjutnya ini menyerupai dengan menu Gado-gado. Namun, terdapat perbedaan antara Karedok khas Sunda dengan gado-gado dimana sayur-sayuran yang yang digunakan dalam sajian Karedok merupakan sayuran segar yang mentah sedangkan pada menu gado-gado sayuran telah direbus terlebih dahulu. Makanan khas Sunda ini menggunakan bahan dasar sayuran segar seperti kacang panjang, timun lalap, tauge, terong bulat, kubis, dan kemangi yang kemudian disirami dengan bumbu kacang yang gurih.

5. Lotek

Lotek - Makanan Khas Sunda
Lotek | Sumber gambar: Okkisafire via Wikimedia Commons

Sama seperti Karedok, Lotek adalah makanan khas Sunda yang sekilas menyerupai gado-gado. Terbuat dari sayuran yang direbus lalu disajikan bersama nasi atau potongan lontong dan bumbu kacang, keunikan dari makanan Sunda ini jika dibandingkan dengan Gado-gado adalah penggunaan terasi di bumbu kacangnya serta kerap disajikan bersama sambal dan tempe sebagai pelengkap. Secara rasa, Lotek memiliki cita rasa yang sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan gado-gado ataupun pecel.

6. Combro

Makanan Khas Sunda - Combro
Combro | Sumber gambar: Yuriandrian85 via Wikimedia Commons

Satu lagi makanan khas Sunda berbahan dasar oncom selain Nasi Tutug Oncom, yakni Combro. Dinamakan demikian karena makanan Sunda ini merupakan singkatan dari “oncom di jero” (oncom di dalam). Sesuai nama tersebut, makanan khas Sunda ini terbuat dari adonan singkong dengan isian berupa tumisan oncom yang gurih dan pedas sebelum kemudian digoreng. Kuliner khas Sunda ini merupakan camilan lezat yang cocok dijadikan pendamping secangkir kopi ataupun teh di waktu santai.

7. Kupat Tahu

Rekomendasi makanan khas Sunda selanjutnya adalah Kupat Tahu. Bahan utama dari makanan Sunda ini adalah ketupat atau lontong dan tahu yang disajikan bersama kubis dan tauge serta siraman bumbu kacang dan kecap manis. Meski terdengar sederhana olahan Kupat Tahu merupakan salah satu makanan khas Sunda populer dengan ragam variasi olahan resep yang berbeda-beda disetiap daerah-daerah di Jawa Barat.

8. Mie Kocok

Makanan Khas Sunda - Mie Kocok Bandung
Mie Kocok Bandung | Sumber gambar: Thetaran via Wikimedia Commons

Makanan Sunda satu ini berasal dan sangat populer di Kota Bandung. Disebut sebagai Mie Kocok karena proses pembuatan makanan khas Sunda ini dimana mie seperti dikocok-kocokkan di dalam air panas hingga matang sebelum kemudian disajikan bersama kuah kaldu sapi yang gurih dan kental, serta isian lainnya berupa irisan kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, dan taburan seledri, daun bawang, hingga bawang goreng sebagai pelengkap.

9. Sate Maranggi

Makanan Khas Sunda - Sate Maranggi
Sate Maranggi | Sumber gambar: Wikimedia Commons

Berbeda dengan sate asal Madura yang menggunakan bumbu kacang, makanan khas Sunda lainnya ini hanya disajikan dengan bumbu kecap saja. Meskipun demikian, resep Sate Maranggi menawarkan cita rasa gurih yang tak kalah lezat dari menu sate lainnya di daerah lain di Nusantara. Bahan dasar dari makanan khas Sunda ini adalah daging sapi dan daging kambing serta paling terkenal di daerah Purwakarta dan Cianjur. Umumnya, Sate Maranggi disajikan bersama sambal tomat, ketan bakar, ataupun makanan khas Sunda lainnya, yakni Nasi Timbel.

Baca juga: Sajian Menu Sate di Indonesia dari Berbagai Daerah

10. Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Sunda asal Cirebon. Sajian kuliner tradisional Sunda ini sekilas terlihat seperti gulai. Namun, keunikan dari Empal Gentong adalah proses pembuatannya yang masih dilakukan secara tradisional menggunakan kayu bakar dan gentong alias periuk tanah liat. Hal inilah yang menjadi ciri khas dari makanan khas Sunda asal Cirebon ini. Untuk isiannya, selain menggunakan daging sapi, Empal Gentong juga kerap menggunakan tambahan usus serta babat sebagai isiannya.

11. Tahu Gejrot

Makanan Khas Sunda - Tahu Gejrot
Tahu Gejrot | Sumber gambar: Wikimedia Commons

Satu lagi makanan khas Sunda asal Cirebon yang sangat populer, yakni Tahu Gejrot. Saking populernya, Anda bisa menemukan resep Tahu Gejrot dibuat dan dijajakan di kota-kota besar lain seperti Jakarta. Makanan Sunda ini tergolong cukup sederhana untuk dibuat. Berbahan dasar tahu goreng diiris-iris lalu disiram dengan kuah atau saus yang terbuat dari  kencur, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, dan garam, dengan tambahan air asam, air dan kecap manis, Tahu Gejrot jadi salah satu jajanan khas Sunda yang wajib Anda cicipi.

12. Geco alias Tauge Tauco

Beberapa makanan khas Sunda dikenal dengan nama yang berupa singkatan, seperti sajian Geco yang merupakan singkatan dari Tauge Tauco. Makanan Sunda asal Cianjur ini terbuat dari bahan dasar tauge rebus yang disirami bumbu tauco. Selain itu makanan khas Sunda satu ini juga kerap menggunakan potongan ketupat, kentang, serta mie aci sebagai bahan-bahan tambahan. Karena menggunakan tauco dan bumbu-bumbu lainnya, makanan tradisional Sunda ini terbilang memiliki cita rasa cukup unik dan menarik untuk dicoba.

13. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan khas Sunda yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bandung berupa singkong yang difermentasi. Kuliner Sunda unik ini dipercaya telah ada sejak tahun 1800-an dan tercipta karena melimpahnya produksi singkong kala itu sehingga masyarakat Sunda memikirkan cara pengawetan agar singkong bisa bertahan lebih lama. Dari sanalah kemudian lahir Peuyeum yang hingga saat ini masih bisa ditemukan di Bandung dan sekitarnya.

14. Asinan Bogor

Makanan Khas Sunda - Asinan Bogor
Asinan Bogor | Sumber gambar: Wikimedia Commons

Jika Anda menginginkan makanan khas Sunda dengan cita rasa yang menyegarkan, Asinan Bogor bisa jadi salah satu panganan untuk dicicipi. Jika dilihat dari bahannya, terdapat 3 jenis asinan Bogor. Asinan buah-buahan, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayuran. Menggunakan saripati cabai sebagai kuahnya, makanan khas Sunda ini memiliki cita rasa unik asam, manis, dan pedas.

15. Tahu Sumedang

Sesuai dengan namanya, makanan Sunda selanjutnya ini merupakan olahan tahu asal dari Sumedang, Jawa Barat. Olahan makanan khas Sunda populer ini merupakan kuliner sederhana berupa tahu yang digoreng serta disantap bersama cabai rawit hijau. Kuliner Sunda asal Sumedang ini terkenal akan cita rasanya yang sangat gurih.

16. Misro

Secara adonan, makanan khas Sunda selanjutnya ini menyerupai Combro. Perbedaan utama antara kedua kuliner Sunda ini adalah isiannya dimana Misro menggunakan gula merah sehingga memiliki cita rasa manis. Jadi, kalau Anda termasuk penggemar camilan manis, Misro bisa jadi alternatif camilan khas Sunda pengganti Combro yang gurih.

17. Empal Gepuk

Makanan khas Sunda lain yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke restoran Sunda adalah sajian Empal Gepuk. Makanan khas daerah Sunda ini terbuat dari daging sapi yang disayat tipis lalu dipukul-pukul sebelum diolah bersama ragam bumbu dan santan. Makanan tradisional Sunda ini menawarkan cita rasa manis dan gurih, cocok disantap bersama nasi timbel, nasi tutug oncom, atau nasi putih biasa.

18. Soto Bandung

Makanan Khas Sunda - Soto Bandung
Soto Bandung | Sumber gambar: Wikimedia Commons

Soto merupakan sajian makanan berkuah yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki sajian soto khas, tak terkecuali Sunda dimana terdapat sajian Soto Bandung. Makanan khas Sunda ini berbeda dengan soto pada umumnya dimana kuah dari soto ini berwarna bening, tidak kekuningan. Untuk isian, menu makanan Sunda ini menggunakan tetelan sapi, potongan lobak serta kacang kedelai goreng sebagai pelengkap. Cukup unik, bukan?

Cek resep Soto Bandung ala Segari di sini

Baca juga: Beragam Menu Soto Khas dari Berbagai Daerah di Nusantara

Itulah berbagai panganan khas Sunda terpopuler yang kerap jadi menu incaran bagi Anda yang berkunjung ke Bandung, Sukabumi, ataupun kota-kota lainnya di Jawa Barat. Selain makanan-makanan Sunda di atas, masih ada ragam kuliner tradisional Sunda lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi termasuk Soto Mie Bogor, Batagor, Seblak, Laksa Bogor dan masih banyak lainnya

Meski berbagai makanan khas Sunda ini cukup mudah ditemukan di daerah lainnya. Tak ada salahnya untuk coba buat sendiri menu sajian makanan khas Sunda ini di dapur rumah Anda. Apalagi beberapa resep makanan khas Sunda di atas tidaklah terlalu sulit untuk dipraktekan di rumah. Ditambah lagi, semua bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat masakan khas Sunda tersedia dan bisa dibeli dengan praktis lewat aplikasi Segari! Jadi, tunggu apa lagi? Cek aplikasi Segari Anda sekarang juga untuk hadirkan menu makanan khas Sunda favorit keluarga di meja makan rumah Anda!