Bagi Anda penggemar kuliner seafood, tentu menu olahan cumi masuk dalam salah satu menu favorit, bukan. Cumi bisa diolah menjadi ragam menu lezat mulai dari dibakar, ditumis, digoreng, hingga direbus jadi olahan berkuah. Meskipun terlihat mudah, ternyata cara memasak cumi tidak boleh sembarangan. Teknik memasak cumi yang tidak tepat bisa membuat tekstur cumi alot dan akhirnya membuat rasanya tidak selezat seharusnya.

Jika Anda kerap menghadapi permasalahan cumi yang alot saat memasak cumi, tak perlu khawatir karena ada beberapa tips memasak cumi agar tidak alot yang bisa Anda coba agar tekstur cumi tetap empuk dan tidak alot saat dimasak. Simak langkah-langkah dan cara memasak cumi agar tidak alot berikut:

Baca juga: Tips Menyimpan Buah di Kulkas Agar Tahan Lama

Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot

1. Perhatikan durasi memasak cumi

Salah satu kunci dari cara memasak cumi agar tidak alot adalah durasi Anda dalam memasak cumi. Cumi merupakan seafood yang tidak perlu dimasak dalam durasi yang lama. Terlalu lama memasak cumi justru bisa membuat tekstur cumi menjadi alot. Secara umum, tips memasak cumi agar tidak alot adalah dengan memasak cumi selama sekitar 2-3 menit saja. Jika Anda ingin memasak cumi lebih lama dari durasi tersebut, agar tekstur cumi kembali menjadi empuk, masaklah cumi selama 30 hingga 60 menit karena tekstur cumi yang alot akan kembali empuk setelah dimasak dalam durasi lama.

Untuk cumi yang digoreng, durasi maksimal dalam menggoreng cumi adalah 5 menit. Jika Anda menggoreng cumi lebih dari durasi tersebut maka cumi akan terasa lebih alot.

2. Marinasi cumi sebelum dimasak

Tips memasak cumi agar tidak alot selanjutnya adalah dengan marinasi cumi dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis terlebih dahulu sebelum dimasak. Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis umumnya digunakan untuk memarinasi seafood agar aroma amis seafood menghilang. Namun, ternyata hal ini juga menjadi salah satu cara memasak cumi agar tidak alot. Hal ini dikarenakan asam dari perasan jeruk lemon atau jeruk nipis mampu memecah tekstur alot dan kenyal dari cumi.

Untuk itu, sebelum memasak cumi, lumuri terlebih dahulu cumi dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis selama 20-30 menit. Selain air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, buah kiwi juga bisa digunakan sebagai penggantinya.

Cara masak cumi agar tidak alot

3. Pastikan cumi berada di suhu kamar sebelum dimasak

Pada saat proses marinasi atau saat cumi belum hendak diolah, cumi pasti disimpan di dalam lemari pendingin atau kulkas agar kesegaran cumi tetap terjaga. Namun, jika Anda langsung mengolah cumi yang baru saja dikeluarkan dari kulkas, hal ini bisa membuat kematangan dari cumi menjadi tidak maksimal serta berpotensi berikan tekstur alot pada cumi.

Maka dari itu, cara memasak cumi agar tidak alot selanjutnya adalah dengan membiarkan cumi di suhu ruangan terlebih dahulu hingga cumi tidak dingin bahkan beku saat dimasak. Saat didiamkan di suhu ruangan, cumi bisa saja menjadi basah dan berair. Lap air ini dengan tissue dan pastikan cumi tidak terlalu basah saat hendak dimasak karena hal tersebut juga bisa membuat cumi menjadi alot.

4. Gunakan cumi yang masih segar dan berkualitas

Tips memasak cumi agar tidak alot yang terakhir adalah dengan memastikan cumi yang Anda gunakan masih segar dan berkualitas. Tentunya kesegaran dari bahan masakan menjadi tips paling mendasar untuk bisa dapatkan cita rasa terbaik. Untuk bisa mendapatkan cumi dengan kesegaran dan kualitas yang terbaik Anda tak perlu bingung karena berbagai seafood dengan kualitas kesegaran terbaik bisa Anda beli lewat aplikasi Segari dengan mudah dan praktis. Berbagai seafood mulai dari berbagai jenis ikan, udang, hingga cumi tersedia untuk penuhi kebutuhan memasak sehari-hari Anda.

Baca juga: Tips & Cara Memasak Daging Agar Empuk

Itulah beberapa tips dan cara masak cumi agar tidak alot paling mendasar untuk diperhatikan saat memasak cumi agar dapatkan tekstur empuk dan lezat. Selamat mencoba!

Rekomendasi resep berbahan dasar cumi: