Pasta merupakan salah satu kuliner ala Italia yang telah mendunia. Memiliki banyak pilihan bentuk, pasta Italia juga dapat diolah dengan menggunakan berbagai jenis olahan saus pasta. Berbicara mengenai saus pasta ala Italia yang populer di Indonesia, pastinya Anda langsung teringat dengan Saus Bolognese. Saus Bolognese memang menjadi salah satu saus pasta favorit di Indonesia. Namun, selain Saus Bolognese masih ada banyak macam saus pasta ala Italia lainnya yang tak kalah menarik untuk dicoba, lho.

Yuk, kenalan dengan beberapa jenis saus pasta ala Italia yang juga cukup populer di Indonesia berikut:

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Sambal Khas Indonesia

Jenis-Jenis Saus Pasta ala Italia

1. Saus Pasta Carbonara

Saus Pasta Carbonara
Ilustrasi gambar: Javier Somoza, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Bisa dibilang, pamor dari jenis saus pasta satu ini tak kalah dari Saus Bolognese. Memiliki tekstur yang sangat creamy dan rasa yang gurih, saus Carbonara menawarkan cita rasa berbeda bagi pecinta pasta. Tekstur creamy pada jenis saus pasta satu ini didapatkan dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya, yakni telur, keju, susu atau heavy cream, serta bumbu-bumbu lainnya.

Cek resep Spaghetti Carbonara di sini

2. Saus Pasta Marinara

Saus Pasta Marinara
Ilustrasi gambar: Pexels

Sekilas warna merah pada Saus Marinara mungkin membuatmu teringat pada Saus Bolognese. Namun, Saus Pasta jenis ini memiliki rasa yang sangat berbeda. Tak seperti Saus Bolognese, Saus Marinara tidak menggunakan daging cincang. Bahan utama dari saus pasta jenis ini didominasi oleh tomat merah segar sehingga cita rasa yang ditawarkannya lebih menyegarkan dan gurih. Umumnya, jenis saus pasta ini bisa dikreasikan dengan berbagai macam topping pelengkap seperti bakso ataupun seafood.

Cek resep Spaghetti Marinara with Seafood di sini

3. Saus Pasta Aglio Olio

Saus Pasta Aglio Olio
Ilustrasi gambar: Pexels

Jika diterjemahkan, Aglio Olio memiliki arti bawang putih dan minyak. Jadi, sudah bisa ditebak jika jenis saus pasta selanjutnya ini berbahan dasar bawang putih dan minyak yang umumnya menggunakan minyak zaitun. Aglio Olio merupakan sajian pasta klasik dan bisa dikatakan cukup sederhana pengolahannya. Umumnya pasta Aglio Olio dikreasikan dengan tambahan udang, ataupun topping lainnya. Ada pula yang mengolah saus pasta ini dengan menambahkan potongan cabai rawit untuk memberikan rasa lebih pedas.

Cek resep Spaghetti Aglio Olio di sini

4. Saus Pasta Pesto

Pesto (4380014002)
Ilustrasi gambar: Katrin Gilger, CC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons

Dilihat dari warnanya, saus pasta selanjutnya ini memiliki penampilan mencolok yang berbeda dari jenis-jenis saus pasta pada umumnya. Menggunakan banyak rempah daun, Saus Pesto memiliki warna hijau serta aromatik khas yang memberikan daya tarik tersendiri. Sama seperti jenis saus pasta sebelumnya, Saus Pesto terbilang cukup mudah untuk dibuat. Tertarik mencoba jenis saus pasta satu ini?

Cek resep Spaghetti Pesto di sini

5. Saus Pasta Alfredo

Saus Pasta Alfredo
Ilustrasi gambar: Pixabay

Sama seperti Saus Pasta Carbonara, Saus Pasta Alfredo menjadi salah satu jenis saus pasta ala Italia yang cocok bagi pecinta saus pasta dengan tekstur yang creamy. Bahkan, sekilas kedua jenis saus pasta ini terlihat hampir serupa. Yang menjadi pembeda antara dua macam saus pasta ala Italia ini adalah penggunaan telur, daging, serta beberapa tambahan bahan lainnya pada Saus Carbonara karena Saus Alfredo hanya menggunakan krim serta mentega saja. Namun, kini sudah banyak kreasi Saus Pasta Alfredo yang menambahkan beberapa bahan lainnya seperti bawang putih serta jamur.

Cek resep Fettucini Alfredo di sini

6. Mushroom Sauce alias Saus Jamur

Jenis saus untuk pasta selanjutnya adalah Mushroom Sauce alias Saus Jamur. Sesuai namanya, saus ini menggunakan jamur sebagai salah satu bahan utamanya. Jenis jamur yang kerap digunakan untuk membuat saus pasta ini adalah jamur kancing ataupun jamur champignon. Sebenarnya Mushroom Sauce merupakan jenis saus umum yang bisa disajikan dengan berbagai macam jenis makanan lainnya, salah satu yang populer adalah steak. Namun, saus yang creamy ini juga kerap menjadi saus untuk mengolah pasta.

Cek resep Spaghetti with Mushroom Sauce di sini

7. Saus Pasta Bolognese

Saus Pasta Bolognese
Ilustrasi gambar: Pixabay

Seperti yang telah disebutkan di awal, Saus Bolognese merupakan jenis saus pasta paling populer di Indonesia. Terbuat dari daging cincang yang dimasak bersama pasta tomat, jenis saus pasta satu ini paling sering ditemukan disajikan bersama spaghetti di Indonesia. Sebagai pelengkap saus pasta ini juga kerap disajikan dengan taburan keju parut. Apakah Anda termasuk penggemar jenis saus pasta satu ini?

Cek resep Spaghetti Bolognese di sini


Itulah berbagai macam jenis saus pasta ala Italia yang populer di Indonesia. Tentunya diluar berbagai saus pasta di atas, masih banyak jenis saus pasta lainnya yang bisa Anda temukan, khususnya jika Anda berkunjung langsung ke Italia, negara dimana kuliner ini lahir.

Diantara berbagai jenis saus pasta ala Italia di atas, mana yang jadi pilihan favorit Anda? Yuk, temukan semua bahan yang diperlukan untuk membuat saus pasta favorit Anda lewat aplikasi Segari. Dengan penawaran harga terbaik serta bebas ongkos kirim, semua kebutuhan akan bahan segar dan rumah tangga lainnya bisa Anda dapatkan dengan mudah di aplikasi Segari. Download aplikasi Segari sekarang juga!