Siapa yang tak kenal dengan sajian soto? Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat populer. Sajian makanan berkuah dengan rempah khas ini bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Bahkan, di beberapa daerah Anda bisa menemukan sajian soto khas masing-masing. Hal ini membuat ada banyak sekali sajian soto khas di Indonesia. Ada berapa sajian soto khas di Indonesia yang pernah Anda coba? Yuk, kenalan dengan beberapa varian menu soto khas dari berbagai daerah di Indonesia paling populer berikut:

Baca juga: Ragam Olahan Nasi Khas di Indonesia

Soto Khas di Indonesia

1. Soto Lamongan

Salah satu ciri khas dari sajian soto yang pertama ini adalah penggunaan bubuk koya sebagai pelengkap sajiannya. Kehadiran bubuk koya yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng ini menambah gurihnya rasa soto khas Indonesia ini. Meskipun berasal dari Lamongan, menu soto khas Indonesia ini sangatlah populer dan bisa Anda temukan di berbagai daerah lainnya di pulau Jawa.

Soto khas di Indonesia ini memiliki kuah bening berwarna kekuningan serta kerap menggunakan ayam dengan tauge dan daun kol sebagai pelengkap.

Cek resep Soto Lamongan di sini

2. Soto Betawi

SOTO BETAWI - soto-soto khas di Indonesia
Ilustrasi gambar: Irhanz, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Jika sajian soto khas di Indonesia sebelumnya memiliki kuah yang jernih, menu soto khas selanjutnya ini justru memiliki kuah yang pekat karena penggunaan santan. Dalam beberapa resep lainnya, menu soto yang bisa ditemukan di Jakarta dan sekitarnya ini juga menggunakan susu sebagai kuahnya.

Untuk isiannya, menu soto khas Indonesia satu ini menggunakan campuran daging sapi dan juga jeroan. Namun, ada juga beberapa orang yang menggunakan daging ayam sebagai pengganti isiannya.

Cek resep Soto Betawi Kuah Susu di sini

3. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor - Soto-soto khas di Indonesia
Ilustrasi gambar: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Sesuai dengan namanya, sajian soto khas yang banyak ditemukan di Bogor dan sekitarnya ini disajikan bersama mie kuning sebagai pelengkap. Soto khas di Indonesia ini memiliki kuah bening yang gurih. Keunikan lain dari penyajian Soto Mie Bogor adalah isiannya yang juga dilengkapi dengan potongan risoles. Selain risoles, isian soto khas Indonesia ini juga dilengkapi potongan daging sapi dan tomat segar. Tak jarang juga isiannya dikombinasikan dengan jeroan. Tertarik mencicipi varian menu soto di Indonesia satu ini?

4. Soto Padang

Soto Padang 2
Ilustrasi gambar: Midori, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Berbicara kuliner khas Minang, tak melulu rendang saja, ada pula Soto Padang yang tak kalah populer. Soto Padang memiliki kuah yang sedikit lebih jernih dibandingkan kuah soto di Indonesia pada umumnya. Namun, yang membuat menu soto khas di Indonesia satu ini unik adalah penggunaan isian berupa daging sapi yang digoreng kering yang umumnya tidak akan Anda temukan pada menu-menu soto di daerah lainnya di Indonesia.

Sebagai pelengkap, soto khas di Indonesia ini disajikan bersama soun, perkedel kentang, taburan kerupuk merah, bawang merah goreng, serta terkadang dilengkapi juga dengan telur rebus.

5. Soto Medan

Sedikit bergeser ke Sumatera Utara, Anda bisa menemukan sajian Soto Medan yang tak kalah lezat dari sajian soto-soto di Indonesia lainnya. Memiliki kuah santan berwarna kuning, Soto Medan bisa disajikan bersama isian daging ayam ataupun daging sapi. Sama seperti Soto Padang, soto khas di Indonesia satu ini juga kerap dilengkapi dengan tambahan perkedel sebagai isiannya.

6. Soto Banjar

Soto Banjar ketupat
Ilutrasi gambar: Midori, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Menyebrang dari pulau Sumatera ke pulau Kalimantan, sajian menu soto khas di Indonesia selanjutnya adalah Soto Banjar. Kuah dari menu soto di Indonesia satu ini sangat kaya akan rempah dan disajikan dengan isian berupa daging ayam yang telah disuwir, perkedel, serta telur rebus. Jika umumnya soto-soto di Indonesia disantap bersama nasi, soto Banjar justru disantap bersama potongan ketupat ataupun lontong.

7. Coto Makassar

Coto Makassar-dish
Ilustrasi gambar: (Lofor), CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Berbeda dengan daerah lainnya, masyarakat Makassar menyebut sajian soto sebagai coto, dan di Makassar sendiri terdapat menu Coto Makassar yang menjadi menu soto khas dari daerah tersebut. Menu soto khas di Nusantara ini dikenal akan cita rasanya yang sangat gurih karena penggunaan rempah-rempah yang banyak. Untuk isian, Coto Makassar umumnya menggunakan jeroan serta disantap bersama ketupat

Cek resep Coto Makassar di sini

8. Soto Kudus

Sajian soto khas di Indonesia selanjutnya ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Dari segi rasa, kuah dari soto khas Indonesia satu ini terbilang cukup ringan jika dibandingkan soto pada umumnya, namun tak kalah gurih dan nikmat. Untuk isian, Soto Kudus biasanya menggunakan daging ayam atau daging kerbau serta dilengkapi dengan taburan bawang putih goreng.

9. Soto Lenthok

23. Soto lenthok 1
Ilustrasi gambar: Danangtrihartanto, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Dari segi bumbu dan penampilan, Soto Lenthok hampir menyerupai Soto Kudus. Namun, yang membedakan sajian soto khas Indonesia yang berasal dari Yogyakarta ini adalah penggunaan Lentok sebagai salah satu isiannya. Lenthok sendiri merupakan sejenis perkedel yang terbuat dari ketela. Tertarik mencobanya saat berkunjung ke Yogyakarta?

10. Soto Bandung

Soto Bandung
Ilustrasi gambar: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Jika ragam menu soto di Indonesia sebelumnya identik dengan kuah yang berwarna kekuningan, Soto Bandung justru memiliki kuah yang berwarna jernih. Hal ini dikarenakan Soto Bandung tidak menggunakan banyak bumbu dan rempah seperti sajian soto-soto di Indonesia lainnya. Untuk isian, menu soto khas di Indonesia ini menggunakan potongan daging serta potongan lobak. Sebagai pelengkap Soto Bandung juga ditaburi dengan kacang kedelai yang telah digoreng sebelumnya. Unik sekali, bukan?

Cek resep Soto Bandung di sini

Baca juga: Mencicipi Pedasnya Macam-Macam Sajian Sambal yang Ada di Indonesia

Selain berbagai varian menu soto yang ada di Indonesia yang telah diulas di atas, tentu masih banyak sekali menu-menu soto lainnya yang bisa Anda eksplorasi dari Sabang hingga Merauke. Dari berbagai sajian soto yang ada di Indonesia, mana saja yang pernah Anda cicipi?

Buat Anda yang justru lebih suka menikmati soto ala rumahan yang Anda buat sendiri di rumah, Anda bisa temukan berbagai bahan-bahan segar dan bumbu dapur yang Anda perlukan dengan mudah lewat aplikasi Segari. Dapatkan penawaran harga terbaik serta gratis ongkos kirim untuk berbagai produk segar dan kebutuhan rumah tangga lainnya di aplikasi Segari. Yuk, cek aplikasi Segari dan kreasikan  resep Soto ala dapur rumah Anda sekarang juga!