Bagi Anda yang sehari-hari berkutat di dapur, masalah panci gosong sangatlah mungkin Anda hadapi. Tak hanya bisa terjadi ketika Anda memasak makanan yang gosong, noda kerak gosong juga bisa muncul dengan sendirinya seiring seringnya panci digunakan untuk memasak. Kerak gosong pada panci yang membandel tidaklah mudah untuk dibersihkan namun bukan berarti mustahil untuk dihilangkan. Cara membersihkan panci gosong tidaklah sama dengan membersihkan panci biasa. Untuk Anda yang tengah menghadapi permasalahan panci yang gosong, berikut tips dan cara membersihkan panci gosong yang bisa Anda coba untuk atasi permasalahan kerak gosong membandel di alat memasak Anda.

Baca juga: Tips Menyimpan Buah di Kulkas Agar Lebih Tahan Lama Kesegarannya

Cara Membersihkan Panci Gosong

1. Menggunakan Cuka Dapur & Baking Soda

Cara menghilangkan gosong di panci yang cukup populer adalah dengan menggunakan cuka dapur dan baking soda. Meskipun kedua bahan ini umumnya digunakan untuk memasak, ternyata kedua bahan ini bisa jadi salah satu cara membersihkan panci gosong yang cukup ampuh. Untuk menghilangkan noda gosong di panci atau alat memasak lainnya menggunakan cuka dapur dan baking soda tidaklah sulit. Pertama-tama masukkan campuran cuka dapur dan air dengan perbandingan satu banding satu ke dalam panci yang gosong. Masak campuran cuka dapur dan air tersebut menggunakan panci gosong tersebut hingga mendidih kemudian buah campuran tersebut ke kitchen sink. Selanjutnya taburi baking soda ke seluruh permukaan panci yang gosong lalu gosok dengan sabut pembersih hingga noda kerak gosong terlepas. Tips membersihkan panci gosong satu ini cukup ampuh karena baking soda memiliki sifat abrasif sehingga akan mempermudah proses membersihkan panci yang gosong.

2. Menggunakan Minuman Soda atau Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi juga bisa jadi salah satu cara membersihkan panci gosong lainnya. Tepat seusai memasak, langsung siram panci gosong menggunakan minuman bersoda, termasuk bagian luarnya jika terdapat noda gosong di bagian panci lalu diamkan beberapa saat. Karbonasi dalam soda membantu proses pengangkatan dari noda kerak gosong pada panci. Selanjutnya, setelah didiamkan beberapa saat lanjutkan langkah membersihkan panci gosong seperti mencuci panci pada umumnya.

3. Rendam Panci Gosong dengan Air Panas dan Sabun Semalaman

Cara membersihkan panci gosong selanjutnya ini bisa Anda coba terapkan jika Anda tidak memiliki cuka dapur, baking soda, serta minuman berkarbonasi di rumah Anda. Langkah pertama untuk mencoba cara membersihkan panci gosong satu ini adalah dengan mengolesi seluruh bagian noda kerak gosong pada panci dengan sabun pencuci piring. Lalu rendam panci dengan air panas selama semalaman.

Setelah didiamkan semalaman, buang air rendaman dan bilas sekali lagi panci gosong menggunakan air panas sebelum kemudian sikat panci dengan sabun dan sabut pencuci piring hingga noda kerak gosongnya terangkat. Cara membersihkan panci gosong ini cukup ampuh untuk panci berbahan stainless steel atau enamel.

4. Menggunakan Garam Kasar

Tips membersihkan kerak gosong pada panci lainnya adalah dengan menggunakan garam kasar seperti garam Kosher. Cara membersihkan panci gosong satu ini cukup mudah dilakukan yakni cukup menyikat noda kerak gosong pada panci dengan bantuan garam dan sabun pencuci piring. Cara ini akan lebih efektif bisa Anda juga menggunakan air panas untuk membilas panci selama proses membersihkan kerak gosongnya.

5. Menggunakan Air Rebusan Lemon

Satu lagi cara membersihkan panci gosong menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba untuk hilangkan noda kerak gosong membandel pada panci. Buah Lemon memiliki sifat asam yang diyakini bermanfaat dalam mempermudah proses membersihkan kerak gosong pada panci. Cukup ambil beberapa buah lemon, jumlahnya bisa disesuaikan dengan ukuran panci lalu potong-potong dan masukkan ke dalam panci yang gosong. Tambahkan juga air secukupnya hingga noda kerak gosong tertutup air. Masak dengan api kecil hingga mendidih lalu diamkan beberapa saat sebelum kemudian airnya dibuang.

Selanjutnya cukup cuci panci gosong dengan sabut pencuci piring dan sabun pencuci piring hingga noda kerak gosong menghilang.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Agar Empuk Saat Disantap

Dengan berbagai tips dan cara membersihkan panci gosong di atas, tak perlu putus asa dan menyerah jika panci dan alat masak Anda alami masalah noda kerak gosong. Kini masalah panci gosong sudah teratasi, Anda bisa kembali memasak menu-menu makanan favorit keluarga Anda. Cek aplikasi Segari untuk temukan berbagai bahan memasak mulai dari sayuran dan buah-buahan segar, daging, ayam, seafood, dan berbagai bahan lainnya. Tak hanya itu kebutuhan rumah tangga sehari-hari juga bisa Anda dapatkan di aplikasi Segari, termasuk sabun pencuci piring untuk membersihkan piring dan alat-alat masak Anda.