Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Jadi, tak heran jika ada banyak sekali olahan menu nasi khas di Indonesia yang bisa Anda temukan di berbagai daerah. Beberapa jenis nasi khas di Indonesia ini bahkan sudah sangat populer hingga bisa Anda temukan dengan mudah, dimanapun Anda berapa. Namun, ada pula menu-menu nasi khas di Indonesia yang hanya bisa Anda cicipi jika mengunjungi daerah-daerah tertentu. Yuk, bertualang rasa dengan cicipi ragam menu nasi khas di Indonesia paling populer berikut:

Baca juga: Mencicipi Berbagai Jenis Sambal Khas yang Ada di Indonesia

Nasi Khas di Indonesia

1. Nasi Uduk

Nasi Uduk - Nasi Khas Indonesia
Ilustrasi gambar: Wikipedia

Sekilas sajian Nasi Uduk terlihat seperti nasi putih pada umumnya. Namun, setelah Anda cium aromanya, maka Anda bisa langsung mengetahui bahwa sajian nasi khas Indonesia ini berbeda. Saat mencicipi rasanya, rasa Nasi Uduk juga lebih gurih. Hal ini dikarenakan nasi khas di Indonesia ini diolah menggunakan santan dan juga beberapa rempah lainnya sehingga memberikannya rasa gurih dan aroma harum yang khas. Menu nasi khas di Indonesia satu ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia dan populer disajikan sebagai sarapan bersama lauk pendamping seperti tempe orek, kentang balado, mie goreng, ataupun telur dadar.

Cek resep Nasi Uduk di sini

2. Nasi Kuning

Nasi Kuning dan Ungkep Ayam - Nasi Khas Indonesia
Ilustrasi gambar: RahmadHimawan Photography, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Dari namanya, sudah bisa ditebak jika sajian nasi khas Indonesia selanjutnya ini merupakan sajian nasi yang memiliki warna kuning. Dibuat menggunakan kunyit, santan, serta rempah-rempah lain, nasi khas Indonesia ini sering hadir sebagai sajian untuk hajatan dan perayaan-perayaan dengan disajikan berbentuk kerucut sebagai nasi tumpeng lengkap dengan lauk-pauk pendamping seperti sambal goreng kentang, perkedel, ayam goreng lengkuas, sambal terasi, dan berbagai menu-menu lainnya.

Cek resep Nasi Kuning di sini

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet - Nasi Khas Indonesia

Nasi khas di Indonesia selanjutnya merupakan nasi khas Sunda yang banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Nasi Liwet dimasak bersama ikan teri, petai, dan berbagai rempah sehingga olahan nasi khas ini memiliki aroma berbeda dan rasa yang lebih kaya dibandingkan nasi putih biasa. Biasanya, menu nasi khas Sunda ini disajikan di atas daun pisang bersama ragam lauk seperti Ayam Goreng, Tahu dan Tempe Goreng, lalapan segar serta sambal yang pedas.

Cek resep Nasi Liwet di sini

4. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom - Nasi Khas Indonesia
Ilustrasi gambar: Dudygr, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Juga berasal dari kebudayaan Sunda, sajian nasi khas di Indonesia selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Kuliner nasi khas Indonesia yang banyak ditemukan di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya ini terbuat dari oncom yang dilumatkan bersama nasi putih hangat beserta bumbu-bumbu lainnya. Seperti makanan khas Sunda pada umumnya, olahan nasi khas Indonesia ini disajikan bersama lalapan segar lengkap dengan sambal. Untuk lauk pendamping, Nasi Tutug Oncom bisa disajikan bersama bakwan, ikan asin, cah kangkung, ataupun ayam goreng bumbu kuning.

5. Nasi Bakar

Nasi Bakar Udang - Nasi Khas Indonesia
Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Jika biasanya yang diolah dengan cara dibakar kebanyakan adalah sajian lauk-pauk, ada juga sajian nasi khas Indonesia yang diolah dengan cara dibakar. Nasi Bakar merupakan menu yang kini sudah mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, bahkan banyak disajikan di restoran-restoran. Nasi khas asal Indonesia satu ini merupakan nasi putih yang diolah bersama ragam rempah, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar. Proses memasak ini memberikan sajian nasi khas asal Indonesia satu ini aroma khas yang takkan Anda temui di olahan nasi lainnya.

Tak jarang juga Nasi Bakar diolah dengan dibakar bersama ragam lauk seperti ikan teri, udang, ayam, ataupun lauk lainnya.

Cek resep Nasi Bakar Udang Pedas di sini

6. Nasi Goreng

Nasi Goreng - Nasi Khas Indonesia
Ilustrasi gambar: Pixabay

Sudah bukan rahasia lagi jika menu Nasi Goreng asal Indonesia menjadi salah satu menu nasi khas Indonesia yang popularitasnya telah mendunia. Sajian menu nasi khas asal Indonesia satu ini bisa ditemukan mulai dari dijajakan menggunakan gerobak hingga di restoran berbintang. Cara membuat menu nasi asal Indonesia ini juga relatif mudah, yakni dengan menumis nasi bersama bumbu-bumbu serta bahan lainnya. Ditambah dengan pelengkap seperti kerupuk dan acar, menu Nasi Goreng jadi salah satu sajian nasi asal Indonesia yang sangat ikonik.

Di beberapa daerah di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak kreasi dari resep Nasi Goreng ini, menambah kaya varian nasi khas asal Indonesia yang bisa Anda jelajahi cita rasanya.

Cek resep Nasi Goreng Spesial di sini

7. Nasi Minyak

Sama seperti Nasi Kebuli, menu nasi khas Indonesia selanjutnya ini juga mendapatkan banyak pengaruh dari kebudayaan Timur Tengah dan India. Nasi Minyak dikenal sebagai kuliner nasi khas Palembang, Sumatera Selatan. Namun, tak jarang juga Anda bisa menemukan menu nasi khas ini di berbagai kota lainnya di pulau Sumatera, bahkan di beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Diolah dengan menggunakan minyak samin dan ragam rempah, menu nasi khas asal Palembang yang identik dengan warna kemerahan ini kerap hadir di perayaan dan hajatan bersama lauk pendamping seperti Kari Ayam, Malbi, serta lauk-pauk khas Palembang lainnya.

8. Nasi Jamblang

Menu nasi khas asal Indonesia lain yang tak kalah menarik adalah Nasi Jamblang. Menu nasi khas ini banyak ditemukan di daerah Cirebon dan sekitarnya. Ciri khas dari olahan nasi ini adalah penyajiannya yang dibungkus menggunakan daun jati. Konon, penggunaan daun jati ini agar nasi tidak mudah basi. Namun, hal ini justru memberikan aroma khas pada Nasi Jamblang. Tertarik untuk mencicipinya?

9. Nasi Ulam

Nasi Ulam merupakan nasi khas di Indonesia yang sudah cukup langka dan sulit ditemukan. Olahan menu nasi ini populer di kalangan masyarakat Betawi. Pengolahan menu nasi khas satu ini tergolong cukup unik dimana nasi putih yang telah dimasak dicampur dengan tumisan bumbu yang terdiri dari kacang tanah giling, kacang kedelai giling, parutan kelapa yang disangrai serta berbagai bumbu lain dan juga kemangi.

Untuk lauk pendamping, menu nasi khas di Indonesia kerap disajikan bersama menu seperti bihun goreng, dadar telur, dendeng, ayam goreng, semur tahu, kentang balado, dan berbagai lauk lainnya

10. Nasi Jinggo

Nasi jinggo - nasi khas Indonesia
Ilustrasi gambar: Okkisafire, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Olahan menu nasi khas selanjutnya berasal dari pulau Dewata. Ciri khas dari Nasi Jinggo adalah porsinya yang sedikit serta penyajiannya yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi khas di Indonesia ini disajikan dengan lauk-pauk khas Bali seperti ayam sisit, kering tempe, serundeng, serta sambal. Kini, tak jarang juga bisa ditemukan Nasi Jinggo dengan ragam pilihan lauk-pauk lainnya seperti dengan menggunakan Sambal Matah.

Cek resep Sambal Mata Khas Bali di sini

11. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli Ayam - Nasi Khas Indonesia

Meskipun mendapatkan banyak pengaruh dari kuliner Timur Tengah dan India, Nasi Kebuli ternyata merupakan salah satu menu nasi khas yang berasal dari Indonesia. Sajian nasi khas Indonesia yang populer di kalangan masyarakat Betawi ini diolah dengan bumbu-bumbu kari khas Timur Tengah dan kerap disajikan bersama olahan daging kambing. Namun, tak jarang juga orang mengolah Nasi Kebuli dengan menggunakan daging ayam.

Dalam kebudayaan Betawi, sajian nasi khas Indonesia ini kerap hadir dalam perayaan keagamaan Islam, seperti hari Lebaran, Idul Adha, atau Maulid.

Cek resep Nasi Kebuli Ayam di sini

12. Nasi Padang

Seperti yang bisa ditebak dari namanya, menu nasi khas asal Indonesia ini merupakan kuliner nasi khas masyarakat Minang di Sumatera Utara. Namun, kepopuleran dari kuliner nasi ini membuatnya bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia. Sebenarnya Nasi Padang merupakan nasi putih pada umumnya. Yang menjadikannya berbeda adalah lauk-pauk pendampingnya yang merupakan menu makanan khas Minang seperti Opor Ayam, Rendang, Ayam Pop, Sambal Ijo, dan berbagai lauk lainnya.

Ditambah dengan siraman kuah santan yang kaya rempah, sulit rasanya menolak kenikmatan dari menu nasi khas di Indonesia satu ini.

Cek resep Rendang Daging Sapi di sini


Kaya sekali bukan kuliner nasi khas yang ada di Indonesia. Tentunya masih ada banyak sekali ragam kuliner nasi di Nusantara yang bisa Anda temukan selain yang ada di daftar ini. Diantara berbagai olahan nasi khas di Indonesia tersebut, mana yang jadi pilihan favorit Anda?

Jika Anda tertarik untuk variasikan sajian menu nasi di rumah dengan berbagai olahan nasi khas dari berbagai daerah di Indonesia di atas, Anda bisa temukan berbagai bahan-bahan segar dan kebutuhan dapur untuk memasak lewat aplikasi Segari sekarang juga! Dapatkan penawaran harga terbaik serta gratis ongkos kirim. Selamat berkreasi dengan menu nasi untuk sajian keluarga Anda!