Makanan Khas Bali - Bali atau dikenal juga sebagai Pulau Dewata merupakan destinasi liburan terpopuler di Indonesia. Tak hanya karena keindahan alam serta budayanya saja, salah satu daya tarik yang ditawarkan Bali adalah kekayaan kuliner khas Bali. Tak sedikit makanan khas Bali kemudian menjadi dikenal luas dan menyebar ke daerah lain di luar pulau Bali. Salah satu makanan khas bali yang terkenal adalah Sambal Matah. Kini, olahan sambal ini telah banyak dimodifikasi untuk berbagai menu sajian di berbagai daerah, tak hanya di pulau Bali.

Namun, selain sambal matah, tentu masih ada banyak makanan khas daerah Bali yang tak kalah menarik untuk dicicipi. Berikut rekomendasi makanan khas Bali yang wajib Anda eksplorasi jika berkunjung ke pulau Bali!

Baca juga: Berbagai Macam Sajian Sate Khas di Indonesia dari Berbagai Daerah

Makanan Khas Bali

1. Sate Lilit

Makanan  Khas Bali - Sate Lilit
Sate Lilit Khas Bali | Sumber Gambar: Wikimedia

Kuliner sate memang bisa ditemukan di berbagai daerah. Namun, di Bali Anda bisa menemukan sajian sate khas yang berbeda. Makanan khas Bali ini terbuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan berbagai bumbu sebelum kemudian dililitkan di batang serai atau batang bambu. Selain menggunakan daging ayam, makanan khas daerah Bali ini juga kerap dibuat dengan menggunakan daging babi hingga daging ikan tenggiri giling. Jika Anda memesan menu nasi campur Bali, maka Sate Lilit sudah pasti menjadi salah satu menu lauk pelengkap di dalamnya.

Cek resep Sate Lilit Khas Bali ala Segari di sini

2. Ayam Betutu

Makanan Khas Bali - Ayam Betutu

Diantara berbagai kuliner lezat di Bali, salah satu makanan khas Bali yang terkenal adalah Ayam Betutu. Kuliner tradisional khas Bali ini diolah dengan bahan dasar ayam serta berbagai macam rempah dan bumbu khas Bali sebelum kemudian dikukus dan dibakar dalam balutan daun pisang. Tak sulit temukan restoran di Bali yang menjajakan Ayam Betutu sebagai salah satu menunya bersama makanan khas Bali lainnya. Selain diolah menggunakan bahan dasar ayam, makanan khas daerah Bali ini juga kerap menggunakan bebek sebagai bahan dasarnya.

Cek resep Ayam Betutu ala Segari di sini

3. Lawar

Makanan Khas Bali, Lawar
Lawar Khas Bali | Sumber gambar: Kompas

Menu makanan tradisional khas Bali selanjutnya adalah Lawar. Kuliner khas Bali ini terbuat dari sayur-sayuran yang dipotong atau iris kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu rempah khas Bali dan parutan kelapa. Bersama dengan sate lilit, makanan khas Bali satu ini juga kerap menjadi salah satu lauk wajib dalam sajian nasi campur khas Bali.

4. Babi Guling Bali

Bagi Anda yang non-muslim, sajian Babi Guli Khas Bali tentu wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Bali. Salah satu makanan khas Bali paling terkenal satu ini selalu jadi incaran para turis baik dari dalam maupun luar negeri. Diolah dengan bumbu rempah khas masakan Bali, Babi Guling Khas Bali menawarkan cita rasa sangat gurih yang unik dan lezat.

5. Laklak

Makanan Khas Bali - LakLak
Laklak, Makanan Khas Bali | Sumber gambar: Wikimedia

Jika Anda mencari camilan atau kue tradisional khas Bali, kuliner khas Bali selanjutnya ini bisa jadi pilihan untuk Anda cicipi. Terbuat dari bahan dasar tepung beras, sajian makanan tradisional Bali ini disajikan dengan taburan kelapa parut serta siraman gula merah cair. Sekilas, makanan khas Bali satu ini terlihat serupa dengan panganan serabi yang banyak ditemukan di pulau Jawa.

6. Bebek Timbungan

Tak hanya Bebek Betutu, ternyata masih ada satu lagi masakan khas Bali berbahan dasar bebek, yakni Bebek Timbungan. Konon, resep dari makanan khas Bali satu ini berasal dari kerajaan kuno Bali. Bahkan, disebut-sebut dalam naskah kuno Dharma Caruban disebut-sebut sebagai makanan tertua dari Bali. Keunikan dari makanan khas Bali satu ini adalah proses pembuatannya dimana bebek dimasak menggunakan bambu dan dimasak dengan metode slow cook dalam waktu panjang hingga sekitar 12 jam. Proses memasak ini memberikan tekstur lembut dan cita rasa yang meresap hingga ke dalam pada makanan khas dari Bali satu ini.

7. Sambal Matah

Makanan Khas Bali - Sambal Matah

Seperti yang telah disebutkan di awal, salah satu makanan khas Bali yang terkenal adalah Sambal Matah. Berbeda dengan sambal yang pada umumnya diulek, Sambal Matah diolah dengan cara mengiris-iris bahan-bahannya. Terbuat dari bahan seperti bawang merah, cabai rawit merah, daun jeruk, dan serai, sambal khas Bali memiliki cita rasa pedas dan menyegarkan. Tak hanya banyak ditemukan sebagai pelengkap ragam sajian makanan khas daerah Bali, sambal ini kini dikenal luas dan kerap digunakan sebagai pelengkap menu-menu makanan di berbagai daerah di luar pulau Dewata.

Cek resep Sambal Matah Khas Bali ala Segari di sini

8. Nasi Tepeng

Makanan khas Bali selanjutnya adalah Nasi Tepeng, sajian menu sarapan yang bisa Anda temukan di daerah Gianyar, Bali. Meskipun dinamakan nasi, tekstur saji sajian makanan khas daerah Bali satu ini jauh lebih lembek dibandingkan nasi pada umumnya. Diolah dengan rempah-rempah khas Bali, sajian ini memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas. Umumnya makanan khas Bali ini disajikan di atas daun pisang dan dilengkapi dengan lauk sayur-sayuran ataupun daging khas Bali.

9. Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali - Nasi Jinggo
Nasi Jinggo | Sumber gambar: Wikipedia

Jika Yogyakarta memiliki panganan ‘Nasi Kucing’, Bali memiliki sajian ‘Nasi Jinggo’ yang juga dikenal akan porsi kecilnya. Makanan khas Bali yang dikenal akan harganya yang sangat terjangkau ini merupakan sajian nasi dengan lauk-pauk khas Bali yang disajikan dalam porsi kecil. Umumnya, makanan khas dari Bali ini dijajakan oleh pedagang-pedagang kaki lima.

10. Serombotan

Satu lagi makanan tradisional khas Bali berbahan dasar sayur-sayuran, yakni Serombotan. Meskipun sekilas terlihat seperti sajian ‘Urap’ yang banyak ditemukan di Jawa, perbedaan utama dari makanan khas Bali satu dengan Urap adalah bumbu yang digunakan. Pada sajian Serombotan, sayur-sayuran dibumbui dengan bumbu bernama ‘kalas’ yang terbuat dari semacam santan dengan campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kencur. Bumbu ini kemudian disiramkan ke atas sayur-sayuran bersama bumbu kacang dan sambal atau bumbu pedas.

11. Tipat Cantok

Makanan Khas Bali - Tipat Cantok
Tipat Cantok | Sumber gambar: Wikipedia

Meski tak sepopuler makanan khas Bali lainnya, makanan khas daerah Bali selanjutnya ini juga tak kalah menarik. Terbuat dari campuran ketupat dan sayur-sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu kacang, makanan khas Bali satu ini sekilas menyerupai dengan sajian Ketoprak asal Jakarta.

12. Tum Ayam

Makanan khas Bali selanjutnya merupakan olahan daging ayam cincang yang ditumis bumbu dan rempah, lalu dibungkus dengan daun pisang sebelum kemudian dikukus. Kerap disajikan sebagai lauk pendamping nasi bersama sajian-sajian makanan khas Bali lainnya.

13. Es Kuwut

Berbicara mengenai kuliner khas asal Bali, tak hanya makanan khas Bali saja yang bisa Anda cicipi, tapi juga minuman khas Bali seperti Es Kuwut. Nama ‘kuwut’ diambil dari bahasa Bali yang berarti ‘kelapa’. Dan, sesuai namanya minuman menyegarkan ini terbuat dari bahan dasar air kelapa dengan tambahan daging buah kelapa muda dan melon dengan tambahan gula, selasih, serta air perasan jeruk nipis. Minuman ini bisa jadi pilihan tepat untuk mendampingi menu makanan khas Bali yang Anda santap.

Cek resep Es Kuwut ala Segari disini

14. Es Daluman

Makanan tradisional khas Bali adalah makanan yang dikenal dengan cita rasa sangat kuat dan identik dengan rasa pedas. Selepas menikmati makanan khas Bali, selain Es Kuwut, masih ada Es Daluman yang bisa Anda nikmati untuk melepas dahaga. Kuliner khas Bali satu ini merupakan sajian es cincau dengan kuah santan dan gula merah atau sirup merah sebagai pemanisnya.

15. Pie Susu Bali

Makanan Khas Bali - Pie Susu
Pie Susu Bali | Sumber gambar: Wikimedia

Satu lagi makanan khas Bali yang terkenal adalah Pie Susu. Camilan bercita rasa manis ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau Dewata. Memiliki tekstur renyah dengan bagian tengah yang lembut dan bercita rasa manis, Pie Susu Bali jadi salah satu kuliner Bali yang wajib dijadikan buah tangan dari pulau Dewata.

Baca juga: Mengenal Ragam Sambal Khas di Indonesia dari Berbagai Daerah

Banyak sekali bukan ragam kuliner khas Bali yang bisa dieksplorasi saat berkunjung ke pulau Dewata ini? Untuk bisa cicipi ragam makanan khas Bali ini, Anda tak melulu harus berangkat ke Bali karena beberapa di antara makanan khas dari Bali di atas cukup mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Apalagi, berbagai bahan yang Anda butuhkan untuk mencoba membuat makanan khas daerah Bali bisa didapatkan dengan mudah dan praktis lewat aplikasi Segari!

Diantara berbagai makanan khas Bali di atas, mana yang jadi pilihan kuliner favorit Anda?