Dalam era digital yang semakin maju, sebagai pebisnis kamu pasti menyadari bahwa peran aplikasi pembayaran menjadi salah satu yang terpenting untuk keberlangsungan bisnis. Apalagi, aplikasi pembayaran bisnis kini menjadi sarana utama untuk melakukan transaksi, menerima pembayaran dari pelanggan, hingga mengelola keuangan secara efisien.

Namun, semakin berkembangnya teknologi, semakin besar pula tantangan keamanan yang akan kamu hadapi, lho! Terlebih, dengan begitu banyak pilihan aplikasi pembayaran bisnis, nggak heran jika kamu merasa bingung dan ragu dalam memilih aplikasi pembayaran yang tepat.

Maka dari itu, diperlukan strategi untuk mencegah tantangan tersebut, agar kamu bisa melindungi bisnis dari kemungkinan kerugian finansial, pencurian data, dan tentunya reputasi bisnis di mata pelanggan.

Jangan khawatir! Berikut ini cara memilih aplikasi pembayaran bisnis yang terpercaya. Simak selengkapnya sampai bawah, ya!

Mudah Digunakan dan Terintegrasi dengan Sistem Bisnis

Jika memungkinkan, pilih aplikasi pembayaran yang memiliki tampilan yang mudah dipahami. Hal ini sangat penting karena bisa mengurangi potensi human error dan bisa meningkatkan kepuasan dari pelanggan.

Pertimbangkan juga, aplikasi pembayaran yang sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi sederhana. Jadi, bisa memudahkan kamu dalam segala aktivitas pencatatan akuntansi seperti rekonsiliasi otomatis agar tidak repot di akhir bulan sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis kamu.

Punya Standar Keamanan Selevel Bank

Keuntungan Jika Software/Aplikasi Tersertifikasi ISO 27001 (Sumber: Mooreclear)

Pastikan ya bahwa aplikasi pembayaran bisnis yang akan kamu gunakan menggunakan keamanan seperti TLS (Transport Layer Security) 1.1 & 1.2 HTTPS Encryptions untuk melindungi data sensitif saat ditransmisikan melalui jaringan.

Selain itu, pastikan bahwa data pelanggan dan informasi transaksi kamu disimpan dengan aman dan tidak bisa diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Aplikasi pembayaran yang terpercaya biasanya menyimpan data dalam pusat data yang terlindungi dengan lapisan keamanan yang ketat.

Misalnya, menggunakan autentikasi dua arah (2FA), di mana ketika kamu masuk, aplikasi pembayaran tersebut akan mengirimkan pesan teks berupa kode numerik ke ponsel kamu yang berfungsi sebagai kode verifikasi sehingga kamu hanya diizinkan masuk setelah memasukan kode tersebut.

Selain itu, pastikan juga memilih aplikasi yang melakukan daily backup. Jadi, data bisa terjaga secara mutlak oleh aplikasi tersebut agar upaya recovery data ketika misalnya terjadi error, kebocoran, kehilangan, hingga saat terjadi bencana alam bisa dilakukan.

Punya Reputasi dan Ulasan yang Baik dari Pengguna

Jika kamu memiliki beberapa opsi aplikasi pembayaran digital, coba cari tahu ulasan dan testimoni dari pengguna yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Lihat apakah mereka merasa puas dengan kinerjanya?

Kendati demikian, perlu di garis bawahi, ulasan dan testimoni ini bersifat hipotesis dan mungkin tidak merefleksikan opini sebenarnya. Untuk itu, jangan langsung membulatkan keputusan, sebaiknya kamu melakukan riset lebih jauh dengan mencari ulasan dari sumber terpercaya.

Selain itu, untuk reputasi, sebagai benchmark kepercaya, kamu bisa lihat aplikasi tersebut sudah dipakai siapa saja, misalnya dipakai perusahaan-perusahaan besar, merek terkenal, atau pelaku bisnis ternama di industri tertentu.

Jika aplikasi pembayaran sudah digunakan dan dipercayai oleh entitas bisnis yang memiliki reputasi tinggi, hal ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut telah diuji secara menyeluruh dan diakui sebagai solusi bisnis yang andal.

Memiliki Customer Service yang Responsif

Bayangkan, ketika kamu menghadapi masalah atau pertanyaan terkait proses pembayaran, tetapi customer service dari aplikasi tersebut tidak ada atau tidak responsif? Pasti sangat menjengkelkan dan mungkin bisa saja mengganggu kelancaran operasional bisnis kamu.

Oleh karena itu, pilih aplikasi yang menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan mudah dihubungi. Tinjau juga apakah ada panduan atau pusat bantuan yang bisa membantu kamu memahami cara menggunakan aplikasi pembayaran dengan lebih baik.

Tersedia Beragam Metode Pembayaran, Makin Komplit!

Agar kamu atau pelangganmu bisa melakukan pembayaran lebih mudah, pertimbangkan juga untuk memilih aplikasi pembayaran bisnis yang menyediakan beragam metode, seperti transfer bank, QRIS, E-Wallet, Virtual Account, kartu kredit, marketplace, dan sebagainya.

Jika semakin mudah proses dan pilihan metode pembayaran, maka semakin besar juga kemungkinan pelanggan akan membayar tagihan kamu tepat waktu. Pada akhirnya, hal ini juga akan berdampak terhadap cash flow bisnis kamu ke depannya.

Nah, demikian beberapa cara memilih aplikasi pembayaran bisnis yang terpercaya. Ingat, keamanan memang harus jadi prioritas kamu sebagai pebisnis. Untuk itu, coba kamu riset lebih dalam, bandingkan fitur dan keunggulannya, serta cek reputasi dan ulasan pengguna.

Dengan memahami kriteria-kriteria tersebut, diharapkan kamu bisa terhindar dari risiko keamanan dan bisa meningkatkan efisiensi bisnis kamu. Untuk itu, yuk lebih bijak lagi dalam memilih aplikasi pembayaran bisnis!
*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Segari