Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit - Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Pare sangat identik dengan rasa pahitnya yang khas. Namun, dibalik rasa pahitnya, pare menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat termasuk berbagai vitamin seperti A, C, E, B1, B2, B3, dan B9, berbagai mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, kandungan senyawa antioksidan seperti fenol, dan flavonoid, serta masih banyak nutrisi lainnya.

Sayangnya, cita rasa pahit dari pare kerap membuat orang enggan untuk memasak pare. Padahal dengan cara memasak yang tepat, Anda bisa mengurangi rasa pahitnya sehingga bisa diolah jadi menu santap yang lezat. Berikut cara dan tips memasak pare agar tidak pahit yang bisa Anda coba terapkan saat mengolah sayuran satu ini.

Baca juga: Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Kesegarannya Terjaga Lebih Lama

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

1. Bersihkan bagian tengah dari pare

Tips memasak pare agar tidak pahit yang pertama adalah dengan membuang bagian tengah dari pare. Bagian tengah dari pare yang berwarna putih ini sebaiknya benar-benar dikeruk hingga bersih agar bisa mengurangi cita rasa pahit khas pare.

2. Rendam pare dengan air garam

Setelah membersihkan bagian tengah pare, cara memasak pare agar tidak pahit selanjutnya adalah dengan merendam pare yang telah dipotong-potong dengan menggunakan air garam. Rendamlah pare selama 20 hingga 30 menit dengan air garam sambil sesekali diremas-remas untuk mengurangi rasa pahitnya. Setelah direndam, jangan lupa bilas pare dengan air bersih sebelum diolah jadi menu masakan.

3. Rendam pare dengan air gula

Alternatif cara memasak pare agar tidak pahit lainnya selain dengan menggunakan air garam adalah dengan menggunakan air gula. Tips satu ini tak berbeda dengan tips memasak pare agar tidak pahit sebelumnya yakni dengan merendam irisan pare dengan air gula, diperas sesekali dan kemudian dibilas air bersih sebelum dimasak.

4. Rebus pare terlebih dahulu

Setelah direndam baik menggunakan air garam atau air gula, cara memasak pare agar tidak pahit selanjutnya adalah merebus pare terlebih dahulu. Tak perlu rebus terlalu lama, cukup masukkan pare ke dalam air mendidih dan rebus selama sekitar 2 menit, sebelum kemudian langsung ditiriskan dan bilas dengan air bersih. Lalu, Anda bisa mengolah pare menjadi menu masakan yang Anda inginkan.

5. Rebus bersama Daun Jambu Biji

Jika Anda memiliki daun jambu biji, Anda bisa kombinasikan tips memasak pare agar tidak pahit sebelumnya dengan menambahkan daun jambu biji ke dalam rebusan air. Daun jambu biji dipercaya bisa menetralisir cita rasa pahit dari pare.

6. Masak Pare dengan Bumbu yang Memiliki Rasa Kuat

Tips dan cara memasak pare agar tidak pahit selanjutnya adalah dengan menggunakan resep yang tepat. Agar cita rasa pahit khas pare bisa berkurang dan ternetralisir, olah pare dengan bumbu-bumbu serta rempah dengan cita rasa yang kuat. Umumnya, banyak orang memilih untuk mengolah pare dengan cabai-cabaian sehingga rasa pahit pare bisa tersamarkan oleh cita rasa pedas.

Selain itu, Anda juga bisa memasak pare bersama bahan seperti ikan asin atau terasi yang memiliki rasa asin yang kuat sehingga bisa menyamarkan rasa pahit dari pare.

7. Pilih Pare yang Berkualitas

Meskipun sudah mengikuti berbagai tips dan cara memasak pare agar tidak pahit di atas, semua hal tersebut tidak akan memberikan hasil maksimal jika sejak awal Anda tidak menggunakan pare yang berkualitas. Agar tidak terlalu pahit, pilihlah pare yang masih mudah namun tidak terlalu muda dengan warna hijau yang masih segar. Jenis pare ini cenderung memiliki rasa tidak sepahit pare yang terlalu muda ataupun terlalu tua.

Baca juga: Tips Memasak Daging Agar Empuk dan Tak Alot

Dengan berbagai tips dan cara memasak pare agar tidak pahit di atas, kini Anda tak perlu lagi takut menjadikan pare sebagai sajian menu santap keluarga di rumah. Dapatkan pare berkualitas dan berbagai sayuran serta bahan memasak terbaik sekarang juga lewat aplikasi Segari dan selamat berkreasi dengan menu pare di dapur rumah Anda.