12 Makanan Khas Betawi Populer yang Wajib Dicicipi

Makanan Khas Betawi - Indonesia merupakan negara dengan budaya yang kaya, termasuk dalam hal kuliner. Setiap suku di Indonesia dari Sabang hingga Merauke memiliki kuliner khas-nya masing-masing. Seperti ragam makanan khas Sunda Jawa Barat dan sekitarnya hingga makanan khas Bali di Pulau Dewata, semuanya memiliki cita rasa dan kekhasan masing-masing. Untuk Anda yang berada di Jakarta, terdapat pula berbagai makanan khas Betawi dengan keunikannya tersendiri dan tak kalah menarik untuk dieksplorasi.

Keunikan dari makanan khas Betawi adalah kentalnya pengaruh akan budaya-budaya lain seperti Cina, Eropa, hingga Arab. Tertarik untuk menikmati cita rasa dari kuliner khas Betawi? Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Betawi terpopuler yang wajib Anda cicipi:

Baca juga: Ragam Kuliner Sate Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Makanan Khas Betawi Terpopuler

1. Soto Betawi

Soto Betawi | Sumber gambar: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 4.0 , via Wikimedia Commons

Siapa yang tak tahu kuliner Soto. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto khas-nya masing-masing. Termasuk Jakarta dengan Soto Betawi-nya. Makanan khas Betawi satu ini memiliki ciri khas pada olahan kuahnya yang pekat karena menggunakan santan. Selain santan, beberapa olahan makanan khas Betawi ini juga cukup populer menggunakan susu sebagai bahan untuk membuat kuahnya. Sedangkan untuk isian, umumnya kuliner ini menggunakan daging sapi dan jeroannya. Namun, tak jarang pula makanan khas Betawi ini diolah menggunakan daging ayam.

Cek resep Soto Betawi ala Segari di sini

2. Semur Jengkol

Semur Jengkol | Sumber gambar: Wikipedia

Meskipun dikenal sebagai masakan Indonesia, ternyata sajian semur mendapatkan pengaruh kuat dari masakan Belanda. Ada banyak olahan Semur yang bisa ditemukan berbagai daerah di Indonesia. Di Jakarta sendiri, terdapat Semur Jengkol. Sesuai dengan namanya masakan khas Betawi ini berbahan dasar jengkol dan cukup populer tak hanya di Jakarta saja, melainkan di berbagai daerah lain disekitarnya.

Cek resep Semur Jengkol ala Segari di sini

3. Pecak Lele

Makanan Khas Betawi yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Pecak Lele. Pengolahan masakan khas Betawi ini cukup sederhana yakni dengan menggoreng ikan lele dan kemudian disirami dengan bumbu pecak yang khas dan terbuat dari rempah-rempah. Selain menggunakan bahan dasar lele, olahan makanan khas Betawi ini juga bisa dibuat dengan bahan dasar ikan gabus.

4. Kue Cucur

Kue Cucur | Sumber gambar: Cun Cun, CC BY-SA 4.0 , via Wikimedia Commons

Kue Cucur adalah kue tradisional khas Betawi yang kerap disajikan pada saat acara hajatan masyarakat Betawi seperti pernikahan, lamaran, dan sejenisnya. Berbahan dasar tepung beras dan gula merah, makanan khas Betawi ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur kenyal pada bagian tengahnya.

Cek resep Kue Cucur ala Segari di sini

5. Roti Buaya

Roti Buaya | Sumber gambar: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons

Satu lagi makanan khas Betawi yang identik dengan tradisi kebudayaan masyarakat Betawi yakni Roti Buaya. Kuliner khas Betawi ini merupakan salah satu hantaran wajib di acara lamaran dimana calon pengantin pria akan memberikan Roti Buaya kepada calon pengantin wanita. Pemberian makanan khas Betawi  berupa roti besar berbentuk buaya ini dianggap sebagai perlambang kesetiaan kepada pasangan. Unik, bukan?

Dahulu, Roti Buaya terbuat dari adonan roti tanpa isi. Namun, kini kuliner khas Betawi ini telah dikreasikan dengan ragam isian.

6. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli | Sumber gambar: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons

Makanan Betawi selanjutnya ini merupakan sajian yang kental akan pengaruh budaya kuliner Arab. Diolah menggunakan ragam rempah, kaldu kambing, susu kambing, hingga minyak samin Nasi Kebuli memiliki cita rasa gurih khas kuliner Timur Tengah. Umumnya, makanan khas Betawi ini diolah dengan menggunakan daging kambing. Namun, ada pula sajian Nasi Kebuli dengan menggunakan daging ayam.

Cek resep Nasi Kebuli Ayam ala Segari di sini

7. Asinan Betawi

Asinan Betawi | Sumber gambar: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons

Terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti kubis, tauge, sawi hijau dan lainnya, Asinan Betawi menawarkan cita rasa unik perpaduan rasa gurih, manis, asam, serta pedas. Sayur-sayuran yang digunakan dalam sajian khas Betawi ini melalui proses pengacaran terlebih dahulu sebelum disajikan bersama saus kacang, kerupuk, dan berbagai bahan pelengkap lainnya.

8. Ketoprak

Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Jakarta yang namanya merupakan singkatan dari ketupat tauge digeprak. Hal ini sesuai dengan bahan utama dari sajian khas Betawi ini, yakni ketupat serta tauge dan disiram dengan bumbu kacang yang sebelumnya telah diulek alias ‘digeprak’. Makanan khas Betawi ini sangat populer di Jakarta dan sangat mudah ditemui dijajakan oleh pedagang-pedagang gerobakan.

Selain menggunakan ketupat dan tauge, makanan khas Betawi ini juga menggunakan potongan tahu goreng, bihun, kerupuk serta terkadang juga ditambah dengan telur dadar sebagai pelengkap.

Cek resep Ketoprak ala Segari di sini

9. Sayur Babanci

Walaupun dinamakan Sayur Babanci, makanan khas Betawi satu ini justru tidak ada menggunakan sayuran sama sekali dalam bahan-bahannya. Terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama berbagai rempah dan santan serta disajikan dengan potongan lontong, makanan khas Betawi ini kini termasuk salah satu kuliner Betawi langka dan sulit ditemukan.

10. Kembang Goyang

Kembang Goyang | Sumber gambar: Pixabay

Satu lagi makanan khas Betawi yang sangat ikonik, yakni Kembang Goyang. Camilan ini terbuat dari tepung beras dan santan dan mendapatkan namanya karena proses pembuatannya yakni menggunakan cetakan khusus berbentuk bunga alias ‘kembang’, digoreng, dan kemudian digoyang-goyangkan hingga terlepas dari cetakan. Kuliner Betawi satu ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur renyah. Jika Anda mencari oleh-oleh khas Betawi, makanan khas Betawi satu ini bisa jadi pilihan tepat.

11. Nasi Ulam

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah Nasi Ulam. Sekilas Nasi Ulam terlihat seperti nasi putih pada umumnya. Namun, nasi ini diolah bersama berbagai rempah. Dan di antara berbagai rempah tersebut yang paling khas adalah penggunaan daun pegagan. Namun, penggunaan daun pegagan ini bisa juga diganti dengan daun kemangi. Dengan penggunaan berbagai rempah tersebut, panganan khas Betawi ini menawarkan cita rasa lebih gurih dan aroma sedap.

12. Kerak Telor

Kerak Telor | Sumber gambar: Warta Kota, CC BY-SA 4.0 , via Wikimedia Commons

Berbicara mengenai makanan khas Betawi, tak lengkap tanpa menyebutkan kuliner satu ini. Kerak Telor adalah kuliner Betawi yang kerap memeriahkan perayaan ulang tahun Kota Jakarta sehingga menjadi salah satu ikon dari makanan khas Jakarta. Terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan telur ayam atau telur bebek serta ebi, kuliner khas Jakarta ini memiliki cita rasa gurih dan asin serta tekstur renyah.

Baca juga: Berbagai Sajian Sambal Khas Nusantara dari Berbagai Daerah

Beragam sekali bukan makanan khas Betawi yang bisa Anda eksplorasi di Jakarta dan sekitarnya? Selain berbagai kuliner khas Betawi di atas, masih ada pula sajian-sajian khas Betawi lainnya seperti Soto Tangkar, Pucung Gabus, Gado-Gado Betawi, Kue Ape, serta berbagai panganan lainnya.

Tak cuma wajib dicicipi saat berwisata kuliner di Jakarta, beberapa sajian kuliner Betawi di atas juga cukup mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Apalagi, semua bahan untuk memasak makanan khas Betawi favorit Anda bisa didapatkan dengan mudah lewat aplikasi Segari.

Diantara berbagai kuliner khas Betawi di atas, mana yang jadi pilihan favorit Anda?