Sate merupakan salah satu menu makanan tradisional asli Indonesia yang sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis sate khas di Indonesia yang bisa ditemukan baik dijajakan secara keliling menggunakan gerobak, di warung-warung makan, hingga di restoran dan hotel berbintang. Sajian menu sate khas di Indonesia juga sangat beragam. Di beberapa daerah tertentu Anda bisa menemukan menu sate yang khas dan juga berbeda. Tertarik menjelajahi kekayaan kuliner sate yang ada di Indonesia? Berikut beberapa jenis sate di Indonesia yang paling populer dan wajib Anda cicipi:

Baca juga: Berbagai Sajian Nasi Khas di Nusantara

Jenis-jenis Sate Khas di Indonesia

1. Sate Madura

Jenis sate khas di Indonesia yang pertama ini bisa dibilang sebagai salah satu menu sate paling populer di Indonesia. Meskipun berasal dari Madura, Jawa Timur, sajian menu sate khas satu ini bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Sate Madura umumnya terbuat dari daging ayam dan diolah dengan bumbu dan saus kacang. Sebagai pelengkap, menu sate khas di Indonesia satu ini disantap bersama potongan lontong ataupun ketupat.

Cek resep Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura di sini

2. Sate Padang

Masyarakat Minang memang sangat terkenal akan kulinernya. Salah satu sate di Indonesia asal Minang yang tak kalah populer dari berbagai jenis sate di Indonesia lainnya adalah Sate Padang. Berbeda dengan menu sate khas di Indonesia sebelumnya, Sate Padang terbuat dari daging sapi dengan campuran lidah sapi. Terkadang jeroan juga menjadi campuran dari isi menu sate khas asal Minang satu ini. Ciri khas lainnya dari sajian sate khas di Indonesia satu ini adalah siraman saus kental yang terbuat dari kaldu serta rempah-rempah yang sangat gurih dan bercita rasa sangat khas. Umumnya, menu sate khas di Indonesia ini disantap bersama potongan ketupat dan pelengkap berupa keripik singkong yang renyah.

Cek resep Sate Padang ala Segari di sini

3. Sate Lilit Khas Bali

Dari Sumatera, kita beralih ke Pulau Dewata. Bali juga memiliki sajian menu sate khas yang tak kalah menarik, yakni Sate Lilit. Sesuai dengan namanya, keunikan dari varian menu sate di Indonesia satu ini adalah proses pembuatannya yang tidak ditusuk seperti kebanyakan menu sate di Indonesia, melainkan dililitkan di batang serai atau bambu. Menu sate khas Indonesia satu ini dibuat menggunakan daging ayam yang telah dicincang halus dan diberi berbagai bumbu. Menu sate lilit khas Bali biasanya disajikan sebagai pelengkap dari sajian nasi campur Bali bersama berbagai lauk pauk khas Bali lainnya.

Cek resep Sate Lilit Khas Bali ala Segari di sini

4. Sate Taichan

Sate Taichan merupakan salah satu jenis sate di Indonesia yang usianya paling muda dibandingkan jenis-jenis sate yang ada dalam daftar ini. Sate Taichan baru populer dan digandrungi pada tahun 2010-an. Berbeda dengan macam-macam sate di Indonesia pada umumnya yang kaya akan bumbu, Sate Taichan justru diolah dengan bumbu yang sangat minim. Menu sate khas di Indonesia ini umumnya disajikan dengan sambal yang sangat pedas bersama potongan lontong dan taburan bawang merah goreng.

Cek resep Sate Taichan ala Segari di sini

5. Sate Maranggi

Sajian menu sate khas Indonesia selanjutnya adalah sate Maranggi yang berasal dari Purwakarta. Jenis sate satu ini dibuat menggunakan daging kambing atau domba ataupun daging sapi. Sate Maranggi memiliki cita rasa manis dan gurih karena proses memasaknya dimana daging dimarinasi dengan rempah serta kecap manis. Dalam penyajiannya, menu sate khas di Indonesia ini juga tak dilengkapi saus khusus namun tak jarang pula orang menikmatinya dengan tambahan siraman kecap manis atau sambal kecap.

Cek resep Sate Maranggi ala Segari di sini

6. Sate Klatak

Yogyakarta yang memiliki menu sate khas yang tak boleh Anda lewatkan jika berkunjung kesini, yakni Sate Klatak. Sajian sate khas Yogyakarta ini unik karena tidak menggunakan tusuk sate dari bambu seperti sate di Indonesia lainnya, melainkan tusuk dari besi. Daging yang digunakan untuk membuat menu sate khas satu ini umumnya adalah daging kambing. Namun, tak jarang juga yang menjajakan Sate Klatak dari daging sapi. Belum pernah mencicipi menu sate khas di Indonesia yang unik ini? Pastikan masukkan Sate Klatak dalam itinerary wisata kuliner Anda saat berkunjung ke Yogyakarta!

Cek resep Sate Klatak ala Segari di sini

7. Sate Buntel

Tak jauh dari Yogyakarta, ada pula menu sate khas lain yang tak kalah menarik asal Surakarta. Dinamakan Sate Buntel, menu sate khas di Indonesia satu ini dibuat dari daging kambing yang dicincang lalu dibungkus dengan lapisan lemak kambing sebelum kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar. Bumbu yang digunakan untuk mengolah menu sate khas Indonesia ini cukup sederhana yakni merica dan kecap manis. Namun, soal rasa, sate khas Surakarta ini tak kalah lezat dari sate-sate di Indonesia lainnya, khususnya jika Anda penggemar kuliner berbahan dasar daging kambing.

8. Sate Kere

Masih berasal dari Solo, selain Sate Buntel masih ada menu Sate Kere yang bisa dicoba jika berkunjung ke Solo. Sesuai namanya ’kere’ yang identik dengan kalangan menengah ke bawah, menu sate khas di Indonesia ini memang dibuat awalnya sebagai alternatif menu sate yang pada masanya termasuk sebagai hidangan mewah. Untuk membuatnya lebih terjangkau, lahirlah menu Sate Kere yang tidak terbuat dari daging, melainkan tempe gambus (tempe yang terbuat dari ampas tahu). Meskipun memiliki bahan utama yang berbeda, bumbu yang digunakan dalam menu sate khas Indonesia satu ini tak jauh berbeda dengan sate-sate lainnya dan juga disajikan dengan saus kacang serta potongan lontong atau ketupat.

Cek resep Sate Kere ala Segari di sini

9. Sate Ponorogo

Berasal dari Ponorogo, sajian sate khas di Indonesia satu ini memiliki bumbu dan rasa yang mungkin tak jauh berbeda dengan Sate Madura. Yang membedakan menu sate satu ini dengan Sate Madura adalah potongan daging yang digunakan tidak dipotong-potong menjadi potongan kecil, melainkan satu potongan memanjang seperti fillet yang ditusuk dan dibakar. Dalam proses membuatnya, daging juga direndam terlebih dahulu bersama bumbu-bumbu sehingga cita rasa dan aroma bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam.

Baca juga: Sajian Sambal Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Itulah beberapa jenis sate khas di Indonesia yang cukup umum ditemui. Diantara berbagai sate khas di Indonesia tersebut, mana saja yang sudah pernah Anda cicipi?

Jika Anda tertarik membuat olahan sate khas Indonesia di atas di dapur Anda sendiri, tak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan semua keperluan dan bahan memasak dengan mudah lewat aplikasi Segari. Dapatkan penawaran harga terbaik serta bebas ongkos kirim untuk permudah Anda penuhi kebutuhan akan bahan makan sehari-hari. Selamat bereksplorasi dengan ragam sajian menu sate khas yang ada di Indonesia!