Tomat (Solanum lycopercium) adalah buah yang sangat umum dikonsumsi setiap hari. Manfaat tomat untuk kesehatan sangat banyak karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Tomat dipercaya dapat mencegah kanker sehingga bagus dikonsumsi secara rutin.

Apa manfaat tomat selain untuk mencegah kanker? Segari kali ini akan membahas berbagai manfaat buah tomat yang akan Anda rasakan apabila mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat Tomat Menurut Berbagai Hasil Penelitian

1. Membantu Mencegah Kanker

Menurut American Institute for Cancer Research, manfaat tomat untuk kesehatan didapat dari kandungan Lycopene yang dimilikinya, membuatnya berkhasiat sebagai antikanker. Lycopene sendiri adalah antioksidan dalam keluarga karotenoid.

Sifat antioksidan dari Lycopene dapat menetralkan radikal bebas dihasilkan dalam tubuh. Bahkan, penelitian laboratorium menunjukkan bahwa komponen tomat telah mencegah perkembangbiakan beberapa jenis sel kanker.

Manfaat buah tomat dalam melawan kanker lebih efektif apabila dikonsumsi dalam bentuk seperti saus, jus, nasi tomat, atau sambal tomat. Hal itu memungkinkan senyawa alami dalam tomat lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, tomat olahan memiliki konsentrasi Lycopene lebih tinggi.

Manfaat tomat untuk membantu melawan kanker juga ditunjang oleh kandungan Adiponektin, senyawa kuat dalam buah. Gabungan Lycopene dan Adiopektin dapat mengurangi potensi kanker seperti kanker payudara, serviks, usus besar, atau paru-paru..

2. Mengatur Tekanan Darah

Tomat juga kaya akan mineral seperti potasium, kalium, dan natrium. Sehingga, potasium memberi manfaat pada tomat untuk membantu yang menurunkan tingkat tekanan darah.

Selain itu, potasium meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, selanjutnya mengurangi tekanan darah. Menurut American Heart Association, asupan potasium direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata adalah 4.700 mg per hari.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, manfaat buah tomat dikonsumsi dalam bentuk jus dapat mengurangi berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang. Manfaat buah tomat lainnya juga dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Selain itu, manfaat tomat sebagai penurun berat badan juga terdapat dari serat yang tinggi dengan kalori rendah. Sehingga, saat dalam program diet akan lebih mudah cepat kenyang saat makan tanpa mencerna kalori tinggi.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tomat merupakan bahan penting dalam sebagian besar perawatan kecantikan. Manfaat tomat untuk kulit diketahui dapat membantu menyembuhkan pori-pori besar, mengobati jerawat, meredakan sengatan matahari, dan menghidupkan kembali kulit kusam.

Antioksidan dalam tomat, terutama Lycopene, melawan kerusakan sel, melindungi kulit dari sinar UV, melindungi dari peradangan kulit. dan memperbaiki tekstur wajah. Lycopene juga dapat menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat wajah segar lebih lama.

5. Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan

Vitamin C adalah salah satu nutrisi dibutuhkan setiap wanita selama kehamilan untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayinya. Manfaat makan tomat yang kaya akan Vitamin C membantu pembentukan tulang, gigi, dan gusi sehat.

Vitamin C juga memberi manfaat tomat untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, nutrisi penting lainnya selama kehamilan. Lycopene dalam tomat melindungi dari kerusakan sel sehingga bagus untuk janin dan ibu hamil.

Baca Juga: Resep Sambal Tomat Segar

6. Mengurangi Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat tomat memang bersumber dari banyaknya Lycopene yang terkandung dalam buahnya. Lycopene yang didapatkan dari makan tomat secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Manfaat buah tomat akan semakin optimal apabila mengkonsumsi  sekitar 100 gram tomat setiap hari. Hal itu karena, Lycopene wajib  Anda konsumsi 21,8 mg dari 100 gram tomat tersebut, sesuai dengan rekomendasi asupan Lycopene setiap hari.

Beta-karoten, folat, dan flavonoid juga berperan memberikan manfaat tomat untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi dalam tomat juga membantu mengurangi agregasi homosistein dan trombosit, dua fenomena yang dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan jantung.

7. Meningkatkan Penglihatan Mata

Mirip seperti wortel, manfaat tomat yang paling populer adalah dapat meningkatkan penglihatan. Tomat kaya akan vitamin A, yang merupakan salah satu alasan tomat sangat baik untuk mata.

Lycopene dalam tomat juga berperan besar dalam menjaga kesehatan mata. Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan tingkat lycopene yang lebih tinggi memiliki risiko degenerasi makula terkait usia yang lebih rendah. Likopen juga melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

Vitamin C dan mineral Tembaga juga memberi manfaat buah tomat dalam melawan penyakit katarak. Lutein dan Beta Karoten, sebuah zat karotenoid yang terdapat pada tomat untuk kesehatan penglihatan.

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat makan tomat lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Tomat merupakan sumber klorida yang baik, yang merupakan komponen penting dari cairan pencernaan. Lycopene pada tomat dalam mencegah kanker lambung, meningkatkan kesehatan usus, serta mengatasi gastritis.

9. Membantu Mengelola Diabetes

Tomat merupakan bagian penting dari diet untuk penderita diabetes. Manfaat tomat pada penderita diabetes karena tomat kaya akan zat besi dan vitamin C dan E sehingga membantu meringankan gejala diabetes.

Tomat juga memiliki indeks glikemik rendah (kemampuan makanan tertentu untuk meningkatkan kadar gula darah), yang bisa menjadi bonus bagi penderita diabetes. Lycopene dalam tomat, bersama dengan senyawa lain, juga ditemukan memiliki efek positif pada stres oksidatif pada pasien diabetes.

Baca Juga: Resep Nasi Tomat

10. Membantu Memperkuat Tulang

Menurut penelitian, manfaat tomat yang dikonsumsi dalam bentuk jus dapat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis apabila diminum secara rutin 2 gelas setiap hari.

Tomat juga kaya akan vitamin K, yang bersama dengan vitamin D memainkan peran penting dalam metabolisme tulang.

Kedua vitamin ini dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Sehingga, Anda dapat terhindar dari kemungkinan patah tulang apabila mengkonsumsinya secara rutin.

11. Meningkatkan Sistem Imunitas

Dalam sebuah penelitian, manfaat tomat telah diuji dapat meningkatkan fungsi sel darah putih. Sel darah putih dikenal mempunyai manfaat untuk melawan infeksi, mengalami kerusakan 38 persen lebih sedikit dari radikal bebas.

Menurut para ahli, Lycopen (dan kemampuan antioksidannya) dalam tomat dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih ini. Tomat juga tinggi karotenoid, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

12. Mengurangi Inflamasi (Peradangan)

Tomat juga mengandung tiga antioksidan lain yang disebut Zeta-Carotene, Phytofluene, dan Phytoene yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini memberikan manfaat tomat untuk membantu melawan peradangan dan penyakit terkait seperti kanker dan radang sendi.

Manfaat buah tomat dikonsumsi dalam bentuk jus juga diketahui dapat meredakan efek  peradangan. Menurut sebuah penelitian, Lycopene ditemukan menunjukkan perilaku anti-inflamasi (anti radang).  Vitamin C dalam tomat juga membantu melawan peradangan.

13. Meningkatkan Kesehatan Pria

Lycopene dalam tomat ditemukan dapat meningkatkan kesuburan pria sebanyak 70%. Manfaat tomat yang memiliki banyak  Antioksidan juga dapat mengurangi jumlah sperma yang tidak normal serta memperbaiki pergerakan sperma yang rusak.

Manfaat makan tomat dalam bentuk saus tomat ditemukan mengurangi risiko kanker prostat sebesar 35% dan kanker prostat stadium lanjut sebesar 50%. Hal itu karena ditemukan bahwa pria dengan konsentrasi Lycopene tertinggi dalam makanannya ditemukan memiliki risiko 59% lebih rendah terkena stroke iskemik dan kanker.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kandungan Nutrisi Buah Naga

14. Meningkatkan Kekuatan Daya Ingat Otak

Konsentrasi asam lemak omega-3 dalam otak sangat rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Tomat kaya akan Lycopene dan beta-karoten serta antioksidan lainnya dapat membantu mengatasi hal ini.

Lycopene dalam tomat juga membantu mencegah penyakit serius seperti demensia dan Alzheimer. Selain Alzheimer, sebuah studi juga menemukan manfaat tomat dalam meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi otak.

15. Meningkatkan Kesehatan Hati

Lycopene dalam tomat dapat melindungi DNA organ tubuh dari kerusakan.Manfaat tomat untuk hati juga karena tomat mengandung vitamin B kompleks tertentu mempunyai manfaat menjaga kesehatan hati.

Menurut sebuah penelitian, peningkatan asupan tomat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati. Ekstrak tomat juga ditemukan menawarkan perlindungan terhadap peradangan hati yang disebabkan oleh diet tinggi lemak.

Demikian berbagai manfaat tomat akan Anda rasakan manfaatnya untuk kesehatan. Memasukkan tomat dalam jus atau makanan sangat baik karena Lycopene akan lebih tercerna. Yuk, mulai minum jus tomat setiap hari.

Agar memenuhi kebutuhan akan bahan segar, Anda dapat berbelanja tomat segar berkualitas hanya di Segari. Tidak cuma praktis, Anda juga bisa dapatkan penawaran harga terbaik serta lebih banyak pilihan sayuran dan buah segar bermanfaat lainnya selain tomat! Yuk, mulai pola hidup sehat dengan konsumsi makanan-makanan segar berkualitas bersama Segari!