Susu kedelai adalah salah satu pilihan populer pengganti susu hewani seperti sapi. Tetapi, manfaat susu kedelai sangat banyak sehingga bukan hanya menjadi bahan pengganti saja.

Susu kedelai bisa menjadi tambahan yang bermanfaat untuk Anda dan keluarga konsumsi setiap harinya. Bahkan, ada beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil sehingga menjadikan susu kedelai wajib dimasukkan ke dalam diet pada masa kehamilan.

Lalu, apa manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh, termasuk ibu hamil? Yuk, baca selanjutnya artikel terkait 15 khasiat susu kedelai.

Manfaat Minum Susu Kacang Kedelai

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Membantu proses diet penurunan berat badan menjadi salah satu manfaat minum susu kedelai yang menggiurkan. Susu kedelai kaya serat yang memiliki efek cukup besar pada kadar kolesterol baik.

Manfaat susu kedelai adalah susu ini dikenal dapat membantu mengatasi obesitas serta tekanan darah tinggi. Manfaat minum susu kedelai dengan diet rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan sambil mempertahankan massa otot.

Susu kedelai secara alami juga memiliki kandungan gula lebih rendah dibandingkan susu biasa. Susu sapi mengandung sekitar 12 gram gula per cangkir dibandingkan dengan hanya 7 gram dalam susu kedelai.

Susu kedelai murni hanya memiliki 80 kalori, sehingga mendukung manfaat susu kedelai sebagai sumber nutrisi diet. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak usus.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Kedelai adalah produk yang meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal tersebut menyebabkan manfaat minum susu kedelai bagus untuk mencegah penyakit jantung. Susu kedelai memiliki protein sehat yang mempengaruhi penurunan kandungan lemak jahat dalam meningkatkan sistem metabolisme terhadap lemak. Sehingga, mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat susu kedelai juga dapat membantu mendukung sistem aliran darah jantung karena merupakan sumber Potasium dan Kalium. Kedua mineral ini sangat berperan dalam mempertahankan tekanan darah rendah serta menjaga denyut nadi agar teratur.

3. Menyembuhkan Masalah Kulit

Jika Anda sering mengalami masalah kulit, cobalah minum susu kedelai.  Manfaat susu kedelai untuk kulit salah satunya adalah mencegah hiperpigmentasi (kondisi penggelapan kulit) yang sering terjadi akibat sinar matahari terlalu lama.

Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa senyawa antioksidan seperti isoflavon yang ditemukan dalam kedelai memiliki sifat anti-penuaan. Sehingga, khasiat minum susu kedelai ini membuat Anda awet muda.

4. Pertumbuhan Rambut Lebih Baik

Manfaat susu kacang kedelai selain untuk kecantikan kulit juga bagus untuk rambut. Susu kedelai, jika dikombinasikan dengan diet kaya protein dapat memberikan dampak yang baik pada rambut.

Manfaat susu kedelai yang dikonsumsi secara rutin dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih baik untuk memperbaiki penampilannya. Hal tersebut menurut penelitian karena pada susu kacang kedelai terdapat senyawa penghambat enzim serin protease.

Terlalu banyak enzim serin protease dapat menyebabkan folikel rambut sulit untuk menumbuhkan batang rambut yang baru. Senyawa penghambat enzim protease serin ini juga mampu menjaga kelembaban rambut. Sehingga, rambut menjadi lebih lembut, tidak memiliki rambut keriting kusut, serta mudah diatur.

5. Tulang Menjadi Lebih Kuat

Manfaat susu kedelai ini tidak perlu dijelaskan lagi. Susu kedelai kaya akan Kalsium, sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Kandungan Kalsium tinggi meningkatkan kesehatan tulang dengan membuatnya lebih kuat. Selain itu, manfaat susu kedelai juga menjaga struktur tulang tetap utuh, sehingga mengurangi risiko patah tulang.

6. Pemulihan Setelah Olahraga

Kegiatan olahraga akan membuat tubuh akan kehilangan sebagian lemak dan membakar sebagian kalori. Manfaat minum susu kacang kedelai dapat membantu pemulihan karena adanya Riboflavin dalam susu kedelai dapat membantu memulihkan semua energi.

Baca Juga: 9 Tips & Cara Mengecilkan Perut Secara Alami yang Mudah & Efektif

7. Antidepresan

Manfaat susu kedelai bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental. Susu kedelai dapat meningkatkan mood. Hal itu karena susu kedelai memiliki vitamin serta mineral yang telah terbukti bagus sebagai antidepresan.

Vitamin B6 dan Vitamin B kompleks yang bermanfaat dalam meningkatkan mood. Selain itu, susu kedelai kaya akan magnesium dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh yang berfungsi sebagai antidepresan untuk pikiran Anda.

8. Memelihara Kesehatan Otak

Susu kedelai kaya akan asam lemak omega-3. Omega 3 merupakan lemak “sehat” tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit Alzheimer.

Oleh sebab itu, manfaat minum susu kedelai sangat bagus untuk menjaga agar tidak mudah lupa. Susu kedelai masih dipelajari untuk pengaruhnya terhadap penyakit Alzheimer ini, tetapi kedelai secara umum adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 non-hewani terbaik berfungsi bagus untuk meningkatkan daya ingat.

9. Mengurangi Gejala Menopause

Isoflavon merupakan sumber antioksidan yang membuat manfaat susu kedelai juga baik untuk kesehatan reproduksi wanita.. Isoflavon ini bereaksi di dalam tubuh seperti bentuk estrogen.

Karena itu, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu kedelai dan produk kedelai lainnya dapat membantu mengurangi gejala menopause, seperti hot flashes. Hot flashes sendiri adalah tanda menopause dimana bagian tubuh seperti leher terasa hangat dan berkeringat banyak.

10. Memperkuat Integritas Pembuluh Darah

Asam lemak omega-3 dan omega-6 serta phyto-antioksidan kuat dalam kedelai dapat secara efektif melindungi pembuluh darah Anda dari luka dan pendarahan. Senyawa ini mempunyai manfaat mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan Anda dari serangan radikal bebas dan endapan kolesterol.

Manfaat minum susu kedelai secara rutin adalah dapat meningkatkan pengikatan nutrisi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah Anda sehingga jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

Baca Juga: 9 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

11. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber fitoestrogen. Fitoestrogen adalah senyawa menyerupai hormon estrogen banyak ditemukan di kacang dan biji-bijian.

Senyawa mirip hormon tumbuhan ini dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Penelitian menemukan bahwa manfaat susu kedelai dapat membantu untuk penurunan kadar testosteron sehingga mengurangi risiko kanker prostat.

12. Menjaga Kesehatan Sel Saraf dan DNA

Manfaat susu kedelai lainnya adalah dapat sebagai sumber nutrisi terutama vitamin, mineral, dan antioksidan.Vitamin B yang ditemukan dalam susu kedelai penting untuk membantu tubuh mempertahankan kesehatan sel saraf dan DNA.

Susu kedelai juga membantu tubuh mendapatkan manfaat kesehatan lebih dari banyak vitamin B kompleks dan berfungsi sebagai sumber riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B12 yang sangat kaya. Manfaat vitamin B12 dalam diet Anda membantu sel  menghasilkan DNA, membantu fungsi sel darah merah dan juga menjaga kesehatan saraf.

Minum satu gelas susu kedelai bermanfaat untuk menyediakan 2,7 mikrogram vitamin B12, lebih dari 2,4 mikrogram yang dibutuhkan setiap hari. Manfaat Riboflavin dalam susu kedelai akan membantu sel menghasilkan energi dan melindungi DNA dari kerusakan.

13. Menjaga Keseimbangan Hormon

Fitoestrogen dan isoflavon dalam susu kedelai melakukan fungsi dalam tubuh manusia mirip dengan hormon estrogen. Manfaat dari fitoestrogen ini sangat bagus dalam menjaga keseimbangan sekresi hormon sehingga tidak ada hormon yang dapat menyebabkan penyakit.

14. Pengganti Susu untuk Penderita Lactose Intolerant

Tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu sapi atau biasa disebut sebagai lactose intolerant (intoleransi laktosa). Hal itu karena terdapat salah satu kandungan di susu sapi yaitu Laktosa yang tidak bisa dicerna oleh tubuh beberapa orang.

Laktosa adalah gula yang terkandung dalam susu hewani misalnya susu sapi dicerna menggunakan enzim Laktase dimana pada orang lactose intolerant produksi enzim tersebut kurang. Salah satu tanda Anda merupakan lactose intolerant adalah terjadinya diare serta sakit perut sehabis minum susu sapi.

Akibat tidak bisa minum susu sapi, kurangnya penyerapan nutrisi untuk tulang seperti Kalsium. Manfaat susu kedelai adalah sebagai alternatif sumber Kalsium untuk penderita lactose intolerant.

15.  Bagus Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Menurut Healthline, Susu kedelai merupakan sumber kalsium dan protein yang baik dan harus menjadi bagian dari makanan ibu hamil. Hormon yang tidak stabil dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti penyerapan kalsium kurang terjadi pada ibu hamil.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi nutrisi yang lebih untuk ibu dan janinnya. Minum susu kedelai dapat menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan dalam jumlah lebih oleh ibu hamil.

Demikian berbagai manfaat susu kedelai yang wajib Anda sertakan dalam diet Anda. Segera berbelanja di Segari untuk semakin mudah mendapatkan susu kedelai dan susu alternatif lainnya dengan berkualitas pilihan agar kesehatan diri.