Dalam era digital yang semakin maju, berbagai inovasi sudah mengubah cara bisnis dilakukan, termasuk dalam hal membuat invoice. Sebagai supplier buah dan sayur, kamu pasti bertanya-tanya “gimana sih cara buat invoice online menarik untuk untuk supplier buah dan sayur biar cepat dibayar cepat sama pelanggan?” karena terbiasa dalam penggunaan invoice fisik.

Pada dasarnya, invoice kan alat penagihan pembayaran kepada pelanggan kamu yang memuat jumlah dan tanggal jatuh tempo yang harus dibayar oleh mereka. Nah, dengan buat invoice online yang menarik bisa memberikanmu keuntungan tak terhingga bagi bisnis, lho.

Pasalnya, dengan membuat invoice online menarik, secara tidak langsung kamu bisa memberikan inspirasi dan meninggalkan kesan positif karena bisnis yang kamu kelola mencerminkan profesionalisme. Jadi cepat dibayar juga, kan?

Nah, berikut ini tips buat invoice online menarik untuk kamu sebagai supplier buah dan sayur agar dibayar cepat oleh pelanggan. Simak selengkapnya di bawah, ya!

Pilih Software Invoice yang Tepat

Sangat jelas, kamu wajib memilih software invoice online yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu sebagai seorang supplier buah dan sayur. Intinya, pastikan kamu memilih software yang mudah digunakan, memiliki fitur lengkap, dan sebagainya.

Memilih software invoice kan sangat vital, makanya jika memungkinkan pilih software yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Apalagi sebagai supplier buah dan sayur, sekaligus juga pilih yang bisa terhubung dengan manajemen stok dan sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi sederhana.

Selain itu, jangan lupa pilih software invoice yang menyediakan berbagai template invoice yang menarik dan memberikan kesan profesional. Jadi kamu tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu, deh!

Desain Invoice yang Profesional

Pertimbangkan juga pilih software invoice yang menyediakan desain invoice yang profesional, jadi kamu bisa buat invoice pakai logo perusahaan, yang memungkinkan juga bisa memilih warna yang paling sesuai dengan merek bisnis kamu, dan mengatur tata letak yang rapi dan mudah dibaca.

Lihat juga, apakah desain yang tersedia sudah memuat informasi yang relevan, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan situs web. Pastikan ya semua informasi tersebut mudah ditemukan dan terlihat jelas pada invoice online kamu.

Pilih Software yang Terintegrasi dengan Beragam Pembayaran

Software Invoice Online yang Terintegrasi dengan Beragam Metode Pembayaran

Ada lho software invoice yang sudah terintegrasi dengan beragam metode pembayaran. Jadi, kamu bisa memudahkan pelanggan kamu dalam melakukan pembayaran dengan metode apa saja yang mereka mau, seperti transfer bank, QRIS, kartu kredit, Virtual Account, dan sebagainya.

Sebagai contoh, pelanggan kamu ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Nggak perlu pusing, jika kamu memilih menggunakan software yang sudah terintegrasi dengan pembayaran pakai kartu kredit, secara aman uang akan masuk langsung ke rekening kamu.

Terlebih, hal ini juga bisa jadi win-win solution bagi kamu dan pelanggan. Kamu bisa uang tagihan secara tepat waktu, sementara pelanggan kamu cash flow bisnisnya karena dengan kartu kredit mereka bisa mengatur dan menambah tempo pembayaran yang lebih lama, biasanya sih, 30 hingga 45 hari tergantung kartu kredit yang mereka gunakan.

Lampirkan Informasi atau Catatan Detail

Sebagai supplier buah dan sayur, kamu pasti perlu mencantumkan nama produk, jumlah, harga per unit, dan subtotal untuk setiap item yang dipesan oleh pelanggan kamu. Maka dari itu, kamu perlu memilih software invoice yang memungkinkan kamu bisa melampirkan informasi atau catatan yang mendetail.

Misalnya, ada biaya tambahan, seperti biaya pengiriman atau pajak, kamu jadi bisa nih menyertakan informasi tersebut dan total tagihan juga sudah terhitung secara otomatis. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir lagi deh dengan adanya kesalahan jumlah pembayaran.

Begitulah tips buat invoice online menarik untuk kamu sebagai supplier buah dan sayur agar cepat dibayar oleh pelanggan. Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan sih akan meningkatkan citra bisnis kamu, ya!

Tidak hanya itu, dengan invoice online menarik, diharapkan juga bisa memperkuat hubungan kamu dengan pelanggan, mempertahankan pelanggan yang ada, dan tentunya bisa menarik minat pelanggan potensial. So, kapan nih kamu buat invoice online menarik?


*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Segari.id