Buah-buahan merupakan bahan makanan yang kaya akan berbagai vitamin, serat, dan nutrisi-nutrisi baik lainnya yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah setiap hari. Apakah Anda termasuk yang sulit mengkonsumsi buah setiap hari karena sulit temukan waktu untuk berbelanja buah serta buah-buah yang Anda simpan di kulkas selalu membusuk dalam waktu cepat atau tak lagi lezat saat dikonsumsi? Jika ya, maka Anda tak perlu khawatir karena tak cuma mempermudah Anda untuk membeli buah-buahan segar secara online, kali ini Segari akan membagikan tips menyimpan buah di kulkas.

Agar tak cuma bisa lebih tahan lama, tapi juga terjaga nutrisi dan kelezatannya, memang dibutuhkan cara menyimpan buah di kulkas yang perlu Anda perhatikan. Berikut tips-tips menyimpan buah di kulkas paling mendasar untuk Anda perhatikan saat hendak simpan buah di kulkas:

Tips Menyimpan Buah di Kulkas

1. Hindari mencuci buah sebelum disimpan di kulkas

Tips menyimpan buah di kulkas yang pertama adalah dengan tidak mencuci buah-buahan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Banyak orang yang mengira mencuci bersih buah-buahan justru merupakan cara menyimpan buah di kulkas yang baik dan benar. Dengan mencuci buah, ada kemungkinan terdapat air tersisa di permukaan buah yang membuatnya lembab. Kelembaban merupakan salah satu faktor yang mampu mempercepat proses membusuknya buah.

Cara menyimpan buah di kulkas dalam keadaan bersih adalah cukup dengan mengusapnya dengan kain bersih kering. Namun, jika Anda terpaksa mencuci buah dengan air, pastikan untuk mengeringkan buah terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas.

2. Simpan buah di kulkas menggunakan wadah yang tepat

Menyimpan berbagai macam buah di kulkas tanpa membungkus tau menempatkannya di wadah terlebih dahulu bisa membuat permukaan luar buah rusak serta pada beberapa jenis buah, benturan dengan buah atau barang lainnya di kulkas bisa membuatnya bonyok.

Maka dari itu, tips menyimpan buah di kulkas selanjutnya adalah memasukkan buah-buahan ke dalam wadah tertentu sebelum disimpan di dalam kulkas. Gunakan wadah yang memiliki lubang untuk ventilasi udara. Tips menyimpan buah di kulkas satu ini akan membantu buah tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama saat disimpan di kulkas. Namun, jika buah yang akan disimpan di dalam kulkas sudah dalam keadaan dikupas atau buah potong, gunakan wadah tertutup yang kedap udara agar buah tidak mudah teroksidasi dan membusuk.

3. Sesuaikan temperatur kulkas sesuai dengan temperatur yang direkomendasikan untuk menyimpan buah di kulkas

Salah satu tips menyimpan buah di kulkas terpenting adalah perihal pengaturan temperatur dari kulkas atau lemari yang digunakan. Banyak yang beranggapan suhu yang sangat dingin bisa membantu buah untuk bisa tahan lebih lama. Padahal hal tersebut justru bisa merusak kualitas buah. Terdapat rentang temperatur dingin terbaik yang bisa menjaga buah untuk tetap segar di kulkas.

Temperatur yang disarankan untuk menyimpan buah dan sayuran di dalam lemari es atau kulkas adalah sekitar 0-10 derajat celcius. Khusus untuk buah beri-berian seperti strawberry, blueberry, raspberry, atau blackberry disarankan untuk disimpan di temperatur 0-4 derajat celcius. Tips menyimpan buah di lemari es satu ini adalah hal penting yang harus diperhatikan untuk pastikan usia buah yang disimpan menjadi lebih panjang.

4. Pisahkan buah-buahan dengan bahan lainnya saat disimpan di kulkas

Di dalam lemari es atau kulkas Anda tentu terdapat berbagai bahan makanan lainnya selain buah. Tips menyimpan buah di kulkas selanjutnya adalah dengan tidak menggabung penyimpanan buah dan sayur dengan produk daging-dagingan, ikan atau seafood, serta produk unggas dan sejenisnya. Penataan kulkas yang sembarangan dimana buah dan sayur dicampur dengan produk daging dan sejenisnya memungkinkan buah atau sayur terkontaminasi bakteri yang bisa merusak kualitas buah, bahkan mempercepat proses membusuknya buah.

5. Jangan simpan buah di dalam kulkas terlalu lama

Menyimpan buah di dalam kulkas atau lemari es memang sah-sah saja. Namun, untuk dapatkan kualitas dan cita rasa terbaik buah memang lebih baik disantap langsung dalam keadaan segar. Jika Anda harus menyimpan buah di kulkas, hindari menyimpan buah di kulkas terlalu lama.

Setiap buah memiliki daya tahan yang berbeda-beda saat disimpan di kulkas. Untuk buah seperti apel, buah ini bisa bertahan hingga 6 bulan di dalam kulkas dengan suhu 0-4 derajat celcius, sedangkan anggur hanya sekitar 6 minggu. Berbeda lagi dengan buah-buah dalam keadaan telah dikupas atau dipotong disarankan untuk tidak disimpan di kulkas lebih dari 2-3 hari. Perhatikan waktu penyimpanan. Untuk buah-buah yang memiliki daging lunak juga cenderung hanya bisa di simpan di kulkas beberapa hari saja.

Jadi, tips menyimpan buah di kulkas selanjutnya adalah dengan tidak menyimpan buah terlalu lama di kulkas. Belilah buah segar secukupnya untuk dikonsumsi dalam beberapa hari saja. Tak perlu takut kerepotan harus membeli buah lagi dalam waktu dekat karena dengan aplikasi Segari Anda bisa beli buah segar dengan mudah kapanpun.

6. Selalu jaga kebersihan dari kulkas Anda

Tips menyimpan buah di kulkas atau lemari es selanjutnya adalah dengan memastikan kebersihan dari kulkas atau lemari es Anda. Lakukan pembersihan kulkas secara menyeluruh setidaknya satu bulan sekali menggunakan cairan pembersih khusus agar tidak ada kuman dan bakteri yang tersisa di kulkas Anda.

Selain memastikan kebersihannya, hindari menyimpan terlalu banyak barang di kulkas karena kulkas yang terlalu penuh memiliki sirkulasi udara yang tidak maksimal sehingga justru bisa membuat buah atau bahan makanan lainnya di kulkas lebih cepat membusuk.

7. Tidak semua buah perlu dan harus disimpan di kulkas

Tak hanya harus mengetahui cara dan tips menyimpan buah di kulkas, Anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua buah harus disimpan di lemari es atau kulkas. Ada beberapa jenis buah yang bisa Anda simpan di lemari penyimpanan makanan, tidak di kulkas. Bahkan, ada pula buah yang justru akan menurun kualitasnya jika disimpan di kulkas.

Beberapa contohnya adalah buah alpukat yang justru akan melambat proses matangnya jika disimpan di kulkas, jeruk atau buah-buahan jenis citrus yang akan lebih lebih cepat mengering jika disimpan di kulkas, hingga buah pisang yang justru akan berubah jadi coklat dengan cepat jika disimpan di kulkas. Tentunya hal ini hanya berlaku jika buah-buah tersebut masih dalam keadaan utuh. Jika buah sudah terlanjur dikupas atau dipotong, maka buah tetap harus disimpan di kulkas.

Baca juga: Mengenal Ragam Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga

Simpan buah di kulkas memang jadi solusi paling praktis jika Anda membeli buah untuk tidak langsung dikonsumsi atau jika Anda membeli buah dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi dalam beberapa hari. Namun, jika tidak memperhatikan tips dan cara menyimpan buah di kulkas seperti yang telah diulas di atas, menyimpan buah di kulkas justru bisa merusak rasa dan nutrisi dari buah serta membuatnya lebih cepat membusuk.

Kini, Anda telah mengetahui tips-tips menyimpan buah di kulkas. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk berbelanja buah segar untuk konsumsi sehat sehari-hari keluarga Anda, bukan? Apalagi, lewat aplikasi Segari, berbagai macam buah segar favorit mulai dari Anggur Red Globe, Pepaya California, Apel Fuji, hingga Strawberry dan Buah Naga Merah bisa Anda beli dengan mudah secara online.