Jenis Tepung - Berbicara soal jenis-jenis tepung, mungkin kebanyakan orang hanya mengenal tepung terigu saja. Padahal, selain tepung terigu, masih ada banyak sekali jenis-jenis tepung lainnya. Umumnya, perbedaan utama dari macam-macam tepung adalah bahan dasar utama yang digunakan untuk membuat tepung tersebut. Seperti tepung jagung yang terbuat dari jagung serta tepung sagu yang terbuat dari pohon sagu.

Namun, diluar dari bahan pembuatnya, setiap jenis tepung tersebut memiliki karakter masing-masing serta kegunaan yang berbeda. Mulai dari untuk memasak hingga membuat kue-kuean, berikut berbagai jenis tepung yang umum digunakan di Indonesia.

Baca juga: Mencicipi Berbagai Jenis Saus Pasta untuk Kreasi Sajian Menu Pasta

Jenis-Jenis Tepung

1. Tepung Terigu

Seperti yang telah disebutkan di awal, salah satu jenis tepung paling populer di Indonesia adalah tepung terigu. Hal ini dikarenakan jenis tepung satu ini menjadi bahan dasar untuk membuat berbagai menu sajian populer. Namun, tepung yang dibuat dari gandum ini sendiri sebenarnya terbagi lagi menjadi tiga jenis tepung, yakni tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah.

Tepung terigu protein tinggi umumnya digunakan untuk membuat roti, mie, kulit lumpia dan pangsit serta sejenisnya. Hal ini dikarenakan tepung jenis ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan elastis dibanding jenis tepung terigu lainnya.

Sedangkan tepung terigu protein sedang biasa digunakan untuk membuat cake, pastry, muffin, brownies, pasta dan sejenisnya. Berbeda dengan kedua jenis tepung terigu sebelumnya, tepung terigu protein rendah lebih cocok digunakan untuk membuat sajian-sajian kering seperti biskuit, kue-kue kering ataupun sajian dengan adonan ringan dan berudara seperti sponge cake, pancake, waffle, serta kerupuk.

2. Tepung Jagung atau Maizena

Jenis tepung selanjutnya yang tak kalah populer penggunaannya di Indonesia adalah tepung jagung atau lebih dikenal dengan sebutan tepung maizena. Tepung maizena terbuat dari biji jagung. Jika dibandingkan dengan tepung terigu, jenis tepung satu ini memiliki tekstur lebih lembut dan sedikit licin. Tepung Maizena memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah memberikan tekstur renyah jika dicampur dengan adonan goreng-gorengan. Selain itu, jenis tepung satu ini juga bisa mengentalkan sehingga bisa digunakan juga untuk membuat saus, vla pudding, ataupun mengentalkan kuah sup atau masak-masakan lainnya. Tepung jenis ini juga kerap digunakan sebagai tambahan dalam adonan cake serta puding untuk memberikan tekstur lebih lembut.

3. Tepung Tapioka atau Tepung Kanji

Tepung tapioka atau tepung kanji adalah jenis tepung yang terbuat dari sari pati ketela pohon alias singkong. Tepung ini bisa digunakan untuk mengentalkan masakan seperti tepung maizena serta juga bisa memberikan tekstur renyah jika ditambahkan ke adonan goreng-gorengan.

Namun, karakter khas dari jenis tepung satu ini adalah teksturnya yang sangat kenyal ketika dimasak. Masyarakat Sunda mengenai jenis tepung ini dengan nama tepung aci dan penggunaannya sangatlah bervariasi mulai dari membuat kerupuk aci, bakso aci, cireng, cimol, dan berbagai makanan ringan berbahan dasar tepung aci lainnya. Ada banyak pula jajan tradisional alias jajanan pasar yang menggunakan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya.

4. Tepung Sagu

Jenis tepung selanjutnya memiliki karakter yang cukup mirip dengan tepung tapioka sehingga tepung sagu kerap digunakan sebagai pengganti atau sebaliknya digantikan dengan tepung tapioka. Memiliki tekstur kesat, jenis tepung satu ini juga memiliki tekstur kenyal saat diolah menjadi makanan. Penggunaannya dalam sajian-sajian Nusantara juga cukup bervariasi mulai dari sebagai bahan pembuatan kue-kue tradisional hingga untuk membuat panganan seperti pempek, siomay, bakso, dan berbagai menu lainnya.

5. Tepung Beras

Sesuai dengan namanya, jenis tepung selanjutnya terbuat dari bahan dasar beras. Tepung beras merupakan salah satu jenis tepung yang penggunaannya sangat populer dalam sajian-sajian kue tradisional di Nusantara. Sebut saja Kue Nagasari, Kue Putu Ayu, hingga Kue Mangkuk dan berbagai jenis kue lainnya menjadikan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Tak hanya untuk membuat kue-kuean saja, tepung beras juga menjadi bahan dasar untuk membuat kwetiau serta bihun.

6. Tepung Ketan

Selanjutnya, terdapat jenis tepung yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Jenis tepung satu ini memiliki tekstur kenyal dan lengket saat diolah sehingga kerap digunakan dalam berbagai resep kue-kue tradisional. Sebut saja kue onde-onde, kue bugis, hingga gemblong dan biji salak, adalah beberapa contoh kuliner yang bisa diolah dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan.

7. Tepung Hunkwe

Meski tidak sepopuler jika dibandingkan dengan berbagai jenis tepung sebelumnya, tepung hunkwe merupakan salah satu jenis tepung yang bisa ditemukan di Indonesia. Tepung jenis ini terbuat dari bahan dasar kacang hijau dan memiliki tekstur lebih kasar dari tepung terigu serta aroma yang lebih harum. Umumnya, tepung hunkwe lebih populer digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, seperti kue pisang, kue lapis, puding, cendol, dan lain-lain.

8. Tepung Roti atau Tepung Panir

Jenis tepung selanjutnya sedikit berbeda dengan jenis-jenis tepung lainnya namun penggunaannya tak kalah populer. Tepung roti atau dikenal juga dengan nama tepung panir atau tepung panko adalah jenis tepung yang terbuat dari roti tawar yang dikeringkan lalu dihancurkan. Tepung ini memiliki tekstur kasar serta digunakan sebagai pelapis panganan-panganan yang digoreng seperti chicken katsu, risoles, chicken nugget, tempura, dan berbagai jenis sajian lainnya. Penggunaan tepung ini untuk memberikan tekstur renyah pada bagian luar dari menu masakan goreng tersebut.

Baca juga: Tips Membuat Tekstur Daging Empuk saat Dimasak

Ternyata ada banyak sekali bukan macam-macam jenis tepung selain tepung terigu. Selain berbagai jenis tepung yang umum ditemukan pada resep-resep makanan di Indonesia, masih ada berbagai jenis tepung lainnya. Sebut saja tepung kentang, tepung Hongkong, tepung ubi jalar, tepung sorgum dan berbagai jenis tepung lainnya.

Kini, Anda bisa mengeksplorasi lebih banyak lagi sajian masakan ataupun kue-kuean dengan berbagai macam tepung tersebut. Dapatkan kebutuhan tepung serta bahan-bahan memasak lainnya lewat aplikasi Segari sekarang juga dan selamat bereksplorasi dengan resep-resep baru di dapur rumah Anda!