Kunyit putih, atau Curcuma Zedoaria, adalah salah satu tanaman herbal yang telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini tumbuh subur di beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Tiongkok, dan Indonesia. Seluruh bagian tanaman, mulai dari batang hingga akarnya, telah terbukti memiliki sifat obat yang bermanfaat. Meskipun kurang populer dibandingkan kunyit kuning, khasiat kunyit putih tidak kalah hebatnya. Untuk itu, apa manfaat kunyit putih yang perlu kamu ketahui? Berikut adalah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang perlu diketahui.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kunyit putih memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Ramuan kunyit dan minyak atsirinya mengandung senyawa yang memiliki sifat penyembuhan yang kuat. Kurkumin dalam kunyit putih dapat membantu melindungi lapisan lambung dan mengurangi peradangan. Kunyit putih dapat membantu mengatasi perut kembung, BAB tidak lancar, diare, dan lain-lain.

  1. Mencegah Penyakit Kronis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit putih memiliki potensi untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Kandungan kurkuminnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Nutrisi di dalamnya dapat memicu produksi protein caspase, yakni zat yang menyebabkan kematian sel kanker di area payudara. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

  1. Mengatasi Alergi Makanan

Kunyit putih juga dapat mengatasi alergi makanan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan radikal bebas, dengan menghancurkan sel-sel tubuh yang menyebabkan kerusakan.

  1. Meredakan Sakit Saat Menstruasi

Efek analgesik tanaman herbal ini mampu meredakan sakit ketika menstruasi. Cara kerjanya dengan memblokir sinyal rasa sakit ke otak atau mengganggu interpretasi dari sinyal tersebut. Dengan begitu, tubuh tidak akan merasakan sakit.

  1. Mengatasi Radang Sendi

Kunyit putih memiliki sifat anti-radang yang membantu mengatasi peradangan, pada pengidap radang sendi. Berkat kandungan kurkumenol di dalamnya, zat ini dapat mengobati luka dan penyakit kulit lainnya.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Kunyit putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi kunyit putih secara teratur, tubuh akan lebih mampu melawan berbagai jenis infeksi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kunyit putih telah lama menjadi bagian penting dalam pengobatan tradisional karena kemampuannya dalam meredakan masalah pencernaan. Kurkumin dalam kunyit putih dapat membantu melindungi lapisan lambung dan mengurangi peradangan. Ramuan kunyit dan minyak atsirinya mengandung senyawa yang memiliki sifat penyembuhan yang kuat.

  1. Melawan Radikal Bebas

Kunyit putih mengandung kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

  1. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

  1. Mengatasi Perut yang Kembung

Manfaat kunyit putih untuk lambung lainnya adalah mengatasi perut yang kembung. Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

Berdasarkan manfaat tersebut, kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara berikut :

  • Minum air kunyit: Campurkan bubuk kunyit dengan air hangat dan minum secara teratur.
  • Masak dengan kunyit: Tambahkan bubuk kunyit atau rimpang kunyit segar ke dalam masakan Anda.
  • Konsumsi suplemen kunyit: Konsumsi suplemen kunyit sesuai dengan anjuran dokter.

Dengan demikian, kunyit putih tidak hanya sebagai rempah yang melezatkan masakan, tetapi juga berkhasiat untuk meredakan sakit haid, mencegah kanker, hingga mengatasi masalah pencernaan. Manfaatnya yang beragam tidak lepas karena kunyit putih mengandung tinggi antioksidan yang bersifat anti radang.