Wortel (Daucus Carota .L) adalah salah satu sayuran yang populer digunakan dalam masakan di Indonesia. Wortel sering disajikan dalam sop, acar, maupun cake karena rasanya yang manis serta memberikan warna yang menarik pada makanan. Namun, dibalik rasa dan warnanya yang menarik, ada banyak sekali manfaat wortel yang luar biasa untuk kesehatan.

Salah satu manfaat dari wortel adalah bagus untuk kesehatan mata karena kandungan beta karoten yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Tapi, apa manfaat wortel hanya itu saja? Segari kali ini akan membahas berbagai manfaat wortel dan khasiatnya yang membuatnya baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Melindungi Kesehatan Penglihatan Mata

Manfaat wortel yang sangat populer diketahui oleh masyarakat adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mata. Wortel kaya akan beta karoten dimana senyawa tersebut diubah tubuh menjadi vitamin A.

Vitamin A dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, kehilangan penglihatan, dan rabun senja. Selain itu wortel juga mendukung kesehatan kornea dari mata.

Khasiat wortel akan terasa apabila dikonsumsi setiap hari. Dikutip dari Wellfit, wortel direkomendasikan untuk dikonsumsi sebanyak 1/2 cangkir karena mengandung 51% asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Vitamin A dalam wortel juga sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, Manfaat jus wortel yang dikonsumsi setiap hari terbukti dapat menjaga kekebalan tubuh.

Hal ini karena vitamin A membantu mendukung sel-T, yaitu sel darah putih yang membantu sistem kekebalan tubuh. Sehingga, sistem kekebalan yang diperkuat memberi tubuh kesempatan melawan infeksi penyakit dengan lebih baik.

3. Menjaga Kecantikan Kulit

Sebuah tinjauan tahun 2012 menemukan bahwa manfaat jus wortel yang dikonsumsi setiap hari dapat membuat kulit lebih sehat dan cantik. Beta karoten yang terdapat dalam wortel mempunyai manfaat untuk dapat membantu mempertahankan kulit dari kerusakan akibat radiasi UV.

Baca Juga: 9 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Wortel adalah makanan berserat tinggi, mengandung 3,58 gram serat per satu cangkir wortel mentah. Serat menjadi salah satu manfaat wortel untuk pencernaan karena serat dapat membantu sistem metabolisme. Hal ini membuat wortel bermanfaat untuk memperlancar buang air besar secara teratur serta membersihkan sisa-sisa pencernaan.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat wortel lainnya yang di dapat dari tingginya kandungan serat pada wortel adalah menjadi menu pilihan untuk diet menurunkan berat badan. Hal tersebut karena serat dari wortel akan membuat perut cepat kenyang tanpa menambahkan terlalu banyak kalori.

6. Membantu Mengontrol Gula Darah

Wortel memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. Indeks glikemik adalah persentase jumlah kemampuan gula dari makanan tersebut dapat terserap dalam tubuh.

Mengontrol kadar gula darah dan mencegah lonjakan dengan mengonsumsi makanan rendah glikemik adalah salah satu khasiat wortel. Hal ini penting bagi semua orang terutama bagi penderita diabetes.

Perbedaaan cara memasak juga mempengaruhi juga mempengaruhi manfaat wortel dalam menurunkan kadar gula darah. Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi wortel mentah dibandingkan dimasak.

Wortel yang dimasak diberi peringkat sekitar 39 pada indeks glikemik, sedangkan makanan seperti roti, kentang, atau makanan ringan seperti kerupuk memiliki indeks GI 70 atau lebih tinggi. Wortel biasanya tidak menyebabkan kenaikan gula darah, menjadikannya pilihan yang bagus untuk makanan ringan atau lauk pauk.

Manfaat wortel mentah bahkan akan lebih bisa dirasakan karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah indeks glikemiknya daripada wortel yang dimasak. Oleh sebab itu, manfaat jus wortel mentah jauh lebih baik untuk penderita diabetes.

Juga, jika Anda akan memasak wortel, perhatikan apa bahan yang tambahkan. Misalnya, tambahan gula dan madu juga memperbesar indeks glikemik wortel.

7. Membantu Menurunkan Kolesterol

Meskipun sayuran merupakan makanan sehat, beberapa sayuran justru tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung karbohidrat namun minim serat atau biasa disebut sayuran bertepung. Misalnya, kentang, jagung, labu, dan lainnya.

Jika Anda penderita kolesterol, Anda harus menghindari sayuran bertepung tersebut karena karbohidrat yang diserap justru menjadi kolesterol dalam tubuh. Sayuran non-tepung yang lebih tinggi serat seperti wortel lebih direkomendasikan untuk Anda.

Wortel terbukti dapat menyehatkan jantung. Wortel sangat kaya akan serat larut sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Serat akan mengikat kolesterol pada tahap metabolisme sehingga mengurangi penyerapan dalam tubuh dan tidak memberikan tambahan karbohidrat yang bisa diubah menjadi kolesterol.

8. Sumber Antioksidan Tinggi

Wortel diteliti memiliki kadar senyawa Antioksidan yang tinggi. Manfaat dari wortel adalah mampu melawan radikal bebas karena tinggi senyawa Antioksidan ini.

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang mengakibatkan masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan kanker. Oleh karena itu, rutin mengkonsumsi makanan seperti wortel yang kaya akan antioksidan dapat membantu melindungi dari penyakit dan menjaga kesehatan.

9. Melawan Peradangan (Inflamasi)

Sementara wortel oranye adalah yang paling populer, Anda juga bisa menemukan wortel merah, kuning, ungu, dan putih. Dari semua warna, wortel ungu paling banyak mengandung senyawa yang disebut anthocyanin.

Antosianin adalah karotenoid, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain melawan radikal bebas, senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Memerangi peradangan sangat penting, karena peradangan kronis berkontribusi pada penyakit seperti penyakit jantung, alzheimer, dan radang sendi.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Wortel mengandung beberapa fitokimia dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Polifenol dalam wortel telah terbukti meningkatkan sekresi empedu, yang menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.3

Serat dalam wortel juga membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, wortel mengandung sekitar 9% dari 4.700 mg asupan potasium yang direkomendasikan. Kalium dikenal dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

Baca Juga: Mengenal 9 Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

11. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Sebuah studi yang mengevaluasi tingkat kehilangan gigi pada populasi lansia Jepang dengan gangguan kognitif menemukan bahwa asupan beta karoten yang lebih tinggi melalui wortel dan sayuran lain seperti acar sayuran berdaun hijau, selada mentah/kubis, sayuran berdaun hijau, labu, dan kol Cina menunjukkan efek perlindungan terhadap masalah gigi.

Meskipun demikian, mengkonsumsi sayuran dengan beta karoten tidak boleh menggantikan kebersihan mulut yang benar. Anda harus tetap menjaga kesehatan gigi dengan menjaga agar makan makanan manis secukupnya, menyikat gigi teratur, serta flossing dan berkumur dengan mouthwash secara teratur.

12. Mencegah Penurunan Daya Ingat

Studi yang sama dengan manfaat wortel sebelumnya juga menemukan dalam menjaga kesehatan gigi juga mengaitkan pola diet ini dengan manfaat kognitif. Asupan wortel yang lebih tinggi terbukti memberikan dampak besar dalam mengurangi risiko demensia atau disebut juga sebagai pikun.

Makan wortel mentah dan matang sebagai bagian dari kebiasaan makan sehat secara keseluruhan adalah cara proaktif untuk ingatan tetap tajam seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, manfaat jus wortel juga dapat dikatakan sebagai memperkuat daya ingat.

13. Mengurangi Risiko Kanker

Vitamin A dalam wortel memiliki manfaat melindungi DNA dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker. Wortel memiliki banyak warna seperti kuning, oranye, merah, dan ungu.  Masing-masing warna tersebut berasal dari zat pigmen yang juga dapat memberikan jenis antioksidan yang berbeda-beda.

Wortel oranye mengandung beta karoten tinggi, wortel kuning mengandung lutein, wortel merah mengandung likopen, dan wortel ungu mengandung antosianin. Ekstrak wortel ungu telah terbukti melindungi sel usus besar terhadap kerusakan DNA oksidatif hingga lebih dari 20%.Antioksidan dalam wortel berwarna berbeda bekerja di seluruh tubuh untuk membantu mencegah kanker.

Demikian berbagai manfaat wortel yang telah ditemukan dari penelitian. Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat wortel akan dirasakan oleh seluruh bagian tubuh. Yuk jadikan kebiasaan minum jus wortel setiap hari dan dapatkan wortel segar berkualitas serta sayuran segar lainnya dengan mudah di aplikasi Segari.