Kacang hijau (Vigna radiata) adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang populer dijadikan kudapan misalnya bubur kacang hijau atau sari kacang hijau. Selain karena manfaat kacang hijau terkenal untuk kesehatan, rasa enak, mudah didapatkan, dan murah juga menjadi alasan kacang ini terkenal.

Manfaat kacang hijau juga bisa dirasakan untuk ibu hamil karena kacang ini sangat kaya nutrisi dan protein sehingga membantu ibu mendapatkan gizi yang cukup untuk ibu dan janin.

Manfaat kacang hijau

1. Memiliki Aktivitas Antioksidan

Penangkal radikal bebas adalah salah satu manfaat kacang hijau yang sudah terkenal sejak lama. Senyawa antioksidan polifenol dalam kacang hijau menunjukkan potensi aktivitas antioksidan.

Oleh sebab itu, manfaat sari kacang hijau apabila dikonsumsi secara rutin telah diteliti mampu menghilangkan penyebab radikal bebas di dalam tubuh. Misalnya, dapat membuat ion peroksida dan superoksida dari tubuh.

Manfaat kacang hijau sebagai antioksidan didapatkan dari kandungan senyawa Vitexin dan isovitexin. Kedua senyawa tersebut adalah komponen antioksidan utama ditemukan banyak dalam kacang hijau.

Kacang hijau memiliki efek antioksidan tertinggi saat bertunas atau berkecambah sebagai tauge. Aktivitas antioksidan kacang hijau dikatakan sekitar 195% dari vitamin C (100 g kacang hijau = 1462 mg vitamin C).

Manfaat kacang hijau sebagai antioksidan diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang jauh lebih tinggi daripada antioksidan dalam kedelai. Oleh karena itu, manfaat bubur kacang hijau dikonsumsi setiap hari dipercaya memiliki potensi untuk mencegah beberapa penyakit kronis (seperti kanker) yang disebabkan oleh akumulasi radikal bebas.

2. Dapat Mencegah Heat Stroke

Manfaat kacang hijau diketahui juga dapat menurunkan gejala heat stroke. Heat stroke adalah suatu keadaan dimana tubuh mengalami peningkatan suhu secara tidak wajar akibat adanya kerusakan pada sistem saraf akibat panas matahari.

Gejala  heat stroke ditandai dengan dehidrasi, suhu tubuh meningkat, sakit kepala, mata berkunang-kunang, dan menyebabkan perasaan menjadi lebih sensitif. Hal ini bisa jadi akibat asupan cairan pada tubuh kurang terpenuhi. Sedangkan, tubuh kehilangan air/cairan yang berlebihan melalui keringat.

Hal ini sering terjadi pada musim panas atau kemarau dimana terjadi peningkatan metabolisme yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Peristiwa ini pada akhirnya, menyebabkan ketidakseimbangan kimiawi.

Manfaat sari kacang hijau apabila Anda minum setiap hari dapat mencegah terkena heat stroke. Flavonoid hijau termasuk vitexin dalam kacang hijau diketahui dapat menghilangkan stres kimiawi serta mengurangi tingkat peradangan. Inilah sebabnya mengapa orang Tionghoa biasa mengkonsumsi bubur kacang hijau selama musim panas, karena manfaat bubur kacang hijau bisa mencegah hal tersebut.

3. Dapat Menjaga Kadar Kolesterol Dan Kesehatan Jantung

Protein dalam kacang hijau berkecambah membantu mengendalikan metabolisme lipid. Manfaat kacang hijau ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat) dalam sistem tubuh terutama darah.

Kacang hijau yang dimasak dan utuh juga menunjukkan efek penurun lipid. Ketika dimasak, senyawa dalam kacang hijau mencegah pengendapan atau akumulasi lipid di hati, jantung, serta  pembuluh darah. Efek antioksidan menghalangi radikal bebas untuk bertindak atas akumulasi kolesterol di organ-organ ini.

Dengan demikian, manfaat bubur kacang hijau lebih dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis atau gagal jantung. Selain itu, satu cangkir kacang hijau mentah memiliki sekitar 155 mg potasium sehingga khasiat kacang hijau juga dapat Itulah menurunkan tekanan darah sistolik. Studi lain juga menunjukkan bagaimana kacang hijau mengatur hipertensi terutama manfaat kacang hijau menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan Dan Usus

Kacang hijau mengandung serat tidak larut, protein, dan karbohidrat kompleks dalam jumlah yang baik. Sehingga, manfaat kacang hijau juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri probiotik atau 'baik' di dalam usus.

Selain itu, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga dapat mengurangi kembung serta mudah dicerna sehingga bagus untuk anak-anak terutama umur MPASI (Makanan Pendamping ASI). Ibu dapat menggunakan kacang ini untuk menyiapkan suplemen makanan untuk bayi MPASI karena mengandung nutrisi tinggi dan bebas alergen.

Namun, kacang hijau juga mengandung anti nutrisi seperti asam fitat yang mengganggu penyerapan mineral dan nutrisi lainnya. Sehingga, manfaat kacang hijau lebih optimal apabila dimasak seperti dijadikan ekstrak atau bubur.

5.  Membantu Dalam Mengelola Diabetes

Karena indeks glikemiknya rendah, membuat kacang hijau dijadikan sebagai makanan diet paling direkomendasikan untuk penderita diabetes. Kacang hijau terdiri dari karbohidrat kompleks serta mencukupi kebutuhan serat membuat manfaat kacang hijau sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Penyerapan nutrisi kacang memakan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal ini berarti makan kacang ini tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah Anda secara tiba-tiba yang dihindari oleh penderita diabetes.

Uji klinis telah menetapkan bahwa manfaat sari kacang hijau dapat meningkatkan toleransi glukosa serta sensitivitas insulin. Kacang hijau dapat memicu regenerasi sel penghasil insulin (sel ß) di pankreas.

Molekul aktif menekan peradangan pankreas dan organ vital lainnya. Selain itu, manfaat kacang hijau sebagai pemasok antioksidan antioksidan dapat menghilangkan radikal bebas. Radikal bebas dapat berpotensi memperburuk penyakit radang tersebut.

6. Mengerahkan Efek Antimikroba

Ekstrak Polifenol dari kacang hijau memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur. Manfaat kacang hijau inilah telah diteliti dapat membunuh berbagai jamur seperti Fusarium solani, Fusarium oxysporum, Coprinus comatus, dan Botrytis cinerea.

Strain bakteri tertentu, termasuk Staphylococcus aureus dan Helicobacter pylori, juga diketahui rentan terhadap Polifenol. Enzim dalam kacang hijau memecah dinding sel mikroba, mencegahnya menghuni usus, limpa, serta organ vital. Manfaat sari kacang hijau diketahui dapat meningkatkan umur simpan makanan juga sebagai pelunak daging.

7. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Polifenol, seperti vitexin, asam galat, atau isovitexin dapat mengurangi peradangan di tubuh. Manfaat kacang hijau telah teruji klinis dapat mengurangi kadar senyawa inflamasi (interleukin dan oksida nitrat) karena mengandung berbagai kandungan bermanfaat tersebut.

Flavonoid mantel kacang hijau bekerja untuk meningkatkan produksi senyawa anti-inflamasi dalam tubuh Anda. Dengan demikian, manfaat kacang efektif melawan gangguan peradangan seperti diabetes, alergi, dan sepsis.

Ekstrak kacang hijau yang berkecambah dan difermentasi dilaporkan memiliki aktivitas anti-inflamasi serta antioksidan lebih tinggi. Manfaat kacang hijau juga membantu mengontrol rasa sakit karena ada senyawa gamma-aminobutyric acid (GABA). GABA membantu dalam mengobati rasa sakit dan pembengkakan (edema) di area meradang.

8. Dapat Membantu Penurunan Berat

Manfaat kacang hijau diketahui dapat membantu dalam penurunan berat badan karena kaya kandungan serat serta protein. Protein dalam kacang hijau telah diteliti memberi manfaat menekan hormon pemberi sinyal lapar pada otak, misalnya Ghrelin.

Terlebih lagi, penelitian tambahan menemukan bahwa manfaat kacang hijau kaya serat serta protein dapat mendorong pelepasan hormon pemberi sinyal kenyang seperti peptida YY, GLP-1 dan cholecystokinin. Kalori yang dimakan berkurang sehingga lebih mudah menurunkan berat badan.

Baca Juga: 9 Tips & Cara Mengecilkan Perut Secara Alami yang Mudah & Efektif

9. Membantu Menormalkan Tekanan Darah Penyebab Hipertensi

Manfaat kacang hijau sudah dijelaskan melancarkan peredaran darah karena mengandung potasium, magnesium, serta serat baik. Hal ini diyakini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah penderita hipertensi. Penelitian menemukan kombinasi potasium, magnesium, serta serat dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Selain itu, analisis terhadap delapan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak kacang hijau dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa dengan penyakit hipertensi maupun tanpa tekanan darah tinggi.

Banyak sekali bukan manfaat kacang hijau untuk kesehatan? Kacang hijau dapat dikonsumsi setiap hari sebagai sup, bubur, dan masih banyak lagi. Segera penuhi kebutuhan kacang hijau Anda dengan mendapatkan kacang hijau pilihan dengan membelinya langsung di aplikasi Segari. Membelinya mudah, cepat, pastinya kualitas terjamin!