Indonesia sudah dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan budaya, termasuk dalam hal kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, Anda bisa menemukan ragam kuliner khas yang berbeda-beda dan unik dari setiap daerah di Indonesia. Tak jarang juga makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia tersebut dikenal dan digemari hingga ke berbagai daerah lain di Indonesia, bahkan di dunia! Berikut adalah beberapa makanan khas Indonesia yang popularitasnya telah mendunia:

Baca juga: Mencicipi Ragam Sajian Sate Khas di Indonesia

Kuliner Indonesia yang Mendunia

1. Rendang

Makanan Khas Indonesia - Rendang Daging | Sumber gambar: Pixabay

Siapa yang tak kenal Rendang? Makanan khas Indonesia asal Minang ini bisa ditemukan hampir semua daerah di Indonesia, khususnya di rumah makan-rumah makan Padang. Olahan daging yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan ini beberapa kali dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia oleh beberapa media. Tak heran rasanya karena proses pembuatan makanan khas Indonesia satu ini terbilang panjang dan menggunakan sangat banyak bumbu rempah khas Nusantara.

Cek resep Rendang Daging ala Segari di sini

2. Nasi Goreng

Makanan Khas Indonesia - Nasi Goreng | Sumber gambar: Pixabay

Jika bertanya kepada orang luar negeri mengenai apa makanan khas Indonesia yang mereka tahu, sebagian besar akan menyebutkan menu kuliner khas Indonesia satu ini. Sajian Nasi Goreng di Indonesia bisa ditemukan di berbagai daerah baik dijajakan oleh pedagang gerobakan hingga di restoran mewah dan berbintang. Menu makanan khas Indonesia ini juga memiliki banyak variasi resep dan olahan mulai dari Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Gila, Nasi Goreng Mawut, hingga berbagai varian menu Nasi Goreng lainnya.

Cek resep Nasi Goreng Spesial ala Segari di sini

3. Sate

Makanan Khas Indonesia - Sate Padang

Jika di Amerika terdapat menu BBQ, di Indonesia memiliki versi kearifan lokal-nya, yakni Sate. Sama halnya seperti menu makanan khas Indonesia sebelumnya, sajian sate bisa ditemukan di berbagai daerah, mulai dijajakan di warung-warung hingga restoran berbintang. Uniknya lagi, di beberapa daerah di Indonesia Anda juga bisa menemukan sajian sate khas yang unik dan berbeda, seperti Sate Padang khas Minang, Sate Klatak khas Yogyakarta, Sate Lilit khas Bali, hingga berbagai menu sate lainnya.

Cek resep Sate Ayam bumbu Kacang khas Madura di sini

4. Soto

Makanan Khas Indonesia - Soto Banjar

Seperti kuliner khas Indonesia sebelumnya, Soto juga merupakan makanan Indonesia yang memiliki variasi dan keunikan yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Sebut saja Soto Betawi, Soto Lamongan, hingga Coto Makassar, adalah ragam varian sajian soto khas yang ada di Indonesia. Makanan khas Indonesia satu ini merupakan makanan berkuah gurih kaya akan rempah yang terkadang menggunakan santan, namun ada pula yang dibuat tanpa santan. Untuk isian, makanan khas Indonesia ini memiliki banyak juga variasi mulai dari suwiran daging ayam, potongan daging sapi, hingga tetelan, babat, ataupun kambing bisa dijadikan sebagai isian dari menu kuliner Indonesia ini.

Cek resep Soto Ayam Kuah Bening ala Segari di sini

5. Tempe

Makanan Khas Indonesia - Tempe Goreng

Kuliner Khas Indonesia selanjutnya ini berbeda dari makanan-makanan khas Indonesia lain dalam daftar ini karena kuliner ini merupakan bahan makanan. Tempe adalah salah satu bahan makan asli Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bahan makanan asli Indonesia ini jadi salah satu bahan makanan wajib dan populer bagi masyarakat Indonesia yang bisa diolah menjadi ragam makanan lezat seperti Tempe Mendoan, Tempe Orek, ataupun Kering Tempe.

6. Bakso

Makanan Khas Indonesia - Bakso | Sumber gambar: Wikimedia

Bakso merupakan salah satu kuliner kaki lima paling populer di Indonesia. Bahkan, ketika Barrack Obama mengunjungi Indonesia saat menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Bakso menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang ia ingat kala menghabiskan masa kecilnya di Indonesia dan sebut dalam pidatonya. Umumnya terbuat dari daging sapi, makanan khas Indonesia ini disajikan bersama kuah gurih lengkap dengan mie kuning, bihun, tahu, dan berbagai bahan pelengkap lainnya.

Cek resep Bakso Sapi ala Segari di sini

7. Nasi Padang

Makanan Indonesia yang mendunia selanjutnya ini bukanlah satu menu makanan saja melainkan beragam menu makanan khas Minang termasuk rendang, ayam pop, dendeng batokok, sambal ijo, dan berbagai lauk lainnya yang disajikan bersama nasi putih, dikenal dengan nama Nasi Padang. Sesuai dengan namanya, kuliner khas Indonesia ini berasal dari Sumatera Barat. Namun, karena banyak digemari, Kuliner asli Indonesia ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia, termasuk di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

8. Gado-gado

Kuliner khas Indonesia yang mendunia selanjutnya berasal dari Jakarta. Kerap disebut sebagai salad-nya Indonesia, Gado-gado adalah campuran berbagai jenis sayuran yang direbus, dicampur dan disajikan dengan saus kacang. Selain sayur-sayuran, makanan khas Indonesia ini juga kerap dihidangkan bersama potongan lontong, tahu dan tempe goreng, hingga telur rebus.

Cek resep Gado-Gado ala Segari di sini

9. Martabak Manis

Makanan Khas Indonesia - Martabak Mini | Sumber gambar: Pixabay

Jika Gado-gado disebut sebagai salad-nya Indonesia, maka makanan khas Indonesia selanjutnya ini dijuluki sebagai pancake-nya Indonesia. Makanan khas Indonesia bercita rasa manis satu ini menjadi salah satu street food populer yang identik juga sebagai kuliner malam karena kerap dijajakan saat malam hari. Kini, kuliner khas Indonesia ini telah memiliki banyak sekali modifikasi rasa dan topping mulai dari martabak manis nutella, martabak manis matcha, martabak manis red velvet, dan berbagai varian martabak manis lainnya.

Cek resep Martabak Manis Teflon

Baca juga: Berbagai Sajian Soto di Indonesia dari Berbagai Daerah

Selain makanan-makanan khas Indonesia dalam daftar ini, kuliner Indonesia masih sangat kaya dan menawarkan ragam sajian-sajian khas lainnya. Sebut saja Pempek Kapal Selam khas Pelambang, Bubur Tinutuan khas Manado,  hingga Rawon yang banyak ditemukan di Jawa Timur dan sekitarnya. Karena cita rasanya yang unik dan kaya, tak heran jika ragam makanan khas Indonesia memiliki popularitas yang mendunia. Diantara berbagai kuliner khas Indonesia lainnya, makanan asli Indonesia mana lagi yang menurut Anda telah mendunia?