Daun pepaya identik dengan rasa pahit langu ketika disantap. Padahal, manfaat daun pepaya sangat banyak, sehingga telah dipercaya sebagai pengobatan sejak dulu.

Sejak zaman nenek moyang dulu, manfaat daun pepaya untuk kesehatan telah digunakan untuk berbagai pengobatan penyakit. Air rebusan daun pepaya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit misalnya untuk pengobatan malaria apalagi virus demam berdarah.

Apakah manfaat daun pepaya benar-benar terbukti untuk kesehatan? Simak selanjutnya berbagai khasiat daun kesehatan yang sudah terbukti penelitiannya.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

1. Mengobati Demam Berdarah (DBD)

Obat umum yang dianjurkan oleh semua penderita demam berdarah adalah air rebusan daun pepaya. Demam berdarah sendiri adalah penyakit disebabkan oleh nyamuk Aedes terinfeksi virus lalu menularkan penyakit ini ke dalam darah.

Demam berdarah sangat berbahaya karena dapat menurunkan jumlah trombosit darah, hingga menyebabkan kematian. Manfaat rebusan daun pepaya diketahui dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Penelitian oleh Gadwal pada tahun 2016 menemukan bahwa Mengkonsumsi 25 mL air rebusan daun pepaya sebanyak dua kali sehari dapat meningkatkan jumlah trombosit . Selain itu, manfaat daun pepaya juga diketahui mengurangi infeksi akibat virus DBD semakin parah.

2. Mengobati Penyakit Malaria

Manfaat daun pepaya juga dikenal ampuh menyembuhkan malaria. Daun pepaya memiliki sifat anti malaria yang kuat dari senyawa acetogenin. Acetogenin diketahui ampuh dapat membantu mencegah penyakit berbahaya seperti malaria juga demam berdarah.

Selain itu, khasiat daun pepaya untuk malaria ini karena berhubungan dengan plasmodium penyebab malaria. Manfaat rebusan daun pepaya diketahui dapat memperlambat tingkat pertumbuhan Plasmodium dalam tubuh.

3. Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat daun pepaya juga berfungsi sebagai agen pembersih organ hati yang manjur. Sehingga, menyembuhkan banyak penyakit hati kronis, penyakit kuning, serta sirosis hati.

Tingginya mineral beserta antioksidan dalam membuat manfaat daun pepaya efektif dalam menjaga kesehatan. Daun pepaya memiliki potensi sebagai hepatoprotektor (pelindung organ hati) karena tinggi akan kandungan antioksidan antara lain adalah alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, triterpenoid, serta vitamin E.

4. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Enzim papain ditambah chymopapain merupakan penyumbang terbesar dalam memberi manfaat daun pepaya untuk kesehatan pencernaan. Kedua enzim telah terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit, juga membersihkan usus besar.

Papain juga telah teruji klinis mampu membantu menyembuhkan dengan mencegah sakit maag timbul. Selain itu, daun pepaya juga kaya akan protease dan amilase.

Enzim ini membantu memecah protein, karbohidrat sehingga membantu pencernaan. Sehingga, manfaat rebusan daun pepaya dipercaya dapat membuat pencernaan lebih lancar serta sehat.

Sifat anti-inflamasi dalam daun pepaya memiliki khasiat tinggi mengurangi peradangan lambung juga usus besar. Manfaat air rebusan daun pepaya juga dapat menyembuhkan tukak lambung dengan membunuh bakteri H. Pylori karena sifat antimikrobanya.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jus daun pepaya juga dapat memberikan keajaiban bagi penderita diabetes, karena mengatur produksi insulin, yang pada gilirannya memeriksa kadar gula darah. Sifat antioksidan kuat dalam daun pepaya juga membantu menurunkan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal akibat penumpukan lemak hati.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit si “Rempah Emas”

6. Menyembuhkan Nyeri Menstruasi

Kram menstruasi diketahui sering terjadi di sebagian besar perempuan. Manfaat daun pepaya diketahui dapat menyembuhkan kram menstruasi yang biasanya terasa sangat menyiksa akibat nyeri perut bagian bawah selama menstruasi.

Manfaat air rebusan daun pepaya bekerja sangat baik untuk memperlancar aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit. Daun pepaya juga menurunkan gejala PMS.

PMS (Premenstrual Syndrome) adalah serangkai gejala seperti sakit perut, sakit pada badan, perubahan pola makan, bahkan hingga pingsan yang dirasakan oleh wanita sebelum datang bulan atau menstruasi.

Khasiat daun pepaya ini dapat membantu penyembuhan PMS dengan menyeimbangkan hormon dengan mengatur siklus menstruasi. Biasanya, Anda bisa mencoba ramuan ini untuk mengobati nyeri haid dengan merebus satu lembar daun pepaya, sejumput garam dan asam jawa, campur semuanya dalam segelas air dan didihkan. Campuran ini akan sangat meringankan rasa sakit dan nyeri menstruasi.

7. Membantu Mengobati Masalah Kulit

Manfaat daun pepaya selain untuk pengobatan dalam juga bagus untuk kesehatan luar seperti kulit. Daun pepaya memiliki kandungan kaya akan vitamin C dan A, sehingga meningkatkan kesehatan kulit, membuat kulit  lebih sehat serta tampak bercahaya.

Menangkal aktivitas radikal bebas juga diketahui merupakan salah satu manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Kehadiran senyawa karpain dalam daun pepaya terbukti dapat menjaga pertumbuhan mikroorganisme berlebih yang menyebabkan jerawat.

Selain itu, manfaat rebusan daun pepaya diteliti dapat membersihkan kulit Anda dari racun, memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti flek hitam, dan menghilangkan bintik-bintik dan jerawat perawatan kulit karena Jus daun pepaya karena kandungan kaya akan vitamin C dan A ini.

8. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Daun pepaya juga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, serta penipisan rambut.Manfaat daun pepaya ini adalah bahan penting yang sudah sering digunakan dalam sampo anti ketombe.

Senyawa karpain dalam daun pepaya diketahui sangat memberi manfaat dalam mengurangi minyak dan pertumbuhan mikroorganisme penyebab jamur. Komponen alkaloid ini efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala Anda. Sehingga, manfaat daun pepaya berfungsi sebagai kondisioner alami dan mengembalikan kilau pada rambut Anda.

9. Mengurangi Risiko Terjangkit Penyakit Kanker

Acetoginin adalah zat yang berperan besar dalam memberi manfaat daun pepaya sebagai antikanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, enzim dalam daun pepaya dapat melawan hampir semua sel kanker. Beberapa peneliti telah menemukan Acetogenin dapat menyembuhkan kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Selain itu, sifat anti-inflamasi daun pepaya juga dapat membantu mengurangi peradangan serta efek samping dari kemoterapi penyembuhan kanker.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih yang Wajib Anda Ketahui

10. Memiliki Efek Anti Inflamasi dan Pereda Rasa Sakit

Beberapa penelitian juga menemukan manfaat daun pepaya serta bijinya mampu memberi manfaat sebagai anti radang atau anti inflamasi. Penelitian menunjukkan efek antiinflamasi kuat terdapat dalam daun pepaya karena adanya polifenol, saponin, dan alkaloid.

Ketiga senyawa tersebut merupakan analgesik alami dan agen antinociceptive atau pereda rasa sakit. Senyawa ini juga memberi manfaat dengan bekerja langsung pada SSP (sistem saraf pusat) sehingga dapat memblokir transmisi bahan kimia pemicu rasa sakit dan proinflamasi, seperti histamin, serotonin, dan prostaglandin, mengurangi rasa sakit dan keparahan peradangan.

Manfaat air rebusan daun pepaya yang diminum setiap hari dapat membantu dalam pengobatan sejumlah kondisi penyakit. Misalnya, radang sendi, diabetes tipe 2, asma, penyakit iritasi usus, periodontitis, ISK, tukak lambung, luka akut serta bengkak, luka bakar, bronkitis, radang paru-paru, mulas, penyakit kardiovaskular, sirosis, tendonitis, kram menstruasi, migrain, serta sakit kepala.

Banyak sekali bukan manfaat daun pepaya untuk kesehatan? Sayangnya, mendapatkan daun pepaya segar sedikit sulit kecuali Anda mempunyai pohon pepaya di rumah. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan daun pepaya segar dengan membelinya langsung di aplikasi Segari. Membelinya mudah, cepat, pastinya kesegarannya terjamin.