Selain visual yang menarik, tulisan yang memikat juga menjadi salah satu faktor penting berhasil atau tidaknya dalam mempromosikan barang ataupun jasa. Istilah penulisan ini biasa disebut dengan Copy atau Copywriting. Apa itu copywriting dan bagaimana membuat copy yang menarik? yuk, kita bahas bersama-sama.

1. Apa itu Copywriting?

Kegiatan menulis teks pemasaran atau iklan.

Tujuan: membujuk target konsumen untuk  melakukan tindakan sesuai dengan tujuan  yang ingin dicapai.

Contoh Tujuan: membeli barang, memakai  barang, atau mengikuti kegiatan yang  sedang dikampanyekan.

2. Bagian-bagian dari sebuah Copy

Pada sebuah Copy, terdapat beberapa bagian yang semuanya penting untuk menghasilkan tulisan yang menarik. Ada Headline, Subheadline, Body Copy, dan Call to Action.

3. Perbedaan Tagline dan Slogan

Slogan dan Tagline sekilas terlihat sama, tapi ternyata ada perbedaan yang signifikan antara keduanya, loh!

Slogan:

  • Mewakili produk/kampanye
  • Sifatnya jangka pendek
  • Contoh: Solusi Belanja Segar Setiap Hari (Segari)

Tagline:

  • Mewakili merk atau brand
  • Sifatnya jangka panjang
  • Contoh: Just Do It (NIKE), Think Different (Apple)

4. Pentingnya sebuah Copy

Copy dianggap penting karena mampu melakukan 3 hal ini kepada target konsumen:

Engage atau menarik perhatian

Persuade atau meyakinkan

Influence atau memengaruhi

5. Lima Langkah Membuat Copy Menarik

Setelah mengetahui dasar-dasar dari Copywriting, selanjutnya kita akan membahas langkah mudah untuk membuat Copy yang menjual.

6. Membuat Call-to-Action yang Powerfull

Dalam sebuah Copywriting, terdapat istilah Call to Action yang sering diguakan oleh Copywriter. Mari kita bahas lebih jauh lagi, apa sih Call to Action itu?

7. Contoh-contoh Copywriting

Kita sudah membahas apa itu copywriting dan hal-hal penting yang menunjang sebuah copy menjadi kalimat yang menarik pelanggan, berikut ini contoh-contoh menarik yang bisa dijadikan acuan kamu dalam membuat sebuah copy.

Sekian pembahasan Mitra Academy kali ini dengan tema “Buat Pelanggan Tertarik dengan Copywriting Menarik”. Yuk, silahkan dicoba trik-triknya dan buat pelanggan lebih tertarik dengan toko kamu.