Buah nanas (Ananas comosus) adalah salah satu buah tropis dengan rasanya manis segar. Manfaat buah nanas juga sering digunakan dalam industri kuliner seperti untuk melunakan daging dan memberikan gula alami pada hidangan gurih maupun manis.

Selain untuk pengolahan makanan, manfaat buah nanas untuk kesehatan juga sangat banyak. Manfaat buah nanas untuk kolesterol adalah salah satu manfaat dari buah ini.

Anda pasti pernah berpikir, apa manfaat buah nanas hanya untuk menurunkan kolesterol saja? Tahukah Anda bahwa buah yang berasal dari pulau Karibia, Amerika ini memiliki berbagai khasiat kesehatan lainnya.

Manfaat nanas untuk kesehatan bisa untuk seluruh anggota tubuh mulai dari pencernaan hingga kesehatan tulang. Apa saja manfaat buah nanas untuk kesehatan? Simak pembahasan Segari berikut agar Anda dapat merasakan manfaat makan buah nanas secara rutin untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat makan buah nanas secara rutin telah diteliti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit jantung.

Bromelin dalam nanas dapat memecah kolesterol berupa lemak jahat dalam darah yang dapat memicu penyumbatan saluran darah arteri. Kandungan serat tinggi dalam nanas juga membantu manfaat buah nanas dalam menurunkan kolesterol.

Serat akan mengikat kolesterol saat proses metabolisme. Sehingga, lemak akan keluar dari tubuh serta tidak terserap.

2. Antiradang dan Pereda Nyeri

Salah satu khasiat buah nanas untuk kesehatan berasal dari enzim banyak terkandung di dalamnya adalah enzim Bromelin (Bromelain). Bromelin adalah enzim pencernaan dimana enzim tersebut sering digunakan dalam proses pengolahan makanan.

Bromelin dikenal mampu membuat daging menjadi empuk sekaligus menghilangkan bau langu daging. Namun, enzim ini juga memiliki sifat anti radang juga sebagai pereda nyeri. Manfaat buah nanas dari Bromelin salah satunya adalah menyembuhkan infeksi seperti sinusitis atau cedera seperti keseleo.

Bromelin juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat penyakit sendi seperti osteoarthritis. Kandungan Vitamin C tinggi dalam nanas juga mengurangi peradangan atau inflamasi akibat penyakit lain misalnya flu.

3. Bagus untuk Kelancaran Pencernaan

Selain sebagai anti radang, bromelin pada nanas juga sangat bagus untuk pencernaan. Khasiat buah nanas karena mengandung Bromelin adalah enzim ini mampu menggantikan fungsi enzim protease dalam sistem saluran pencernaan.

Enzim Protease adalah enzim yang  berfungsi untuk memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil. Hal ini memudahkan daging dan protein nabati yang Anda konsumsi tercerna lebih mudah.

Setelah molekul protein ini dipecah, usus kecil dapat lebih mudah menyerap protein dari daging. Selain itu, manfaat makan buah nanas akan sangat dapat dirasakan oleh orang-orang penderita penyakit pencernaan kronis seperti insufisiensi pankreas.

Insufisiensi pankreas adalah keadaan dimana seseorang tidak mampu menghasilkan enzim pencernaan akibat pankreas tidak dapat berfungsi secara normal. Bromelin dapat membantu orang dengan insufisiensi pankreas menggantikan enzim pemecah protein yang tidak bisa diproduksi oleh orang penderita penyakit tersebut.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Nanas Ala Thailand

4. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang dipengaruhi oleh 2 mineral utama yaitu Kalsium dan Mangan. Manfaat buah nanas telah terbukti sangat untuk menjaga kesehatan tulang karena kandungan mangan yang dimilikinya.

Penelitian dari Oregon State University dikutip dari Everyday Health, ditemukan bahwa dalam setiap satu cangkir (sekitar 165 gram) nanas mengandung sekitar 76% nilai Mangan harian yang direkomendasikan untuk dipenuhi tubuh setiap hari.

Manfaat Mangan diketahui juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan. Sehingga, tulang Anda tetap sehat apabila makan nanas secara rutin.

5. Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Nanas juga termasuk buah yang sangat cocok dikonsumsi untuk mengurangi berat badan. Meskipun belum ada penelitian terkait zat apa yang terdapat pada nanas yang dapat secara spesifik menurunkan berat badan, kandungan nutrisi dalam nanas cocok untuk makanan selama diet.

Manfaat makan nanas selama diet adalah dapat menjadi sumber serat pangan tinggi namun rendah kalori. Menurut data USDA, dalam 100 gram nanas terdapat 1,4 gram serat pangan dan 50 kcal energi.

Memakan nanas akan membuat Anda cepat kenyang namun kalori yang akan diserap pada tubuh nanti sedikit. Sehingga, nanas sering direkomendasikan sebagai buah untuk diet.

6. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kanker

Bromelin atau Bromelain dalam nanas memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Berbagai penelitian terkait khasiat nanas dalam pengobatan kanker telah banyak diuji. Misalnya, terdapat penelitian yang menemukan bahwa Bromelin dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel kanker.

Bromelin juga ditemukan dapat menjadi senyawa antikanker pada salah satu penelitian menggunakan tikus yang terjangkit kanker. Selain itu, berbagai penelitian juga menemukan manfaat nanas dapat menjaga tubuh dari kanker kulit, usus kolorektal, dan usus kecil.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kandungan Nutrisi Buah Naga

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat buah nanas yang paling menonjol adalah meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh agar tidak mudah sakit. Nutrisi menonjol dalam nanas adalah vitamin C yang sangat tinggi.

Vitamin C telah diketahui sejak lama dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan memberikan manfaat antioksidan dalam menjaga kesehatan. Dalam 100 gram nanas diketahui terdapat 47,8 mg atau sekitar 78,9 mg vitamin C per cangkir (sekitar 165 gram).

Jumlah tersebut menurut Departemen Pertanian AS (USDA) sudah mencukupi kebutuhan rata-rata Vitamin C orang berusia dewasa. Dimana menurut anjuran kebutuhan sehari-hari wanita membutuhkan Vitamin C 75 mg setiap hari dan pria 90 mg.

8. Tinggi Antioksidan untuk Mencegah Radikal Bebas

Buah nanas juga diketahui memiliki senyawa fenol dan flavonoid yang dapat bertindak sebagai sumber antioksidan dalam tubuh. Senyawa antioksidan yang ada dalam nanas misalnya Karoten dan Tokoferol.

Manfaat antioksidan yang terdapat dalam nanas telah terbukti mencegah radikal bebas penyebab utama kanker. Selain itu, Vitamin C yang terdapat dalam nanas juga memiliki khasiat sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Resep Selai Nanas Homemade untuk Nastar dan Roti

9. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Pasca Operasi

Manfaat makan buah nanas pada saat terluka atau setelah operasi juga sangat bagus. Hal itu karena Vitamin C dan Bromelin dapat membantu penyembuhan luka yang terjadi.

Vitamin C diketahui dapat mendorong pertumbuhan sel jaringan penutup luka dan penyembuhan di seluruh tubuh. Selain itu, manfaat Bromelin telah diteliti dapat mengurangi bengkak, memar, dan nyeri.

10. Meredakan Ketegangan Otot Setelah Olahraga Berat

Sehabis melakukan olahraga berat seperti angkat beban, marathon, cardio, dan lainnya sangat direkomendasikan memakan nanas. Manfaat makan buah nanas diketahui sangat bermanfaat mengurangi ketegangan otot.

Bromelin yang terkandung pada nanas dapat membuat otot yang tegang menegang dan mencegah kram. Selain itu, kalori dan gula yang terdapat dalam nanas dapat menggantikan kalori yang terbakar selama melakukan aktivitas olahraga.
Itulah beberapa manfaat buat nanas untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam nanas inilah yang membuat buah ini direkomendasikan dikonsumsi secara rutin. Segera dapatkan buah nanas segar dengan berbelanja di Segari untuk merasakan manfaat buah nanas dari sekarang!