Anda termasuk penggemar menu-menu makanan berbahan dasar daging sapi? Ada banyak sekali menu santapan populer berbahan dasar daging sapi seperti rendang, empal, hingga semur daging. Salah satu kunci kelezatan dari ragam menu olahan daging tersebut adalah tekstur daging yang empuk dan tidak alot. Ada beberapa cara membuat daging empuk saat dimasak. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, teknik memasak, hingga cara memotong, menjadi beberapa kunci penting dalam membuat daging sapi menjadi empuk saat dimasak. Berikut tips dan cara membuat daging sapi empuk saat dimasak yang bisa Anda coba:

Baca juga: Tips Menyimpan Buah di Kulkas Agar Lebih Tahan Lama

Cara Membuat Daging Empuk

1. Bungkus Daging Menggunakan Daun Pepaya

Cara membuat daging empuk yang pertama adalah dengan membungkus daging dengan daun pepaya. Hal ini dikarenakan kandungan enzim papain yang dimiliki oleh daun pepaya bermanfaat untuk melunakkan daging. Cara membuat daging empuk menggunakan daun pepaya cukup mudah. Cukup bungkus daging menggunakan daun pepaya secara rapat dan diamkan selama sekitar 1 jam sebelum kemudian diolah menjadi menu masakan.

2. Marinasi Daging dengan Buah Nanas

Satu lagi bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara membuat daging sapi menjadi empuk, yakni nanas. Buah Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang berfungsi membuat bahan makanan seperti daging menjadi lebih lunak. Cara membuat daging empuk menggunakan nanas sangatlah mudah. Cukup parut buah nanas atau blender buah nanas lalus marinasi daging dengan buah nanas yang telah dihaluskan ini selama 15-20 menit sebelum kemudian dibilas dan diolah.

3. Potong Daging Berlawanan Serat

Tips membuat daging empuk selanjutnya adalah dengan memotong daging berlawanan dengan arah serat daging. Hal ini membuat serat pada daging menjadi lebih pendek sehingga lebih mudah terurai saat dimasak sehingga teksturnya menjadi lebih empuk.

Cara membuat daging empuk

4. Pukul-Pukul Daging

Salah satu cara membuat daging empuk yang cukup umum adalah dengan memukul-mukul daging sapi terlebih dahulu sebelum dimasak. Bahkan, terdapat alat khusus sebagai pemukul daging yang tak sulit untuk ditemukan di pasaran. Cukup gunakan alat pemukul yang permukaannya telah dirancang khusus ini untuk memukul-mukul permukaan daging agar tekstur daging jadi lebih lunak. Namun, hindari memukul-mukul daging terlalu kuat untuk menghindari tekstur daging menjadi rusak.

5. Rebus Daging Sapi Dengan Durasi yang Lama

Tips mengolah daging agar daging menjadi empuk selanjutnya adalah dengan merebus daging sapi terlebih dahulu dalam waktu yang lama. Cara membuat daging sapi menjadi empuk satu ini bisa Anda praktekkan dengan cara merebus daging sapi selama sekitar 20 menit dengan panci tertutup lalu diamkan selama 30 menit dalam keadaan panci masih tertutup. Lalu rebus kembali daging sapi selama 10 menit dengan menggunakan panci tertutup dan diamkan kembali selama 30 menit dalam keadaan panci juga masih tertutup. Setelah itu, daging bisa ditiriskan dan diolah menjadi menu masakan favorit Anda.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Bagian Potongan Daging Sapi

Itulah beberapa tips dan cara membuat daging sapi empuk dengan mudah dan praktis agar menu masakan daging Anda tidak terasa alot dan lezat. Selain dengan menerapkan tips-tips di atas, jangan lupa untuk pastikan daging sapi yang Anda gunakan juga dalam keadaan segar dan berkualitas. Untuk dapatkan daging sapi segar dan berkualitas dengan mudah, Anda bisa cek aplikasi Segari dan temukan berbagai olahan daging sapi untuk bahan memasak Anda di rumah!