Sebagai penderita asam lambung atau Gastritis, ada kalanya saat kambuh Anda membutuhkan berbagai minuman untuk asam lambung agar mencegahnya semakin sakit.

Gastritis atau iritasi dan peradangan pada lapisan lambung, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sakit perut, kembung, dan mual. Hal ini disebabkan produksi asam lambung yang terlalu tinggi, menyebabkan lapisan lambung terkikis.

Rasa perih yang Anda rasakan juga karena asam lambung mengenai luka yang sudah ada dan diperparah. Anda dapat menghindari (atau meminimalkan) banyak dari gejala ini dengan minum berbagai minuman untuk penderita asam lambung.

Minuman yang baik untuk asam lambung ini akan membantu meredakan lonjakan asam lambung dalam lambung. Sehingga, penyakit asam lambung seperti maag atau gerd juga tidak akan kambuh.

Minuman Untuk Asam Lambung

1. Teh Herbal Seperti Chamomile

Teh hangat memang sering dianggap sebagai minuman yang baik untuk asam lambung. Minuman hangat telah diteliti mampu menurunkan kadar asam lambung yang melonjak.

Dikutip dari The Berkey, minuman hangat dapat mempercepat metabolisme serta melarutkan asam yang terkandung dalam asam lambung.

Namun, teh hitam seperti teh melati biasa justru kurang bagus sebagai minuman untuk asam lambung. Hal ini karena kadar kafein tinggi dalam teh hitam justru membuat asam lambung semakin naik.

Minuman herbal untuk asam lambung seperti teh Chamomile, Chrysanthemum, Adas, dan berbagai teh herbal lainnya lebih direkomendasikan sebagai minuman untuk asam lambung. Namun, Anda harus menghindari teh mint atau peppermint karena bahan ini justru memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Meredakan Gejala Batuk Kering serta Berdahak

2. Yogurt

Minuman berbahan dasar susu tidak direkomendasikan untuk penderita asam lambung kecuali sudah difermentasi seperti Yogurt. Hal ini karena pada susu, terdapat protein dan mineral kalsium yang justru dapat memicu kenaikan asam lambung.

Yogurt dianggap sebagai minuman untuk asam lambung karena pada proses fermentasi, protein tersebut sudah dipecah menjadi bentuk lebih sederhana sehingga tidak membutuhkan asam lambung untuk melakukan metabolisme.

Selain itu, Yogurt mengandung probiotik, bakteri 'baik' untuk meningkatkan kesehatan usus. Probiotik dapat mencegah pertumbuhan  dapat menghambat bakteri yang dapat mengiritasi usus dan lambung seperti H. pylori.

Selain itu, asam pada Yogurt asam laktat yang tidak akan menambah keadaan asam dalam lambung. Jika Anda kurang suka tekstur Yogurt yang kental, Anda bisa mencoba kefir.

Kefir dan Yogurt merupakan minuman untuk penderita asam lambung berasal dari fermentasi susu. Perbedaannya adalah, kefir difermentasi tanpa panas seperti Yogurt sehingga memiliki tekstur lebih cair dibandingkan Yogurt.

3. Air Kelapa Hijau

Air kelapa telah terbukti dalam penelitian sebagai rekomendasi minuman untuk asam lambung. Air kelapa kaya akan mineral Potasium. Potasium dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh yang mampu menymimbangkan kadar asam (pH) dalam lambung.

Segari lebih merekomendasikan air kelapa hijau sebagai minuman yang baik untuk asam lambung dibandingkan air kelapa biasa. Hal itu karena air kelapa hijau memiliki senyawa fenol selain elektrolit lebih tinggi dibanding air kelapa pada umumnya.

Senyawa fenol dapat bertindak sebagai antioksidan dan antibodi dalam tubuh yang membunuh bakteri penyebab penyakit lambung atau pemicu meningkatnya asam lambung.

4. Air Putih

Tidak dapat dipungkiri, air putih merupakan minuman untuk asam lambung terbaik dibandingkan minuman lainnya. Air putih tidak ditambahkan apapun sehingga memiliki pH normal (pH = 7), suhu, dan kandungan yang tidak akan memicu asam lambung naik.

Minum air panas dapat membantu menenangkan lambung, membantu pencernaan, dan mengurangi gejala GERD dari peningkatan refluks asam lambung. Seperti yang disebutkan disebutkan sebelumnya, air hangat mampu mengencerkan asam di perut, menjaga agar asam tidak naik ke kerongkongan.

Penelitian dari Tanaka tahun 2018 menemukan bahwa air alkali (air dengan pH diatas 7) dapat membantu menetralisasikan asam yang ada pada asam lambung sehingga cocok sebagai minuman untuk penderita asam lambung.

5. Jus Buah

Jus buah direkomendasikan sebagai minuman untuk asam lambung. Serat dalam buah bagus untuk menurunkan asam yang ada dalam lambung serta mencegah lonjakan refluks asam.

Jus seperti lidah buaya, wortel, melon, dan buah tinggi serat bagus menjadi minuman untuk asam lambung. Namun, Anda harus menghindari jus buah sitrus.

Buah sitrus seperti lemon, jeruk, atau jeruk nipis justru akan membuat lambung berada dalam keadaan asam.  Sehingga, hal tersebut memicu menurunkan sfingter esofagus bagian bawah dan menunda pengosongan lambung. Kondisi ini membuat lambung memberi sinyal untuk terus memproduksi asam lambung.

6. Teh Jahe

Rempah seperti Jahe telah diteliti bagus sebagai minuman untuk asam lambung. Jahe dapat membantu mengurangi gejala banyak keluhan gastrointestinal, termasuk: refluks asam, kembung, dan dispepsia.

Jahe meredakan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan pengosongan lambung. Tanpa penurunan tekanan ini, risiko kegagalan sfingter meningkat, memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke dalam pipa makanan.

Selain itu, memastikan perut seseorang kosong secara efektif dapat mengurangi jumlah asam lambung yang ada di saluran pencernaan bagian atas.

Minum minuman herbal untuk asam lambung seperti teh jahe dapat membantu memberikan sensasi hangat, efektif untuk menenangkan perut dan lambung. Apabila rasa jahe terlalu menyengat, Anda bisa meminum rebusan teh jahe bersama dengan madu.

Baca Juga: 9 Manfaat Jahe selain untuk Memasak tapi juga Kesehatan Tubuh

7. Susu Berbahan Dasar Kacang dan Biji

Susu berbahan dasar kacang atau biji seperti susu kacang kedelai, oat milk, dan susu nabati lainnya merupakan pilihan paling efektif sebagai minuman untuk penderita asam lambung.

Lemak dengan kadar tinggi dalam susu hewani memicu asam lambung untuk naik karena asam lambung berfungsi memecah lemak pada proses metabolisme. Kadar lemak rendah pada susu nabati menjadikannya sebagai rekomendasi minuman untuk asam lambung.

8. Smoothies

Smoothie adalah cara lain menggabungkan buah dan sayur yang bagus untuk asam lambung serta kaya akan nutrisi.  Saat membuat smoothie, sertakan buah dengan keasaman rendah sama dengan yang membuat jus ramah refluks, seperti pir atau semangka.

Tidak seperti jus dengan tekstur lebih encer, smoothies memiliki tekstur kental sehingga lebih mengenyangkan. Smoothie bisa dijadikan opsi untuk Anda yang ingin sarapan pagi mengenyangkan, aman untuk lambung, dan tetap bernutrisi.

Baca Juga: Mengenal 9 Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

9. Susu Rendah Lemak

Susu hewani seperti susu sapi mungkin sulit dicerna oleh sebagian orang. Susu murni dapat mengandung banyak lemak. Mengonsumsi susu sapi tinggi berlemak dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, dapat menyebabkan atau memperburuk gejala refluks.

Tinjauan yang sama menemukan bahwa lemak juga dapat mengurangi motilitas lambung, yang dapat menahan makanan berlemak tinggi di lambung lebih lama. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

Jika Anda memilih untuk minum susu hewani, pilihlah susu skim atau rendah lemak. Hal ini karena kadar lemak sudah dihilangkan dari susu sehingga dapat dikonsumsi sebagai minuman untuk asam lambung.

Demikian berbagai minuman untuk asam lambung. Selain menenangkan perut, minuman ini juga dapat menjaga agar asam lambung Anda tidak kambuh. Dapatkan berbagai minuman untuk asam lambung ini dengan mudah karena semua tersedia di Segari.