Teman Mitra pasti sudah terbiasa menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari.  Selain memudahkan dari segi biaya dibanding SMS ataupun telepon, WhatsApp juga memiliki fitur kirim gambar dan video yang dapat membantu kamu dalam mengirimkan pesan.

Tapi tahukah kamu jika WhatsApp memiliki aplikasi terpisah khusus untuk pemilik bisnis yang cocok digunakan Mitra Segari?

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis merupakan salah satu platform yang dimiliki WhatsApp yang memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp reguler.

Mitra Segari dapat mengirim pesan berupa teks, gambar, suara, dan video, serta bisa membuat status yang bisa dilihat oleh semua contact yang tersimpan. Namun, ada hal yang bisa dilakukan WhatsApp Bisnis saja nih!

Salah satunya adalah bisa mengirimkan pesan otomatis di saat Mitra Segari tidak bisa langsung membalas pesan, sehingga pelanggan kamu tidak merasa terabaikan. Selebihnya, berikut adalah keuntungan menggunakan WhatsApp Bisnis memudahkan Mitra Segari panen cuan.

Untungnya Pakai WhatsApp Bisnis untuk Mitra Segari

  • Bisa membuat pesan otomatis ketika ada pesan masuk, sehingga pelanggan tidak terabaikan dan bisa membuat pesan diluar jam kerja Mitra Segari.
  • Tersedia fitur balas cepat, dimana Mitra Segari bisa membuat jawaban panjang hanya dengan mengetik satu kata kunci.
  • Bisa membuat label-label pesan untuk mengelola chat dan pelanggan. Contohnya Mitra Segari bisa mengelompokkan pelanggan yang lama dan baru. Untuk pelanggan baru, Mitra Segari bisa memberikan pesan yang berisikan cara belanja atau barang apa saja yang tersedia disegari, sedangkan untuk pelanggan lama bisa dibuat chat untuk tahu promo yang berlangsung sesuai dengan label warna tertentu.
  • Dapat membuat Profil Bisnis berisi alamat, jam kerja, dan link Mitra yang bisa diakses pelanggan.
  • Dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan promo yang sedang berlangsung agar memudahkan pelanggan untuk tahu lebih cepat.

Tutorial Sederhana Membuat WhatsApp Bisnis

Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat WhatsApp Bisnis untuk Mitra Segari:

  1. Buka Google Playstore dan cari WhatsApp Bisnis lalu install atau pasang aplikasinya.
  2. Jika ingin merubah nomor pribadi menjadi nomor WA Bisnis, pilih gunakan nomor, namun jika ingin menggunakan nomor yang berbeda, pilih gunakan nomor berbeda.
  3. Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP.
  4. Buka akses kontak dan media untuk memudahkan akses kontak, foto dan media lainnya.
  5. Masukkan nama toko, foto toko, dan jenis usaha.
  6. Tunggu beberapa menit, WhatsApp Bisnis sudah siap digunakan.

Mengoptimalkan WhatsApp Bisnis

Mitra Segari bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat di WhatsApp bisnis dengan cara ketuk titik tiga di bagian kanan atas WhatsApp dan pilih Fitur Bisnis.

Beberapa fitur yang bisa Mitra Segari gunakan diantaranya adalah:

  1. Mengatur profil bisnis: nama, deskripsi dan jam operasional Mitra Segari.
  2. Membuat katalog produk untuk pelanggan.
  3. Membuat pesan salam untuk menyambut pelanggan.
  4. Membuat pesan otomatis jika ada pesan diluar jam operasional agar pelanggan tidak terabaikan.

Tunggu apa lagi, Teman Mitra?

Banyak sekali keuntungan dan fitur yang bisa kita manfaatkan agar bisa tambah untung terus bersama Segari dengan WhatsApp Business!