Serba Serbi Promosi Menggunakan Media Sosial

FOMO

Fear Of Missing Out atau rasa khawatir ketika meninggalkan/ketinggalan sesuatu.

  • 1. Lebih khawatir ketinggalan handphone daripada ketinggalan dompet
  • 2. Lebih khawatir ketinggalan berita terbaru/trend terbaru
  • 3. Lebih khawatir kalau menghubungi seseorang tapi tak kunjung dibalas.

Dan semua disebabkan oleh pengaruh sosial/lingkungan.

MEDIA SOSIAL

Berhasil mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (“one to many”) menjadi praktik komunikasi dialogis antar banyak audience (“many to many”).

Sosial media menjadi tempat potensial menjangkau audience

KUNCI:

  • Bukan cari followers di awal supaya banyak yang beli
  • Tidak semua media sosial harus dimiliki atau dioptimasi

INGAT!

Tidak semua media sosial cocok untuk semua orang/bisnis, hal ini harus sejalan dengan target audience yang diincar oleh perusahaan anda, pertimbangkan beberapa hal berikut dalam memilih media sosial yang tepat, yaitu:

  • Konsep media sosial
  • Rata-rata umur para pengguna media sosial
  • Lokasi atau domisili para pengguna media sosial
  • Topik yang sering dibicarakan di media sosial
  • Jenis kelamin para pengguna media sosial

MEMPERSIAPKAN PROMOSI SESUAI FASE AUDIENS

ATTRACT

Bertujuan menembus market sosial media, dimana dalam market tersebut terdapat potensi user/audience yang bisa ditawarkan promosi yang dimiliki.

FEATURE TO ATTRACT - FB

  1. News Feed: Fitur konten regular.
  2. Story: Fitur yang memungkinkan kita mengunggah video atau gambar secara vertikal yang akan tayang hanya selama 24 jam.
  3. Places: Data lokasi atau “Landmark” yang memungkinkan penggunanya untuk “Check-in” dan mendata para penggunannya saat memasuki lokasi atau area tertentu.
  4. Groups: Fitur yang bisa digunakan untuk membangun komunitas tertentu dimana setiap anggotanya bisa saling berinteraksi.
  5. Events: Fitur yang bisa digunakan sebagai alat untuk mengorganisir dan mempromosikan sebuah acara tertentu.

FEATURE TO ATTRACT - IG

  1. Post Feed: Fitur konten regular.
  2. Carousel Slide: Fitur post feed untuk multi-image/video
  3. Hashtag : keyword dalam instagram yang digunakan untuk mengelompokan konten
  4. Story: Fitur yang memungkinkan kita mengunggah video atau gambar secara vertikal yang akan tayang hanya selama 24 jam.
  5. Reels: Fitur yang memungkinkan kita memposting konten berdurasi mulai dari 15 detik s/d 1 menit (Untuk akun khusus)
  6. IG Live: Fitur yang memungkinkan pengguna untuk live streaming di dalam Instagram story

ENGAGE

Bertujuan memilah-milah dari market yang kita target, untuk memastikan, mana yang memiliki ketertarikan lebih lanjut terhadap promosi yang kita tawarkan.


HOW TO ENGAGE - FB

  1. Buat Caption yang mengundang interaksi
  2. Cantumkan link di dalam caption facebook ke katalog produk/landing page promosi
  3. Share konten ke group facebook terkait
  4. Pancing engagement dengan melempar pertanyaan
  5. Pin konten promosi anda di business page
  6. Selalu gunakan CTA
  7. Unggah konten video untuk jangkauan yang lebih banyak
  8. Jawab semua komen dan interaksi yang datang
  9. Share post anda di story

HOW TO ENGAGE - IG

  1. Prioritaskan konten berbentuk Video
  2. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten yang anda buat
  3. Aktif menggunakan fitur Story untuk membangun engagement dengan audiens
  4. Tambahkan CTA untuk konten story
  5. Tambahkan LInk In Profile yang merujuk ke website/online catalog

CAPTURE

Mendapatkan identitas/data calon customer yang berpotensi untuk membeli/menggunakan layanan yang kita tawarkan.

HOW TO CAPTURE

  1. Buat message/CTA yang jelas
  2. Hindari aktifitas lebih dari 3x klik (misal: Jangan lupa follow akun ini, share postingan ini ke story, dan mention teman kamu di feed)
  3. Rekam semua dalam CRM/Database yang bisa di update berkala untuk keperluan marketing lanjutan.